VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Inilah 4 Fungsi Penting Ginjal Pada Tubuh Manusia

Manusia diciptakan dengan segala bentuk kesempurnaan serta organ yang lengkap. Yang tentunya punya beragam fungsinya masing- masing. Salah satunya adalah ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia.

Lantas apa fungsi organ ginjal ini pada tubuh kita? Daripada penasaran, langsung saja yuk silahkan baca ulasan lengkapnya di bawah ini. Semoga bermanfaat.

fungsi-ginjal-manusia

Fungsi Ginjal

1. Menyaring darah

Makanan yang kita makan setiap hari, akan digunakan sebagai sumber energi setelah sebelumnya melalui proses pencernaan. Proses ini juga menghasilkan zat sisa serta limbah yang berbahaya jika dibiarkan menetap di dalam tubuh.

Nefron yang merupakan bagian dari ginjal, akan menyaring zat yang berbahaya tersebut untuk kemudian dikeluarkan dari tubuh. Zat sisa dalam tubuh yang dihasilkan, biasanya mencapai 2 liter. Inilah kenapa dalam kondisi normal, tiap harinya kita akan buang air kecil kurang lebih sebanyak 2 liter.

Ginjal juga membuang beberapa zat limbah dalam tubuh seperti asam urat, garam anorganik, creatinin, urea, amoniak dan lain- lain.

2. Mengatur volume cairan pada darah

Keberadaan ginjal, juga diperlukan dalam mengatur volume cairan dalam darah manusia. Tanpa adanya ginjal yang mengontrol, tubuh akan kering akibat kekurangan cairan.

3. Mengendalikan kadar gula di dalam darah

Bukan hanya mengatur volume pada darah, ginjal juga berperan dalam mengatur kadar gula darah. Hormon insulin dalam ginjal mampu menurunkan kelebihan kadar gula dalam darah. Sementara hormon adrenalin, berperan dalam menaikkan kadar gula jika pasokan gula dalam tubuh tidaklah mencukupi.

4. Mengatur kadar kalium

Kalium disebut pula dengan potasium yang merupakan mineral yang berguna untuk membuat organ, sel serta jaringan tubuh dapat berjalan sesuai dengan fungsinya dengan baik.

Saat kadar kalium dalam tubuh mengalami kelebihan, akan terjadi gangguan hiperkalemia yang bisa membuat otot jatung berhenti. Namun saat kadar kalium kurang, maka dampak buruknya adalah kulit menjadi kering dan gerak reflek menjadi lambat.

Pengaruh ginjal dalam mengatur kadar kalium adalah dengan membuang atau menyerap kalium yang masuk ke dalam ginjal pada bagian nefron.

Ginjal merupakan bagian penting dalam tubuh. Tidak adanya ginjal, manusia tidak akan bisa bertahan hidup karena akan ada begitu banyak zat racun yang membuat tubuh mengalami gangguan.

Demikian di atas ulasan mengenai fungsi ginjal dalam tubuh manusia. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat pembaca semua. Jangan lupa ketahui juga Inilah Cara Terbaik Turunkan Demam Anak Anda.

7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.