VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Jangan Lupakan 3 SEO OnPage Penting Saat Menulis Postingan Blog

Halo juragan… Semua blogger ingin agar postingannya tampil di halaman pertama google. Tentu saja! Karena postingan yang tampil di halaman pertama google dijamin mendapat peluang lebih banyak trafik daripada artikel yang tampil di halaman kedua dan seterusnya.

Segala teknik SEO telah dicoba, baik SEO OnPage Maupun OffPage. Tapi saya sering melihat banyak blogger yang sering lupa akan 3 hal penting yang menunjang SEO OnPage. Dan 3 hal ini merupakan cara sederhana namun ampuh untuk menciptakan peringkat postingan yang kuat di search engine.

Berikut ini 3 hal penting hal yang tidak boleh anda lupakan pada saat menulis artikel di website anda.

1. Buatlah Permalink secara manual

Permalink atau juga disebut “tautan permanen” adalah alamat postingan anda. Buatlah permalink yang sempurna agar artikel kita benar-benar SEO Friendly di google. Misalnya:

http://www.juragancipir.com./2014/05/jangan-lupakan-3-triks-seo-penting-saat-menulis-postingan-blog.html

Jangan membiarkan permalink anda berjalan secara otomatis karena akan membuat alamat postingan anda terputus. Misalnya:

http://www.juragancipir.com./2014/05/jangan-lupakan-3-triks-seo.html

Permalink yang terputus akan membuat postingan kita kurang seo friendly karena kehilangan beberapa kata kunci di permalink. Untuk membuat permalink secara manual bisa anda lihat di sebelah kanan pada saat anda menulis postingan. Lihat gambar di bawah ini. Masukkan judul postingan anda disitu dengan dipisahkan oleh tanda

Jangan Lupakan 3 SEO OnPage Penting Saat Menulis Postingan Blog

Perlu kita ketahui, permalink ini hanya bisa kita buat satu kali saja sebelum artikel kita publish. Namun jika artikel telah terpublish maka permalink tidak bisa diedit lagi.

2. Buat internal link yang baik

Buatlah setidaknya satu link internal di setiap postingan anda. Link internal atau juga biasa disebut pranala internal adalah tautan yang menghubungkan antara postingan satu dengan postingan lainnya yang saling berhubungan. Jadi tidak asal ngelink, tetapi harus relevan dengan halaman lain yang dirujuk. Selain itu, penerapan internal link yang salah akan beresiko melanggar pedoman webmaster google yang berakibat blog hilang dari SERP.

Untuk menyimak lebih jelas cara membuat internal link yang baik dan benar silakan baca di Cara Meningkatkan Visitor Blog Dengan Internal Linking. Namun pastikan anda jangan membuat internal link yang berlebihan agar tidak didepak oleh google. Usahakan minimal satu link atau maksimal 3 link untuk setiap halaman, dan itupun jumlah karakter harus disesuaikan.

3. Buat Tag Alt atau Alt Tag pada gambar

Tag Alt adalah sebuah judul dan deskripsi gambar yang akan muncul ketika disentuh cursor. Tag alt ini membantu memperkuat kata kunci postingan anda sehingga mudah ditemukan oleh pengguna di search engine. Cara membuat tag alt adalah: klik gambar, lalu klik properties, kemudian masukkan judul postingan di kolom yang tersedia disitu, yaitu pada tittle text dan alt text. Kedua kolom tersebut silakan diisi dengan judul postingan anda dan setelah itu klik Ok.

Jangan Lupakan 3 SEO OnPage Penting Saat Menulis Postingan Blog

Atau anda juga boleh mengisi bagian alt text dengan kata kunci (keryword), sedangkan bagian tittle text anda isi dengan judul postingan.

Namun saya sendiri juga sering lupa tidak memasang tag alt pada gambar. Tapi mulai sekarang saya usahakan ingat terus memasang tag alt pada gambar agar postingan saya tidak anda depak dari halaman pertama mesin pencari.

( i ) Ini saja info yang bisa saya bagikan hari ini tentang 3 hal penting yang membuat postingan anda seo friendly dan selalu tampil di halaman pertama google paling atas. Semoga bermanfaat, jangan lupa baca juga Cara Menerapkan Internal Link Yang Benar Untuk Blog Adsense.

33 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.