VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Negara Yang Menjadi Kiblat Blogger di Asia

Hallo sahabat blog juragancipir, jika ditanya Negara mana yang menjadi kiblat atau pemimpin industri internet di dunia ini? maka kita semua sepakat bahwa jawabannya adalah Amerika. Bagaimana tidak, sebagian besar raksasa industri internet memang berasal dari negeri paman Sam tersebut mulai dari Google, Facebook dll. Begitupun dalam hal blogging, tentunya blogger asal Amerika masih terdepan untuk saat ini.

Tapi jika pertanyaannya, Negara mana yang menjadi kiblat blogger di Asia? Maka kalau saya pribadi akan menjawabnya India. Tidak ada data khusus mengenai jumlah blogger di India, blog sukses dari India atau data-data lainnya yang saya kantongi dalam membuat artikel ini, itu berdasarkan pandangan pribadi saya saja.

Kenapa tidak China atau bahkan Jepang? Saya tidak tahu kenapa negara-negara tersebut sama sekali tidak ada dipikiran saya ketika berbicara mengenai blogging. Jepang sudah fokus dan terdepan dalam hal teknologi manufaktur seperti otomotif, robotika dan teknologi-teknologi yang tampak lainnya sedangkan China memilih untuk “meng-eksklusifkan” dirinya dan terkesan tidak mau “terkontaminasi” oleh teknologi barat khususnya dalam bidang internet.

China berhasil menjadikan Baidu yang sebetulnya perusahaan perangkat lunak yang memiliki banyak produk termasuk antivirus sebagai “pengganti” Google dalam hal mencari informasi di internet. China juga membuat media sosial sendiri yang diberi nama Weibo untuk mengganti media sosial semacam Facebook, Twitter dll dan memblokir akses Facebook sepenuhnya di negara mereka. Jika ditanya China pintar tidak dalam hal blogging atau internet? ya pintar sekali terbukti mereka mampu menggantikan peran Google dan Facebook di negaranya sendiri tapi karena mereka memilih untuk “meng-eksklusifkan” diri sehingga apapun yang mereka buat tidak akan banyak berkontribusi secara global dan sehebat apapun teknologi internet yang mereka buat tidak akan banyak memberikan manfaat bagi pengguna internet secara global.

Masih ragu bahwa orang China itu pintar? Pada tahun 2010 Google sempat berniat untuk menarik diri dari China alias mengakhiri eksistensinya di China. Bukan tanpa sebab, Google banyak menerima serangan hacker dari China yang dikabarkan dipimpin oleh seorang wanita cantik dan muda bernama Xiao Tian. Dia merupakan pemimpin dari sebuah komunitas hacker di China yang mayoritas beranggotakan perempuan dan pada saat itu sudah memiliki anggota sebanyak 2.200 orang perempuan.

Orang India Pintar Berbahasa Inggris

Sekarang kita fokus membahas mengenai India dan mengapa orang India bisa dibilang “terdepan” di Asia dalam hal blogging. Dulu saya senang sekali melihat video debat dr. Zakir Naik, seorang pemuka agama Islam sekaligus pemimpin dari sebuah yayasan “Islamic Centre” di India. Setiap materi debat yang disampaikan semuanya dalam bahasa Inggris dan tentu saja para audience pun mayoritas orang India.

Biasanya dalam sekali acara debat yang digelar di suatu tempat dihadiri oleh ribuan orang India dan saya berpikir bahwa, kok bisa sih mereka semua (para penonton) ngerti apa yang disampaikan oleh dr. Zakir Naik dalam bahasa Inggris dan mereka aktif berkomuniaksi pada sesi tanya jawab menggunakan bahasa Inggris pula. Oke, kesimpulan saya saat itu adalah, orang India ini pintar-pintar bahasa Inggris!

Sampai pada saat itu saya belum menyadari bahwa kepintaran orang India berbahasa Inggris juga berpengaruh dalam banyak hal dan bidang termasuk dalam bidang internet. Setelah beberapa bulan aktif di dunia blogging, saya coba perhatikan beberapa situs dan blog besar dari Amerika, mereka memiliki peringkat Alexa yang justru menggunakan country ID India. Waktu itu saya berpikir kenapa situs barat seperti mereka menggunakan country ID India di Alexa bukannya Amerika.

Ternyata penggunaan country ID secara default di Alexa adalah berdasarkan pengunjung terbanyak. Jadi misalnya blog juragancipir ini jika mayoritas pengunjungnya berasal dari India maka country ID secara default di Alexa akan di set menjadi India, bukan Indonesia meskipun bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia.

Usut punya usut kenapa orang India pintar-pintar berbahasa Inggris karena pemerintah India dari dulu menjadikan bahasa Inggris sebagai pelajaran utama bukan ekstrakulikuler. Pemerintah India pun memberikan subsidi untuk bahasa Inggris ini sehingga siapapun yang bersekolah ataupun tidak (kasarnya gelandangan sekalipun) dapat mengikuti pembelajaran bahasa Inggris secara gratis, mereka tinggal datang dan belajar! Kalau di Indonesia kan kita harus kursus atau masuk ke sekolah khusus dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk serius mempelajari bahasa Inggris.

Di Indonesia, penguasaan bahasa Inggris masih identik dengan status sosial seseorang. Tidak bisa dipungkiri bahwa bahasa Inggris di Indonesia boleh jadi menjadi sebuah identitas untuk kalangan menengah ke atas, betul tidak? Sedangkan di India, kasarnya adalah tukang ojek pun disana pintar bahasa Inggris. Ini adalah fakta yang harus bisa menjadi penyemangat kita sebagai orang Indonesia bahwa kita pun bisa seperti mereka.

Orang India Pintar Dalam Hal Blogging

Berbekal ilmu utama yang sudah dijelaskan di atas, yaitu tentang penguasaan bahasa Inggris maka bukan hal sulit bagi mereka orang India ketika dihadapkan pada materi/artikel berbahasa Inggris. Mereka akan dengan mudah melumat semua itu yang akhrinya berefek pada perkembangan teknologi di India khusunya dalam bidang internet. Bagi mereka, bukan hal sulit dalam memahami dan menguasai semua ilmu dari internet yang disajikan dalam bahasa Inggris.

Hasil dari semua itu, tidak sedikti programmer yang berasal dari India termasuk dalam hal teknologi hardware dan komputer. Mereka juga sangat menyukai yang namanya blogging. Banyak komunitas blogger yang berdiri secara profesional di India. Situs-situs dan blog besar dari Amerika banyak yang menjadi “makanan” sehari-hari orang India bahkan orang Amerika nya sendiri kalah. Tambah lagi sampai saat ini India masih menduduki peringkat 2 Negara dengan total populasi penduduk terbanyak di Dunia yaitu sebanyak 1,279,650,000 penduduk atau sama dengan 17.6% dari total populasi penduduk di dunia (data 6 November 2015, wikipedia).

Jika di Indonesia tren menjadikan blogging sebagai profesi dimulai pada tahun 2010 maka di India hal tersebut sudah dimulai dari tahun 2006 hingga saat ini.

Contoh Blog Sukses Dari India

Saya bleum banyak tahu mengenai contoh blog sukses di India dan saya yakin jumlahnya cukup banyak. Hanya satu blog yang saya tahu dan bisa dikatakan blog sukses dari India, yaitu ShoutMeLoud. Berdasarkan cerita dari sang pemilik bahwa dia memulai blog itu pada tahun 2008 dengan menggunakan konten berbahasa Inggris.

Blog itu pun terbuka dalam hal pemasukan, Anda akan mengetahui berapa penghasilan blog tersebut per bulannya sejak pertama dibuat hingga sekarang. Semuanya sengaja disajikan oleh pemilik blog di halaman khusus Income Report.

Hingga saat ini blog tersebut mampu menghasilkan setidaknya $15.000/bulan atau setara Rp.216.000.000/bulan. Dari mana saja penghasilan itu berasal? Bermacam-macam dan bisa dikatakan blog tersebut tidak hanya menerima pemasukan dari 1 sumber. Beberapa sumber penghasilannya adalah : Adsense, Affiliasi, Jualan Ebook, Layanan WordPress (Instalasi) dan beberapa layanan lainnya.

Ini bisa dijadikan referensi tambahan bagi Anda dalam hal belajar blogging, jangan dulu jauh-jauh belajar sama orang bule sana. Belajar sama orang India dulu yang notabene sama-sama orang Asia tapi rasa bule dalam hal blogging.

Semoga artikel ini dapat memicu semangat kita semua dalam hal blogging bahwa kita sebagai orang Asia juga mampu sukses di dunia blogging, jangan malas jika kita tidak mau semakin tertinggal oleh orang India. Semangat dan Acha Acha (sambil menggelengkan kepala) ๐Ÿ™‚ !

Jangan lupa simak jugaย CSS Rules Untuk Halaman Tertentu di WordPress.

15 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *