VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Mengenal Penyakit Malaria Lebih Jauh Dan Pencegahannya

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

selamat siang sahabat juragan cipir dan semua pembaca setianya,, Alkisah – Beberapa waktu lalu saya pernah bilang sama mba indri lidiawati melalui sebuah komentar kalau website juragan cipir ini sangat menginspirasi sekali, khususnya buat saya yang baru belajar ngeblog. Ini bukan hanya sekedar basa-basi atau pujian semata, tapi ini adalah sebuah apresiasi yang memang layak dan pantas di utarakan.

Lagi pula tidak hanya inspirasi yang saya dapat dari web yang keren ini banyak juga solusi yang saya dapatkan dan membuat saya semakin bersemangat untuk mempelajari blog. Oleh karena itu, tidak etis rasanya kalau saya tidak menulis satu artikel pun di web yang sangat inspairing ini.

Sekarang ini saya banyak menghabiskan waktu di depan komputer untuk belajar ngeblog dan belajar nulis artikel. Saat ini saya lagi membangun sebuah blog tentang tips kesehatan. Disamping itu saya juga menekuni pengobatan tradisional jadi apapun yang saya tau tentang tips kesehatan dan informasi seputar kesehatan saya tulis dan saya bagikan di blog tersebut.

Nah, berhubung saya suka menshare artikel tentang tips kesehatan pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi mengenai penyakit malaria dan cara pencegahannya. Yuk disimak…

malaria
Nyamuk Malaria Anopheles stephensi, foto: wikimedia.org

Tahukah Anda apakah penyakit malaria itu? Di beberapa daerah di Indonesia penyakit yang disebabkan karena gigitan nyamuk yang bernama nyamuk anopheles ini cukup bisa dikatakan berbahaya. Nyamuk anopheles ini tidak hanya sekedar menggigit korbannya saja namun juga sekaligus menyebarkan jamur dan juga parasit yang bernama plasmodium melalui peredaran darah sang korban yang sudah tergigit sebelumnya.

Dahulu kala sebelum pengobatan di Indonesia maju seperti sekarang ini, wabah malaria terkenal cukup mematikan dan menelan banyak korban. Saat ini, di zaman yang sudah lebih modern dan maju kita patut bersyukur karena sudah ditemukannya obat malaria yang bisa menyembuhkan pasien yang tergigit nyamuk anopheles ini hingga tuntas.

Penyakit ini memang cukup berbahaya karena jika tidak ditanggulangi dengan cepat dan tepat korban gigitan nyamuk anopheles bisa berujung pada maut atau meninggal dengan cepat. Selain karena gigitan langsung nyamuk anopheles, sakit ini juga bisa ditularkan melalui ibu hamil ke janin, transfuse darah, dan juga organ yang sudah terkena malaria sebelumnya.

Nyamuk anopheles yang menularkan penyakit ini adalah nyamuk betina dan ada 4 jenis plasmodium yang bisa membuat manusia infeksi karena penyakit ini yaitu plasmodium vivax, plasmodium falciparum, plasmodium malariae dan plasmodium ovale. Untuk mengetahui yang mana yang kita derita harus melalui pemeriksaan darah pasien yang terjangkit lebih lengkap.

Penyakit yang bernama malaria ini memiliki gejala tentu saja dan gejala tersebut dibedakan kedalam 2 jenis tergantung berat dan ringannya.

1.Gejala ringan penyakit ini adalah:

  • demam, tubuh menggigil seperti kedinginan, muntah, sakit kepala, nyeri pada bagian otot, diare, dan juga mual.

2.Gejala berat penyakit ini adalah:

  • kejang, sesak nafas, suhu tubuh panas tinggi, mengigau, koma, dehidrasi, nafas sangat cepat.

Apakah penyakit ini bisa dicegah dengan maksimal? Nah, Indonesia termasuk Negara yang cukup banyak jenis nyamuknya dan secara kasat mata kita tidak bisa membedakan apakah jenis nyamuk yang menggigit kita saat itu namun ada beberapa cara untuk mencegah agar kita tidak sampai terkena sakit malaria ini.

  • jagalah kebersihan rumah dengan tidak menimbun air seperti bak penampungan, bak mandi, comberan karena nyamuk senang tempat seperti itu
  • lakukan vaksin malaria atau konsumsi kklorokium jika Anda akan tinggal atau bepergian ke tempat yang sekiranya berpotensi membuat Anda terserang malaria seperti di Indonesia ada di pulau Sumatera, pulau Kalimantan, Papua dan daerah yang masih banyak hutan dan pepohonan yang menjadi sarang nyamuk.
  • hindari diri untuk datang atau terlalu sering dan lama berada di sarang nyamuk seperti hutan, atau tempat yang lembab dan kotor karena nyamuk sangat senang berada disana.
  • lindungi buah hati dan rumah Anda dengan kawat atau kelambu anti nyamuk sehingga meminimalisir nyamuk yang akan masuk kedalam.

Untuk pengobatan malaria selain dengan cara langsung berobat ke dokter, Anda juga bisa mencoba cara tradisional yang masih alami dan lebih murah yaitu dengan cara konsumsi rebusan atau sari daun pepaya secara teratur untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat darah menjadi lebih pahit sehingga tidak disukai nyamuk.

Anda juga bisa mengkonsumsi kapsul dari buah kina yang memang sudah terkenal bisa mengobati malaria sekalipun rasanya sangatlah pahit. Perbanyak makanan bergizi dan bebas pengawet sehingga tubuh akan semakin kuat dan tidak mudah sakit sekalipun Anda memiliki banyak aktivitas.

Demikian informasi mengenai penyakit malaria dan cara mencegahnya semoga bermanfaat untuk Anda semua. Insya Allah di lain kesempatan saya bisa share tentang tips-tips kesehatan lainnya. Mohon doa dan masukannya. tks..

3 Comments
  1. Dhani Nad

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *