VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Kapan Saat Yang Tepat Pindah dari Shared Hosting ke VPS?

Halo sahabat setia blog juragan cipir… Mas Micko APW bertanya:

“Kalau boleh ditambahkan guna memberikan sedikit pemahaman terhadap semua sobat pembaca juragancipir, kapan saat yang tepat atau barang kali setelah keperluan bandwidth berapa GB per bulan harus beralih ke VPS dari Shared Host?

Jawabannya adalah: Tergantung banyak faktor. Diantaranya adalah sebagai berikut ini, migrasi blog dari shared hosting ke vps:

1 . Jika paket shared hosting hendak expired

Jika paket shared hosting yang anda gunakan suah menjelang masa akhir alias waktunya membayar perpanjangan kontrak, maka pada saat itu anda bisa beralih ke vps. Sehingga sisa masa sewa shared hosting anda tidak sia-sia.

2. Jika shared hosting sudah tidak mampu lagi

Jika layanan shared hosting yang anda gunakan sudah tidak mampu menghosting blog anda, misal: sering down, sering ada gangguan teknis, dll, maka pada saat itu anda harus segera berpindah ke vps agar trafik blog anda tidak macet serta peringkat blog anda tidak jatuh. Jangan menunggu masa kontrak shared hosting habis.

migrasi-hosting-ke-vps

3. Jika serius mencari uang dari blog

Jika kita bersungguh-sungguh ingin mencari uang dari blog, maka kita harus meningkatkan kualitas, kuantitas serta kinerja website semaksimal mungkin, maka gunakan vps dari sekarang juga tanpa menunggu lama.

Tapi kita juga harus melihat kondisi keuangan kita saat ini dan kedepannya. Sehingga nantinya kita tidak akan pulkam dari vps ke shared hosting. Hal itu sama dengan orang kota pindah ke gunung 😀

4. Jika blog sudah menghasilkan

Jika blog sudah memberikan penghasilan yang cukup untuk menggunakan vps, maka tunggu apalagi. Segeralah berpindah ke vps agar penghasilan anda dari blog bisa lebih tinggi lagi (terutama bisnis online berbasis trafik, seperti google adsense). Simak juga  simak juga Bagaimana Perubahan Website Dari Shared Hosting ke VPS?.

 

5. Jika ingin membuat blog baru

Saat ini adalah zamannya vps. Jika anda membuat blog baru, sebaiknya langsung gunakan vps. Sehingga anda bisa belajar mengelola vps dan bisa mahir sejak awal, maka anda tidak akan rugi waktu nantinya Jangan seperti saya ini, blog sudah membesar dan waktunya boyongan ke vps, ehh ternyata masih belum bisa mengelola vps.

Tentunya saya merasa rugi waktu. Jika dari dulu saya menggunakan vps, mungkin alexa rank blog ini sudah mencapai angka di bawah 10 ribuan, bisa mendekati portal berita nasional. Tapi karena saya terlalu lama membiarkan blog ini berada di shared hosting ketika fitur-fitur shared hosting sudah mencapai limit, akhirnya peringkat blog ini rusak dan alexa rank terus membengkak. Perlu waktu lebih dari setahun untuk mengembalikan alexa rank blog ini yang sudah pernah mencapai 17 ribu pada beberapa bulan lalu. Di situlah saya rugi waktu.

Kesimpulan:

Jadi untuk memindahkan blog dari shared hosting tidak perlu menunggu keperluan bandwith meningkat maupun keperluan disc space meningkat, tetapi tergantung dari tujuan anda membuat blog. Jika tujuan anda membuat blog untuk cari uang, maka anda harus mau mengeluarkan modal untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Namun kita juga perlu melihat kondisi kocek. Jangan sampai kita berambisi sukses lantas mengeluarkan modal tanpa perhitungan, maka akibatnya kita akan tekor. Namun dalam bisnis apapun diperlukan keberanian dalam mengeluarkan modal, tetapi harus dipandu dengan manajemen yang matang dan terencana. Sehingga anda akan sukses sesuai rencana, bukan sukses secara kebetulan.

# Demikianlah pendapat saya tentang kapan saatnya kita perlu boyongan dari shared hosting ke vps. Mungkin pendapat teman-teman berbeda lagi, karena setiap individu memiliki prinsip, tujuan, serta serta pola pikir yang berbeda. Semoga sekilas artikel ini bermanfaat dan jangan lupa simak juga perjalanan blog juragan cipir ini yang pernah bolak-balik dari vps ke shared hosting dan juga sebaliknya, dari shared hosting ke vps:

14 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *