VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Ini Lho, Belajar Memulai Menulis Artikel Bahasa Inggris Yang Benar

Hai teman-teman semuanya… Apakah anda sudah mahir dalam menulis artikel bahasa inggris? Atau kemahiran anda masih setengah-setengah? Atau bahasa inggris anda masih menebak-nebak seperti empunya blog ini?

Jika bahasa inggris anda masih meraba-raba, maka jangan biarkan hal itu terus-menerus menimpa diri anda selamanya. Betapa menderitanya seorang blogger yang tidak bisa menulis bahasa inggris dengan baik. Mengapa saya tahu? Karena sedang saya mengalaminya.

belajar-menulis-inggris

Saya bisa menulis sebuah artikel bahasa indonesia di atas 500 kata, saya hanya perlu waktu 15 menit dan tanpa terlalu berpikir. Tapi disaat saya menulis artikel bahasa inggris, satu artikel pendek saja bisa sampai setengah hari kadang gak selesai-selesai.

Bagaimana tidak, mulut saya rasanya seperti dibungkam. Tidak bisa ngomong apa-apa. Padahal di dalam hati banyak hal-hal yang ingin saya sampaikan kepada pembaca melalui artikel english. Duh, benar-benar tersiksa hati ini. Apakah anda ada yang mengalami seperti saya? Ngaku hayooo… 😀

Anda mau mengandalkan google translate saja? Itu namanya bukan belajar bahasa inggris, tapi belajar bahasa linggis. Itulah yang membuat kita selamanya tidak bisa menulis english dengan benar. Nantinya yang jadi pintar bukan kita, tapi google translate nya. Google translate hanya kita jadikan sebagai kamus saja. Titik.

Tapi jangan khawatir! Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Saya sendiri tidak pernah malu dalam hal belajar apapun yang saya belum bisa. Kecuali hal itu tidak memungkinkan bagi kita, maka percuma kita belajar. Tapi dalam hal belajar menulis artikel english ini sangat memungkinkan bagi siapapun jika ada niat dan semangat.

Oke deh saya tutup dulu ocehan saya di atas. Berikut ini resep untuk memulai belajar menulis artikel english paling mudah dan benar.

1. Pertama siapkan niat dan semangat anda untuk belajar english. Ini adalah modal yang paling mahal. Buang rasa malu, rasa malas, dkk.

2. Buatlah sebuah blog khusus untuk berlatih menulis english. Saya sendiri sudah membuat blog khusus untuk latihan menulis english, dan blognya sengaja saya buat keren agar saya cepat bisa mahir menulis english. Jika anda ingin tahu silakan tengok blog saya disini Indri Lidiawati’s Blog.

3. Mulailah menulis artikel di blog baru anda tersebut dengan artikel english sebisanya. Pertama belajarlah menulis artikel pendek namun benar dalam tata bahasanya (grammar). Jika anda sudah bisa menulis dengan benar, maka nantinya anda akan bisa membuat artikel panjang dengan sendirinya.

Untuk mengetahui apakah tulisan anda sudah benar atau masih sedikit ngawur, maka silakan anda bertanya di group-group belajar english. Salah satunya adalah disini: https://plus.google.com/u/0/communities/103462039551293840446

Mau ngapain anda di group itu? Untuk mencari guru, dan gurunya adalah teman-teman yang ada disitu.

Tapi ingat lho ya… anda jangan mempastekan blog anda di group untuk meminta koreksi, itu namanya nyepam. Apakah anda mau disebut spamer? Tentu tidak. Tapi cukup tanyakan apa yang anda tidak tahu, dan teruslah anda memonitor group tersebut agar tidak ketinggalan ilmu english yang setiap hari lewat disitu. Selain itu, cobalah sesekali membaca dengan cermat website-website milik orang luar negeri untuk melihat bagaimana cara orang luar negeri menulis suatu artikel?

Tapi awas lho ya.. anda jangan keliru membaca blog bule yang ternyata hasil google translate milik blogger indonesia. Karena saya melihat di internet banyak juga jebakan semacam itu, dan saya sendiri dulu juga pernah membuat blog seperti itu. Saya juga pernah dimaki-maki oleh pembaca luar negeri di kolom komentar gara-gara artikel english saya katanya membingungkan. ‘Ya jangan nyalahin saya, silakan nyalahin google translate sanaa..’ gitu jawab saya 😀

Niscaya dengan membuat blog baru khusus untuk latihan menulis english maka kita akan segera terbebas dari “buta english” Buta english artinya adalah kita melihat artikel inggris seperti sebuah ukir-ukiran, dan jika kita nonton film barat terdengar seperti suara burung berkicau. Kita tahunya cuma yes dan no. Itulah yang dimaksud buta english.

Ayo… ayoo.. ayooo bikin blog baru buat latihan nulis english, jangan keduluan saya ntar pinternya hehehe 😉 Oya, jangan lupa simak Kebiasaan Ini Membuat Anda Tidak Bisa Update Artikel di Blog.

57 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.