VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Manfaat Penting Atmosfer Terhadap Kehidupan Makhluk Di Muka Bumi Ini

Apa sich atmosfer ? Dan bagaimana jika tidak ada atmosfer ? yuk simak artikel kali ini sampai habis. Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa. Di Bumi, atmosfer terdapat dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan Bumi.

Baca juga Jika Matahari Padam dan Tidak Bersinar Lagi Selamanya, Betulkan Ini Akan Terjadi ?

atmosfer
Struktur lapisan Atmosfer

Atmosfer Bumi terdiri atas nitrogen dan oksigen , argon , karbondioksida , uap air, dan gas lainnya. Atmosfer melindungi kehidupan di bumi dengan menyerap radiasi sinar ultraviolet dari Matahari dan mengurangi suhu ekstrem di antara siang dan malam. 75% dari atmosfer ada dalam 11 km dari permukaan planet.

Nah karena Atmosfer  mengandung Oksigen jadi, tanpa adanya atmosfer maka kita tidak bisa bernafas karena tubuh kita membutuhkan oksigen.

Manfaat Penting Atmosfer terhadap kehidupan Dimuka Bumi ini:

1. Melindungi Bumi Dari Benda-benda Luar Angkasa

Seperti yang kita ketahui bahwa benda – benda luar angkasa sering jatuh kebumi, seperti meteor.Nah atmosfer bumi mencoba mengikisnya sehingga benda luar angkasa tersebut pada saat jatuh kebumi sudah dalam bentuk kecil, bahkan sudah habis.Benda – benda luar angkasa yang jatuh kebumi akan bergesekan dengan atmosfer sehingga benda tersebut pada saat mencapai bumi sudah menjadi habis.

2. Menjaga temperatur Udara

Seperti yang sudah dijelaskan diatas peranan atmosfer sangat penting sebagai penjaga kesetabilan temperature udara.Jadi kalau suhu udara sudah sangat extreme maka atmosfer mencoba untuk menguranginya.

3. Menyerap Radiasi Sinar UltraViolet

Sinar ultraviolet yang berlebihan bisa menyebabkan kulit anda menjadi kusam, keriput dan bahkan bisa menyebabkan kanker kulit.Nah jadi kita sangat bersyukur dengan adanya atmosfer ini karena bisa melindungi kita.

4. Untuk memenuhi keperluan metabolisme makhluk hidup

Atmosfer merupakan sumber gas O2 dan CO2 yang berlimpah. Proses fotosintesis pada tumbuhan di seluruh permukaan bumi akan mengurangi CO2 dan menambah kandungan O2. Jadi peranan atmosfer ini sangat penting untuk urusan metabolisme mahluk hidup

5. Pendistribusi air

Atmosfer berperan juga sebagai Pendistribusi air ke berbagai penjuru permukaan bumi, yaitu dikenal dengan sebutan siklus hidrologi. Atmosfer di sini memiliki peranan sebagai penampung uap air sehingga air di permukaan bumi tidak hanya akan terkumpul pada tempat yang paling rendah saja.

Demikianlah artikel singkat ini dibuat,jika ada kesalahan pada ide dan penulisan saya mohon maaf. Jangan lupa baca juga Hewan-Hewan Pemberi Pesan Tentang Kejadian Alam Yang Bakal Terjadi.

7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *