VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Iklan Facebook Memenuhi Pusat Peninjauan Iklan di Akun Adsense

Halo sahabat blogger dan publisher indonesia, kali ini saya ingin bercerita saja. Iaitu cerita ringan tentang mencekal dan membebaskan iklan facebook di akun adsense. Jadi jangan terlalu diseriusin yaa ๐Ÿ˜€

Cerita dimulai. Facebook adalah situs jejaring sosial yang paling populer di dumay 9dunia maya) saat ini. Mulai dari abg hingga orang dewasa, dari cucu hingga kakek nenek, dari sd sampai perguruan tinggi, dari laki-laki hingga perempuan, semuanya memiliki akun facebook.

Kecuali hanya orang-orang yang tidak mengenal internet saja yang tidak memiliki akun facebook, misalnya: para petani yang keseharian menghabiskan waktu di sawah. Namun tidak semua petani, karena banyak juga petani yang main facebook sambil bekertja di sawah. Mereka menulis status sambil nongkrong di gubuk sawah.

petani-di-gubuk-sawah
Foto: facebook.com

Facebook sendiri menerima penghasilan dari iklan-iklan yang tampil di situs facebook tersebut. namun disisi lain, facebook juga mengiklankan situs facebook itu sendiri melalui periklanan Google Adwords. Tujuannya adalah agar situs facebook tetap terkenal dan terus mendapatkan pengguna baru.

Di Google Adwords, Google akan menampilkan iklan situs facebook tersebut di blog-blog milik publisher adsense. Sedangkan publisher adsense berhak mencekal iklan situs facebook tersebut agar tidak tampil di blog mereka.

Alasan paling umum publisher mencekal iklan facebook adalah karena iklan facebook membosankan pengguna/ pembaca blog tersebut. Pembaca blog tidak akan mengklik iklan facebook karena mereka semua sudah memiliki akun facebook. Dan itu yang menyebabkan pemilik blog mencekal iklan facebook melalui pusat peninjauan iklan di akun adsense miliknya.

Nah, saya selaku salah satu dari pemilik blog seperti di atas, saya bulan lalu juga mencekal iklan facebook agar tidak tampil di blog ini. Saya mencekal URL facebook.com agar iklan berbau facebook tidak tampil secara menyeluruh. Alhasil CTR (jumlah klik iklan) meningkat karena iklan yang tampil adalah SELAIN facebook, tentunya tidak membosankan. earning adsense sedikit meningkat tentunya.

Namun beberapa bulan kemudian earning turun lagi. Penyebabnya adalah CPC (harga klik iklan) rendah. Hal ini dikarenakan iklan facebook yang banyak sekali jumlahnya tidak saya ijinkan tampil di blog, sehingga tingkat persaingan iklan menjadi rendah. Maka CPC pun rendah.

Kemarin, saya kembali membebaskan iklan facebook dari pencekalan di pusat peninjauan iklan. Maka tentu saja iklan-iklan facebook berbondong-bondong masuk ke inventori iklan di akun adsense saya untuk segera tampil lagi di blog ini. Dalam sehari semalam ada ratusan unit iklan facebook baru memenuhi pusat peninjauan iklan.

iklan-facebook

Bagaimana hasilnya?

Tentu saja tidak ada orang yang mau klik iklan facebook, kecuali sedikit. Namun disisi lain, dengan adanya iklan facebook yang banyak sekali maka tingkat persaingan iklan yang ingin tampil di blog akan kembali meningkat. Sehingga CPC alias harga klik iklan ikut meningkat. Meskipun dipenuhi iklan facebook yang membosankan, tapi ada iklan lain selain facebook yang tampil di blog ini. Itu saja harapannya.

Sekian cerita ringan saya hari ini, semoga bisa menjadi bahan ngabuburit buat teman-teman semuanya di bulan ramadhan yang suci ini. Jangan lupa simak juga Membeli Artikel Berkualitas atau Artikel Biasa-biasa Saja, Pilih mana?

27 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *