VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Ini Cara Paling Ampuh Mengatasi Duplicate Title Tags M=1 M=0

Sekitar 2 bulan, 1 minggu yang lalu terhitung dari artikel ini diterbitkan (26/6), saya membuat tread di forum Juragan Cipir, mengenai masalah blog saya diblogger, pada saat itu blog saya kesehatannya sedang terganggu,  saat saya cek di Webmaster Search Console khususnya di menu “Search Appearance > HTML Improvements”, banyak artikel saya yang kena Duplicate title tags dan jumlahnya mencapai 1000 lebih.

Teman-teman pembaca artikel ini juga bisa melihat curhatan saya di forum Juragan Cipir, yang sudah saya sisipkan dibawah artikel ini.

duplikat-title-tags

Sebelum membuat tread di forum Juragan Cipir, saya sudah mencoba beberapa cara yang dibagikan oleh teman-teman blogger lainnya termasuk mencekal URL “m” melalui menu di Webmaster Search Console > Crawl > URL Parameters, kemudian menambahkan Disallow: */m=1 dan Disallow: */m=0 via settingan blogger Setelan > Preferensi Penelusuran > Perayap dan pengindeksan > robots.txt khusus.

Nah untuk penerapan Disallow: */m=1 dan Disallow: */m=0 di robots.txt khusus, memang bekerja sangat baik waktu itu, perlahan masalah Duplicate Title Tags blog saya di Webmaster Search Console menghilang.

Penerapan Disallow: */m=1 dan Disallow: */m=0 bisa dibilang oke lah untuk sementara waktu, sebelum masalah yang lainnya muncul menimpa blog saya kembali. Apa masalahnya ?
Jika dicek menggunakan PC mungkin masalah tidak akan terlihat, namun berbeda saat dicek menggunakan perangkat ponsel si robot ijo, yang akrab disapa android.

Saat pengecekan posisi artikel blog di pencarian google memang tidak berubah, artikel blog masih bertahan di Posisi nomor 1, Namun keterangan deskripsinya yang berubah di hasil pencarian google yaitu “Deskripsi untuk hasil ini tidak tersedia karena robots.txt situs ini”.

Berhubung pengunjung blog saya 95 persen berasal dari pengguna ponsel, beberapa bulan setelah penerapan Disallow: */m=1 dan Disallow: */m=0 di robots.txt khusus yang ada di menu settingan blogger, Visitor menurun drastis, al hasil karena tidak mau visitor blog saya makin turun, saya rubah kembali robots.txt ke settingan awal, dan Duplicate Title Tags di Webmaster Search Console makin bertambah banyak.

Saat itu mencapai 1500-an Artikel kena Duplicate Title Tags.
Inilah alasan saya membuat tread di forum Juragan Cipir waktu itu, dan alhamdulilahnya setelah membuat tread masalah Duplicate Title Tags pun terpecahkan.

Sebelumnya terima kasih buat “Mba indri” pemiliki blog juragancipir.com, dan saya juga ucapkan banyak terima kasih kepada “Mas Safaatfm” yang ikut nimbrung dan membantu memecahkan masalah saya.

Sesuai dengan janji saya, saya akan kabari kembali setelah mendapatkan hasil. Dan ini adalah hasilnya:

duplikat-title-tags-2

Duplicate Title Tags yang tadinya 1500 sekarang tinggal 20, prosesnya memang lama mungkin karena Duplicate Title Tags di blog saya  juga banyak, jadi butuh waktu lama. Oh iya cara ini juga tidak hanya mengatasi masalah  Duplicate Title Tags, Masalah Duplicate meta descriptions yang saya alami juga berangsur-angsur menghilang yang tadinya ada 140 sekarang tinggal 4.

Berikut ini adalah cara paling ampuh mengatasi duplicate title tags m=1 m=0 di blog saya, yaitu hanya dengan mengganti “<link expr:href=’data:blog.url’ rel=’canonical’/>” dengan “<b:include data=’blog’ name=’all-head-content’/>” ditemplate teman-teman blogger.

Pertama masuk terlebih dahulu ke blog anda di blogger, lalu pilih menu Template, kemudian klik pada tombol Edit HTML, setelah terbuka klik sembarang pada kolom template tersebut, lalu tekan CTRL+F pada keyboard Komputer anda, kemudian Copy kode <link expr:href=’data:blog.url’ rel=’canonical’/> dan paste pada kolom Search: lalu tekan Enter. Jika ditemukan hasilnya seperti ini

duplikat-title-tags-3

Jangan lupa cek juga kode yang satunya “<b:include data=’blog’ name=’all-head-content’/>” menggunakan cara yang sama, jika keduanya ditemukan hapus hanya kode <link expr:href=’data:blog.url’ rel=’canonical’/> lalu save template.

Silahkan di coba dan lihat hasilnya beberapa bulan kemudian, tergantung seberapa banyak Duplicate title tags blog anda di Webmaster Search Console.

Catatan untuk teman-teman blogger

Artikel ini adalah hasil dari apa yang saya alami dalam mengatasi masalah Duplicate title tags diblog saya, dan saya tidak memberikan jaminan kuat apakah cara ini juga bekerja dengan blog anda. Kalau cara yang saya bagikan dari apa yang saya alami, tidak bekerja dengan baik pada blog anda, saran lainnya yaitu dengan cara mengganti template blog anda, sesuai dengan yang disarankan oleh Mba Indri Lidiawati.

Semoga bermanfaat untuk teman-teman blogger yang membutuhkan dan jangan sungkan untuk membagikan pengalaman anda mengenai cara menghilangkan Duplicate title tags melalui kolom komentar. Sekian dari saya dan terima kasih.

Silahkan Baca Juga curhatan saya di forum Jurcip alias JuraganCipir 😀 “Dilema Duplicate title tags ?M=1 ?M=0”.

28 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.