VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Kuliah, Berwirausaha, atau Bekerja? Mana yang Terbaik?

Hai semua para pembaca setia, perkenalkan saya Achmad Mustakim dari www.bloggedewek.com, ingin berbagai sedikit informasi yang renyah nan membahana untuk sajian Anda di saat ini.

Saya mau ngapain ya habis lulus? bingung banget, mau kuliah tapi butuh uang, mau berwirausaha nggak punya modal, mau bekerja sulit cari pekerjaan yang pas?.

Mungkin pertanyaan diatas dan ratusan pertanyaan yang sama sedang muncul dibenak Anda saat ini yang baru saja habis UN tingkat SMA/SMK sederajat. Ya gak?.

Oke, dikesempatan ini saya berusaha untuk memberikan pilihan terbaik bagi Anda untuk mendapatkan pilihan terbaik dan paling tepat. Kita bahas dari yang kuliah terlebih dahulu…

Kuliah, Wirausaha, atau kerja?

Kuliah memang dizaman sekarang ini bukanlah hal yang bisa dilakukan hanya bagi mereka yang punya banyak uang, namun sekarang karena adanya bidikmisi yaitu progam pemberian bantuan kepada mereka yang tidak mampu, ini memberi kesempatan lebih luas untuk semuanya yang ingin kuliah tapi tak punya banyak uang.

Saya sering kali bertemu dengan puluhan anak yang saat ini masih sekolah tingkat 3 SMA sederajat, lalu saya tanyakan “habis lulus kamu mau lanjutin kemana?”, lalu apa yang mereka jawab?. 7 dari 10 menjawab “nggak lanjutin ah, mau kerja aja. Kasihan orang tua saya, udah tua elit (ekonomi sulit) lagi.”

Kenapa mereka memilih kerja dibandingkan kuliah?

Yang pertama ya dari jawaban itu tadi, yaitu keterbatasan ekonomi orang tua. Ini merupakan faktor terbesar yang menjadikan mereka semua tak mau lanjutin kuliah. Niat sih ada, pengin juga ada, tapi rasa kasihan karena minta uang terus sama ortu juga pasti ada dan lebih besar, sehingga mereka tak mau lanjutin kuliah.

Tapi orang seperi itu yang menurut saya rugi loh!. Karena kuliah itu masa depannya lebih menjanjikan, lebih meyakinkan.

Selanjutnya karena faktor internal juga menjadikan banyak orang gak mau kuliah, yaitu malas.

Iya betul, malas memang menjadi musuh utama bagi kita semua, dan itulah yang menghancurkan diri kita dikemudian hari.

Dari berbagai pengakuan oleh mereka yang saya tanyai, kebanyakan menjawab “Sudah gak kuat lagi otaknya”, sebagian menjawab “ah, sekolah udah 14 tahun masa harus sekolah lagi sih!.”

Nah mereka itulah yang seharusnya diberi motivasi tentang pentingnya kuliah bagi masa depan mereka sendiri.

Kenapa kuliah itu penting?.

Kita ingin hidup makmur bukan?. Walaupun kita lihat ada beberapa pengusaha sukses entah itu dari Indonesia maupun luar negeri, mereka tidak kuliah atau di DO alias Drop out dari kampusnya.

Kenapa itu terjadi?.

Karena mereka itu sudah punya gambaran bisnis yang sedang dirintisnya menuju kesuksesan suatu saat nanti dan harus dikembangkan saat ini juga.

Contohnya seperti Bill Gates, dia dulunya terpaksa berhenti kuliah demi menciptakan suatu inovasi paling mengesankan dan bermanfaat bagi perkembangan zaman yang mana itu harus selesai saat itu juga.

Tapi dari berbagai quotesnya yang saya baca, dia menyesali hal itu dan anak muda sekarang harus kuliah jangan seperti dia.

Banyak juga pengusaha yang dulunya tidak kulian namun mereka itu menguliahkan anaknya hingga tinggi di seberang negeri sana. Ya mungkin mereka ingin anaknya agar lebih sukses dan lebih pintar dari mereka.

Jadi bagi Anda yang memang minat kuliah, maka pilihlah kuliah karena ini sangat penting bagi perkembangan Anda kedepannya. Apalagi yang namanya persaingan kedepannya akan sangat padat, jadi Anda harus lakukan lebih untuk dapat lebih. Kuliah setinggi-tingginya agar bisa diterima kerja di perusahaan yang berani menjamin Anda untuk hidup lebih baik, makmur dan sejahtera.

Kuliah sambil bisnis atau kerja itu yang terbaik!

Jika Anda kesulitan mendapatkan uang untuk membiayai kuliah Anda, kenapa nggak disambi aja?. Kuliah sambil kerja atau kuliah sambil wirausaha.

Banyak kok yang sudah terbukti menghasilkan, contohnya seperti saya ini sambil ngeblog di www.bloggedewek.com, dan alhamdulilah bisa mendapatkan uang. Ya walaupun sedikit tapi ya bisa untuk makan bahkan masih sisa banyak.

Selain itu ada juga yang jualan sayuran, mereka bisa hasilkan 180 juta dalam sebulan. Dihitung-hitung, sehari 6 juta. Kan lumayan?.

Kenapa mereka bisa?.

Mereka bisa karena selain faktor kepepet, mereka itu berfikir, bahwa dunia usaha itu adalah hal yang harus mereka hadapi. Jadi mereka belajar dari bangku kuliah dan strategi bisnis jalanan.

Bahkan dalam quotes dari Bob Sadino seorang pengusaha asal Indonesia ini ada yang berbunyi:

Sekolah terbaik adalah sekolah jalanan, yaitu sekolah yang mengajarkan ajaran sebenarnya tentang hidup dan kehidupan dalam usahanya.

Kuliah itu nggak sama halnya seperti sekolah!. Jadi masih banyak waktu luang, nah itu bisa Anda gunakan untuk kerja atau berwirausaha. Ya kecil-kecilan aja.

Misal buka toko perlengkapan sekolah didepan sekolah, jualan pulsa, atau jual jasa seperti jasa penulisan artikel, jasa desain, dan masih banyak peluang bisnis asalkan Anda mau berkarya dan berinovasi.

Kesimpulannya:

Kuliah adalah hal penting untuk Anda lakukan. Karena semakin kedepan semakin banyak persaingan yang menuntut pendidikan tinggi untuk diterima diperusahaan yang membayar mahal. Kuliah adalah investasi waktu yang berharga dan akan menghasilkan keuntungan berlipat suatu saat nanti.

Berwirausaha adalah salah satu jalan terbaik jika tidak ingin diperbudak oleh atasan, yang tidak ingin dirinya serba diatur dan disalahkan. Modal berwirausaha tak hanya uang, tapi kemauan, inovasi serta keberanian itu juga penting.

Kerja adalah cara termudah mendapatkan uang. Hanya dengan melakukan sesuatu hal sesuai yang diperintahkan atasan dengan sebaik-baiknya maka akan mendapatkan uang. Tapi kerja bukanlah cara agar bisa sangat kaya kedepannya, karena masih kalah peluangnya dengan mereka yang berwirausaha.

Jadi yang terbaik adalah kuliah sambil beriwirausaha. Bisa Anda belajar coding dari sekarang sambil kuliah, siapa tahu beberapa tahun kedepan, Anda punya sebuah inovasi untuk membuat aplikasi untuk memecahkan persoalan yang belum dapat terselesaikan saat ini.

Dan menjadi developer lokal yang sukses dan diterima oleh semua orang. Pasti Anda akan hidup makmur.

Selamat kuliah, selamat berwirausaha, selamat bekerja, dan selamat berinovasi dengan pilihan Anda untuk masa depanmu. Silakan tentukan pilihan terbaik Anda.Semoga kita bisa bertemu dan saling menyapa di puncak kesuksesan kelak. Amiin. Simak jugaย 5 Cara Hadapi Wawancara Kerja Agar Lolos Seleksi.

11 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *