VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Mengapa Trafik Blog Anda Sepi? Inilah 7 Penyebabnya

Halo juragan… Blog yang sepi pengunjung akan membuat tanda tanya besar bagi si empunya blog untuk memecahkan masalah tersebut. Ya, trafik blog merupakan tujuan pertama sebuah website, terutama bagi webmaster yang mencari uang dari internet.

Akan tetapi beberapa blogger berpendapat bahwa trafik bukanlah segalanya. Benar! Namun jika trafik blog tinggi maka segalanya mudah diatur.

Penyebab visitor blog sepi banyak sekali, namun ada beberapa faktor yang paling sering yang membuat blog sepi pengunjung. Berikut ini adalah 7 penyebab lalulintas blog sepi.


1. Jumlah artikel sedikit
Tidak perlu ditanya lagi. Jika jumlah postingan sedikit apa lagi yang mau dibaca. Katakanlah jika kita hanya memiliki 10 postingan saja maka pengunjung hanya memiliki 10 kesempatan untuk membaca blog kita. Semakin banyak jumlah postingan maka akan semakin banyak peluang pengunjung menemukan blog kita. Tapi jika anda hanya memiliki sedikit waktu untuk menulis artikel, silakan coba juga Cara Menaikkan Trafik Blog Jika Postingan Sedikit.

2. Peringkat blog rendah
Bagaimana blog kita bisa mendapat tempat di SERP jika blog kita tidak memiliki kekuatan dalam kompetisi di mesin pencari. Persaingan perebutan halaman pertama google semakin sengit, sementara hal;aman pertama google hanya tersedia untuk 10 postingan saja. Satu-satunya cara adalah memperdalam ilmu SEO kita.

3. Konten kurang menarik
Dalam arti informasi yang disajikan kurang diminati. Misalnya anda memposting informasi yang jarang dibutuhkan oleh orang banyak. Contohnya anda menulis artikel tentang film yang berjudul ini atau itu. Sementara orang yang tahu film tersebut hanya anda sendiri dan beberapa orang saja.

4. Informasi sesaat
Misalnya anda memposting berita-berita yang hanya bersifat sesaat, atau informasi hanya untuk hari ini dan besoknya sudah kadaluwarsa. Kemudian besoknya anda harus menulis berita untuk besok. Contohnya adalah prediksi …. hari ini dan prediksi …. hari esok. Konten semacam itu menuntut anda setiap hari harus update puluhan artikel. Jika anda berhenti update 1 hari saja visitor akan turun drastis.

Selain itu anda harus rajin menghapus posting yang lama. Jika tidak dihapus maka blog anda akan disapu oleh google panda karena terdapat banyak artikel sampah atau artikel kadaluwarsa.

5. Navigasi buruk
Blog anda tidak menyediakan pilihan artikel atau daftar isi yang mudah. Pengunjung kesulitan membuka-buka halaman lainnya karena navigasi kurang menarik. Akibatnya bounce rate tinggi sehingga mesin pencari menganggap blog anda berkinerja buruk dan tidak bermanfaat bagi pengguna. Tentu saja postingan anda akan dibenam di halaman belakang mesin pencari. Bagaimana pengguna bisa melihat blog anda jika blog anda berada dibalik halaman pertama terus menerus.

6. Loading blog berat
Tidak semua pengguna memiliki koneksi internet yang cepat dan memiliki perangkat (pc) yang bagus. Banyak pengguna windowsXP yang duduk di warnet. Mereka tidak akan berhasil membuka blog anda dan akhirnya terpental alias balik kanan. Akibatnya blog anda mendapat rasio pentalan yang tinggi (bounce rate) seperti nomor 5. Akhirnya trafik blog macet atau jalan ditempat meskipun anda tiap hari update artikel orisinil.

7. Cuek Dengan SEO
Webmaster atau pengelola blog harus paham dengan SEO jika ingin blog yang anda kelola memiliki trafik memadai. Paling tidak, anda harus memahami pentingnya alexa dalam SEO, pentingnya blogwalking dalam SEO, pentingnya update rutin atau terjadwal, pentingnya mempertahankan peringkat blog. Peringkat blog yang turun akan memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk kembali naik. Artinya kesalahan sedikit dalam SEO bisa berakibat trafik hilang dan rugi waktu

Anda melakukan update artikel secara rutin setiap hari sama dengan anda peduli dengan SEO.

* Jika anda mengalami salah satu dari 7 hal di atas, maka harus segera anda membenahinya agar blog anda tidak sepi. Dengan sering membenahi hal-hal yang kelihatannya sepele maka kesalahan yang besar tidak akan sampai tiba. Kesalahan-kesalahan kecil jika banyak sekali akan menjadi kesalahan besar. Dengan sering membenahi kesalahan-kesalahan kecil tersebut maka pada akhirnya kita akan menemukan keuntungan  yang besar.

Semoga bermanfaat, jangan lupa baca juga Cara Ampuh Agar Blog Anda Tampil di Halaman Pertama Google.

170 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.