VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Kelebihan dan Kekurangan Artikel Yang Panjang

Artikel adalah konten yang biasanya disajikan oleh para blogger untuk memenuhi hasrat visitor mereka akan informasi. Tentu hal ini menjadi perhatian yang lebih bagi mereka para blogger untuk menyajikan konten yang berkualitas sebanyak-banyaknya. Berdasarkan penelitian yang dikeluarkan oleh para Ahli SEO, ternyata artikel yang panjang dapat memberikan value yang baik bagi traffick sebuah blog. Jadi, apakah anda akan mencoba untuk membuat artikel panjang mulai saat ini?

Tapi tahukah anda bahwa untuk membuat artikel panjang dan berkualitas, anda membutuhkan waktu yang lebih lama daripada membuat artikel pendek. Untuk membuat artikel yang panjang, anda harus menyajikan banyak sisi dari topik yang anda ulas. Bukan hanya asal basa-basi doang dan hanya mengulang-ulang kalimat inti. Jadi, bagi anda yang belum terbiasa melakukan riset untuk sebuah artikel, tentu hal ini sangat sulit untuk dilakukan. Anda perlu membiasakan diri guna melatih kemampuan anda akan hal tersebut. Menurut saya, artikel yang panjang adalah sebuah artikel yang memiliki minimal 1000 kata.

Riset bisa dilakukan dengan berbagai hal. Anda bisa langsung melakukan riset ke lapangan dan bertanya kepada orang-orang tentang masalah dari judul artikel yang anda buat, atau anda hanya perlu melakukan riset dari beberapa informasi yang sudah di internet. Untuk menambah rasa semangat anda untuk membuat artikel yang panjang dan berkualitas, berikut akan saya bagi kepada anda manfaat atau kelebihan membuat artikel yang panjang bagi blog kita.

Manfaat dan Kelebihan Artikel Panjang

  1. Mendatangkan visitor yang tinggi untuk blog anda. Hal ini dikarenakan artikel sobat kaya akan kata kunci. Kita tidak tahu Long Tail Keyword seperti apa yang diketik visitor untuk sebuah Short Keyword yang kita targetkan. Dengan membuat artikel yang panjang, berarti kita menyebar kata kunci guna menjaring visitor sebanyak-banyaknya. Bahkan anda tidak memerlukan kemampuan Offpage SEO untuk membuat artikel blog anda berada di halaman pertama Google.
  2. Meningkatkan Time On Site atau Waktu Kunjung visitor ke blog anda. Berdasarkan info yang saya baca, waktu kunjung menjadi salah satu tolak ukur apakah blog sobat bermanfaat atau tidak bagi visitor. Blog yang tidak bermanfaat akan cepat-cepat ditinggalkan oleh visitor, sehingga akan meningkatkan Bounce Rate pada blog tersebut. Tentu hal ini menjadi kerugian tersendiri bagi blogger. Bukankah blog yang bermanfaat disukai oleh Google? Benar, Algoritma google memasukkan time on site atau waktu kunjung kedalam aspek yang mempengaruhi ranking sebuah blog di halaman pencariannya. Dengan meningkatkan Time On Site, maka blog kita akan lebih memiliki peluang yang besar berada di halaman pertama google.
  3. Blog sobat terkesan profesional dan tidak asal-asalan. Dengan membuat artikel panjang dan berkualitas serta memenuhi informasi yang diinginkan oleh visitor, maka blog sobat akan mendapatkan tempat di hati para visitor. Bukan tidak mungkin mereka akan kembali lagi mengunjungi blog sobat untuk mendapatkan informasi terbaru.

Mendatangkan visitor baru lebih mudah daripada membuat visitor tersebut kembali datang.

Kekurangan Artikel Yang Panjang

  1. Tidak semua orang menyukai artikel yang panjang. Hal ini dikarenakan tidak semua orang suka membaca. Membuat artikel berarti kita membuat seseorang membaca. Jika artikel anda terkesan basa-basi , resikonya visitor anda akan pergi.
    *Tips: untuk beberapa topik, anda tidak perlu membuat artikel yang panjang .
  2. Pengerjaannya membutuhkan waktu yang sangat lama. Bagi anda yang tidak memiliki kesabaran, mungkin anda tidak akan mau membuat artikel yang panjang. Selain membutuhkan kesabaran, membuat artikel yang panjang juga membutuhkan ketelitian. Oleh sebab itu, kebanyakan blogger profesional menghabiskan waktu 1 minggu hingga 1 bulan hanya untuk membuat 1 artikel. Hal ini sesuai dengan pengakuan Author Panduanim.com yang mengaku bisa menghabiskan seminggu atau sebulan untuk melakukan riset artikel.

Jadi, bagimana menurut teman-teman? Apakah anda termasuk blogger yang selalu membuat artikel yang panjang? Berapa lama yang anda butuhkan untuk membuat artikel yang panjang.

Jangan lupa simak juga Genap 2 Tahun Saya Menjadi Full Time Blogger.

22 Comments
    • Syafii Nasution
  1. Supriyantocs

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.