VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Paket Hosting Yang Digunakan Blog Juragan Cipir

Halo sahabat setia blog jurcip, ditengah asyiknya saya lagi kumat update artikel secara bertubi-tubi hari ini, ehh mas Anggriyawan Nugraha bertanya ke saya tentang apa server hosting yang digunakan oleh blog juragan cipir dan menggunakan paket hosting apa?

Oke deh saya sempatkan menjawabnya melalui artikel ini biar bisa agak jelas dikit. Pada awalnya hosting juragan cipir ini menggunakan blogger selama bertahun-tahun dari 2012 dan kemudian bermigrasi ke wordpress self hosting pada januari 2015 tahun ini.

hosting-teamworks

Pada saat itu saya masih memiliki paket hosting lama sedang nganggur dari shared hosting yang dilayani oleh server Teamwork Indonesia menggunakan datacenter indonesia atau biasa disebut hosting indonesia dengan paket Personal SILVER ID yang harganya waktu itu sekitar 650 ribu pertahun. Lalu karena saya menggabungkan blog-blog kecil lainnya ke blog juragan cipir ini maka space hosting tidak cukup sehingga saya mengupgradenya lagi ke Corporate SILVER ID dengan biaya 850 ribu pertahun.

Setelah saya menambahkan forum di blog juragan cipir maka secara signifikan trafik langsung melonjak sehingga server langsung down, website tidak bisa dibuka selama beberapa hari. Susah tingkat tinggi deh saya 🙁

Akhirnya saya mengupgrade hosting lagi ke paket Corporate PLATIMUM US dengan biaya Rp 1.560.000,- pertahun, dan sejak itu blog juragan cipir mulai lancar dan mampu menerima trafik ribuan pengunjung perhari. Ayem deh saya sejak itu 😀

Tapi kini rupanya saya harus bersiap-siap menambah biaya ekstra untuk bandwith bulanan karena banyak trafik yang hilang sekitar lebih dari 25% dari keseluruhan trafik blog ini (saya tahunya dari webmaster tools sering melaporkan bahwa blog tidak bisa diakses), dimana saat ini blog juragan cipir dibaca sebanyak lebih 18 ribu kali dibaca dalam setiap harinya versi histats, dan ini berarti ada sekitar 4500-an pageviews yang hilang gara-gara kekurangan bandwith.

Jatah bandwith bulanan sebenarnya cukup, tetapi website pada jam-jam tertentu menerima kunjungan besar terutama pada tengah hari hingga menjelang jam 12 malam, sehingga bandwith terkuras dalam satu waktu dan banyak pengguna gagal mengunjungi blog ini karena situs tidak bisa dibuka. Belum lagi penambahan member forum dan kontributor yang setiap harinya mencapai puluhan orang dan banyak dari mereka yang menerbitkan artikel dan thread-thread baru serta ratusan komentar pembaca yang terbit setiap hari di blog ini. Solusi terakhir adalah blog ini harus bermigrasi ke hosting VPS jika dirasa sudah waktunya.

Kesimpulan

Saat ini blog juragan cipir menggunakan shared hosting dari Teamworks Indonesia dengan paket Corporate PLATINUM US dengan harga Rp 1.560.000 pertahun. Jika anda juga ingin menggunakan hosting yang digunakan oleh blog juragan cipir, silakan kunjungi Teamworks Indonesia dan silakan pilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan website anda.

Namun saya sarankan, gunakan paket hosting yang paling murah dulu jika website anda masih baru, dan jika website anda semakin membesar nantinya maka anda bisa mengupgradenya sewaktu-waktu ke paket yang lebih tinggi. Jangan sampai anda membeli hosting yang terlalu mahal tetapi ternyata jumlah artikel anda hanya sedikit, sayang donk hosting anda banyak yang nganggur jadinya 😀 Untuk blog yang baru dibuat, menurut saya idealnya gunakan aja paket Blog Basic ID dengan biaya Rp. 199.000 pertahun.

Demikian informasi ini saya tulis scara transparan tanpa ada yang ditutup-tutupi agar bisa membantu teman-teman, terutama yang sedang bingung menentukan server dan paket hosting. Semoga bermanfaat, jangan lupa simak juga Blog Ini Artikelnya Kok Menceritakan Adminnya Sendiri.

16 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *