VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Info Cara Membeli Sertifikat SSL Dan Memasangnya di Website

Sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) adalah sebuah teknologi modern yang mengenkripsi data yang melintas bolak-balik antara browser web dan server web di internet. Dengan kata lain, sertifikat SSL berperan mengamankan sebuah alamat website dari disadap oleh pihak ketiga.

Alamat website yang sudah diamankan dengan SSL akan diawali dengan https (bukan http). Dalam beberapa praktek saat mengumpulkan informasi pribadi dan finansial tertentu (misal pada Google Adwords), Adwords mewajibkan penggunaan SSL pada laman web milik advertiser agar tidak bisa disadap oleh pihak ketiga ketika informasi yang ditransfer sedang dalam perjalanan.

cara-membeli-ssl-https

Manfaat SSL secara umum

Menggunakan SSL akan memberikan jaminan privasi dan keamanan yang lebih baik daripada sambungan situs web yang tidak dienkripsi sama sekali. Hal ini meminimalkan risiko penyadapan atau penyalahgunaan informasi yang dilakukan oleh pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab. Banyak pengunjung website akan merasa lebih aman dan nyaman ketika berbagi informasi pembayaran dan informasi pribadi lainnya saat mereka mengetahui bahwa website yang mereka gunakan dilindungi oleh sambungan SSL.

Website apa saja yang cocok menggunakan SSL?

Semua website sangat perlu menggunakan SSL, terutama bagi website yang dikelola orang banyak (misal: forum, jejaring soaial, dll), website yang melakukan transaksi finansial (misal: toko online, bisnis online, jasa webhosting, dll), dan bahkan website pribadi milik anda. Sambungan SSL akan memberikan jaminan keamanan bagi pengunjung blog anda sehingga banyak pengunjung yang merasa lebih nyaman. Bahkan blogger saat ini juga menggunakan sambungan SSL untuk meningkatkan keamanan pengguna blogger maupun pengunjung situs.

Apa manfaat SSL dalam SEO?

Tentu saja website akan menjadi lebih seo friendly jika dibandingkan website yang tidak dienskripsi, karena dengan perlindungan SSL maka semua browser akan menyatakan bahwa website anda aman karena dienskripsi menggunakan sambungan SSL. Bahkan anti virus di komputer anda akan memberikan verifikasi kepada browser bahwa website anda aman.

Dimana bisa membeli SSL dan berapa harganya?

Harganya murah! Sama seperti anda membeli domain, yaitu hanya 120 ribu pertahun. Jika anda ingin membeli sertifikat SSL seperti yang digunakan di blog ini, silakan anda membelinya di Metroworldhost dan pelajari juga petunjuk detail tentang cara pembelian serta pembayarannya bisa anda simak pada artikel ini Cara Membeli Sertifikat SSL di Metroworldhost.

Bagaimana cara memasang SSL di website Shared Hosting?

Pada awalnya saya sendiri sedikit bingung ketika pertama kali memasang SSL di blog Juragan Cipir ini, maklum saya baru mengenal SSL hehe 😀 Namun setelah tahu caranya ternyata mudah dan hanya perlu hitungan menit bagi yang sudah biasa.

Tapi bagi anda belum tahu sama sekali memasang SSL di website anda, berikut ini ada tutorial lengkap tentang bagaimana memasang SSL dengan cara yang baik dan benar di website shared hosting. Silakan teman-teman pelajari caranya disini: Tutorial Memasang SSL di Shared Hosting.

Sedangkan untuk cara pemasangan SSL di website VPS saya belum tahu, silakan teman-teman cari di google atau tunggu tutorial berikutnya untuk pemasangan SSL di VPS yang nantinya mungkin juga akan saya bagikan di blog ini.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan ke teman-teman tentang dimana kita bisa membeli SSL dan bagaimana cara memasangnya di blog. Oya, jangan lupa simak juga pengalaman saya kemarin tentang Pertama Kali Menggunakan Sertifikat SSL Pakai HTTPS, Sedikit Bingung Tapi Senang.

9 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.