VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Ingin Menjadi Pembaca Blog Yang Baik Dan Disukai Admin? Bacalah ini

Di internet ini, tutorial cara ngeblog sudah sangat banyak, mungkin kalau dihitung-hitung jumlahnya sebanyak dosanya Firaun. Kalau tidak percaya coba saja cek sendiri di mesin pencari yang sebenarnya penemunya adalah saya tapi diakui oleh Larry Page dan Sergey Brin itu. Kalian pasti akan menemukan hasil pencarian yang jumlahnya gede segede nominal uang Zimbabwe yang inflasinya gila-gilaan. Mulai dari bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa negara yang dulu pernah menjajah nenek moyangmu juga banyak. (yang dijajah nenek moyangnya doang, kakek moyangnya gak disebut?)

Maka dari itulah kali ini saya tidak akan membuat artikel cara ngeblog. Di samping jumlahnya sudah banyak, paling kalau saya bikin isinya juga gak jauh beda dengan tutorial-tutorial yang lain. Hanya pembukaan dan penutupnya saja yang saya ganti pakai bahasa sendiri, bahasa vickinisasi atau bahasa absurd lainnya. Sedangkan pertengahannya (inti artikel) saya copas mentah-mentah.

Namun karena saya orangnya baik tanpa celah cacat sedikitpun bagaikan pemeran protagonis dalam sinetron Indonesia, maka saya gak akan melakukan tindakan yang di mata blogger sangat hina sehina p3l4cur itu. Lebih baik saya bikin artikel dengan tema yang sebailiknya, yaitu sesuai pada judul di atas.

Keuntungan menjadi pembaca blog banyak, keuntungan pengeblog apa?

Sebenarnya keuntungan menjadi pembaca blog sangat banyak. Saya kasih contoh misalnya seseorang yang namanya Bukan Ronal Suryapradja. Dia mau melawak di Bukan ILK (Indonesia Lawak Klub -TransTV) tapi tidak ada ide lelucon apa yang akan dikeluarkan oleh mulutnya yang saya yakin bau juga kalau habis bangun tidur. Untuk mencari inspirasi materi, pasti dong dia browsing, kunjungi blog humor, pilih kata-kata yang lucu, hafalin, (semoga saja dimodifikasi sesuai kreativitasnya sendiri), kemudian dilontarkannya untuk melawak di TV. Hasilnya, dia dapat tepuk tangan meriah dari penonton dan yang paling penting dapat bayaran juga dari pihak TV. Sedangkan pemilik blog dapat apa?????

Nah maka dari itulah siapa saja pembaca blog harus terimakasih sama admin blog. Tapi kalau harus jujur, ucapan terimakasih tersebut sebenarnya gak penting-penting amat, hampir samalah seperti tepuk tangan yang didapat seseorang yang namanya Bukan Ronal Suryapradja di atas. Yang paling penting adalah pengeblog (bahasa Indonesia bakunya blogger apa sih?) juga butuh uang. Meskipun ada pengeblog yang ngeblog cuma sekedar hobi dan punya pekerjaan lain yang diandalkan untuk hidup, tapi setidaknya sebuah blog untuk bisa tetap online butuh biaya.

Pembaca blog harus tau, pengeblog untuk bisa ngeblog pertama kalinya butuh komputer. Komputer kalau tidak ada koneksi internet tidak bisa digunakan untuk ‘apa-apa’. Biaya internet di Indonesia harganya lumayan mahal. Kalau langganan internetnya yang murah, koneksinya sangat lambat bagaikan jalannya keong yang kakinya pincang sebelah. Gak usah dibayangkan kaki keong itu seperti apa, yang pasti kalau koneksi internet lambat justru membuat emosi.

Setelah urusan internet beres, pengeblog untuk membangun blog butuh domain. Oke lah harga domain gak mahal-mahal amat karena bayar sewanya setahun sekali. Tapi bagaimana dengan hosting? Kalau kamu berkali-kali reload dan baca artikel banyak di suatu blog, asal tau saja itu artinya kalian sedang “memakan” bandwidth pada hosting blog tersebut. Kemudian jika kamu ingin adanya artikel yang banyak, admin blog butuh web space yang besar juga untuk menampung artikel-artikel tersebut. Dan untuk bikin artikel-artikel yang baik dan cetar mbahana, butuh waktu dan tenaga untuk merangkai kata dan cari sumbernya yang bisa dipercaya (baca deh curhatan blogger yang sebetulny tidak pandai menulis ini). Intinya, saat kamu membaca artikel di salah satu blog, itu artinya kamu “mengambil” ilmu, numpang memanfaatkan domain dan web-space, dan tentu pula mengabiskan bandwidth sedikit demi sedikit. Kalau kalian menyuruh admin untuk pakai hosting yang unlimited, itu harganya lumayan mahal.

Di sisi pelakunya, lihatlah admin blog. Sangat jarang yang mengemis-ngemis minta donasi kepada pengunjung/pembacanya. Mereka cuma memasang iklan PPC. Tau dong PPC itu apa? Yaitu iklan yang kalau tidak ada yang nge-klik gak dibayar. Sudah gitu, aturan dari brokernya juga banyak dan ketat seketat celana j@bl4y yang mau berangkat mangkal berburu pelanggan berkantong tebal. Antara lain, jumlah iklan dibatasi maksimal 3 slot, jangan ditempatkan floating, jangan klik sendiri, jangan menyuruh orang lain untuk klik. Kalau aturan-aturan tersebut dilanggar, bisa kena banned secara tidak terhormat.

Masih kurang percaya betapa baiknya admin blog kepada pembaca blog? Cobalah kamu berkomentar di salah satu artikelnya. Pura-pura lah kamu tidak paham dengan isi artikel dan tanyakan lebih detail di kolom komentar yang letaknya di bawah artikel. Pasti sang admin mau berbaik hati menjawab pertanyaanmu dan menjelaskannya lebih dalam lagi. Padahal admin tersebut belum tentu menjawab loh kalau sedang sibuk ngeblog dibelakangnya ada emak kandungnya yang nanyain sesuatu.

Jadi bagaimana dong untuk menjadi pembaca blog yang baik dan disukai admin?

Permintaan saya cuma dua, yaitu:

1. Jika kamu menemukan artikel yang baik dan isinya berguna buat kamu, obok-oboklah blog tersebut lebih dalam lagi. Maksudnya, carilah fanpage facebooknya, twitternya dan sosial media lainnya. Setelah itu klik like atau follow.

2. Yang dilihat jangan artikelnya doang. Kalau kamu hanya melakukan itu, itu sama artinya kamu habis manis sepah dibuang (pas gak sih saya cari peribahasanya?). Cobalah perhatikan juga iklannya. Biasanya kalau iklan tersebut dari adsense, iklan yang muncul akan nyambung dengan tema artikelnya. Misal saat ini kamu membaca artikel tentang blogging, bisa jadi iklan yang muncul adalah iklan penyedia domain+hosting. Kalau kamu tertarik dengannya, ya di-klik. Kalau tidak tertarik ya gak apa-apa, gak usah diklik, cukup perhatikan saja. Tapi nanti seandainya suatu saat kamu berubah pikiran menjadi tertarik, ya lakukanlah.

Jika misal kamu berubah pikirannya setelah seminggu kemudian dan blog yang dulu kamu baca lupa url alamatnya, ya tidak apa-apa juga sih kamu boleh klik disembarang blog. Karena bagaimanapun semua blogger di internet ini “bersaudara” kok hehe.

Jadi intinya gitu. Kalau kamu merasa terbantu masalahmu setelah membaca salah satu artikel di blog seseorang, lakukanlah sesuatu yang sekiranya sebagai tanda terimakasih. Entah itu sekedar ucapan, like fanpage dan follow twitter, atau lainnya seikhlas kamu saja asal jangan ditinggal begitu saja setelah kamu dapat ilmu dari tulisan tersebut. Kalau pembaca blognya baik dan tau terimakasih, pengeblog (blogger) juga makin giat buat bikin artikel yang lebih baik dan berbobot lagi.

7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *