VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Mengapa Artikel Import Tidak SEO Friendly Meskipun Orisinil

Artikel impor adalah file artikel yang berasal dari website lain yang dieksport dan kemudian diimport alias dimasukkan ke dalam sebuah website. Artikel import ini sudah berkurang nilai seo-nya karena google menganggap bahwa artikel tersebut sudah pernah berada di website lain berdasarkan catatan indeks mesin pencari.

Dengan kata lain, artikel tersebut dianggap tidak orisinil alias tidak unik lagi. Akibatnya, artikel import tersebut sulit untuk tampil di halaman pertama google meskipun artikel tersebut orisinil. Simak juga Dampak Menggabungkan Beberapa Website Menjadi Satu.

artikel-import

Mengekspor artikel lalu diimport lagi ke website yang sama

Ada perbedaan hasil antara blogger dan wordpress.

WordPress

Pada blog berplatform wordpress, artikel yang dieksport dan kemudian diimport lagi di blog yang sama akan tetap seo friendly karena tidak terjadi perubahan permalink alias perubahan url postingan (jika setelan permalink tidak dirubah), sehingga artikel tersebut tidak akan kehilangan ke-orisinilan alias keunikannya. Maka artikel tersebut akan tetep berada pada posisinya di mesin pencari, tidak jatuh peringkatnya.

Blogger

Pada blog berplatform blogger, artikel yang dieksport dan kemudian diimport lagi di blog yang sama akan berkurang nilai seo-nya (bahkan anjlok) karena akan terjadi perubahan permalink alias perubahan url postingan, sehingga artikel tersebut kehilangan ke-orisinilan alias keunikannya dan akan dianggap sebagai artikel duplikat oleh mesin pencari, karena sebelumnya mesin pencari sudah pernah mengindeks artikel tersebut berada pada url yang berbeda.

Mengeksport artikel lalu diimport ke website lain

Baik di blog wordpress maupun di blog blogger, mengeksport artikel dan kemudian diimportkan ke blog lain akan memberikan dampak yang buruk terhadap peringkat blog tersebut di mesin pencari. Artikel hasil import tersebut akan dianggap tidak unik lagi oleh mesin pencari karena sudah pernah diposting di website lain. Bahkan hal ini bisa mempengaruhi reputasi blog secara menyeluruh. Satu artikel orisinil memilliki kualitas seo yang jauh lebih baik daripada artikel yang sudah pernah dipublish di website lain.

Migrasi blog dari blogger ke wordpress

Memindahkan semua isi blog dari blogger ke wordpress (migrasi blog) memiliki dampak bervariasi terhadap trafik website. Jika anda melakukannya dengan cara yang benar maka trafik blog tidak akan tetap pada posisi semua alias tidak jatuh, bahkan bisa naik nantinya. Namun jika anda salah dalam melakukan proses perpindahan/migrasi, maka trafik blog akan jatuh. Hal ini biasanya disebabkan oleh kesalahan pada konfigurasi permalink serta tidak menggunakan redirect 301. (ketahui disini: Cara Merubah Permalink WordPress Tanpa Hilang Trafik).

Memindahkan artikel website itu sangat mudah dan semua blogger pasti bisa melakukannya hanya dalam hitungan menit, namun tidak semua blogger memahami dampak trafik yang ditimbulkannya. Semoga bermanfaat. Jangan lupa simak juga Belajar Menulis Artikel Cepat Secepat Cheetah Berlari.

9 Comments
  1. Risman Aji Darmawan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *