VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Hindari Duplikat Konten Untuk Seo di Blog Kita

Duplikat konten adalah satu konten yang sama yang dapat dilihat dari dua atau lebih alamat blog/website di internet.

Google merupakan search engine yang pintar. Search engine ini mampu menemukan konten yang sama dari sebuah halaman web. Hebatnya lagi, search engine ini mampu menilai situs mana yang memiliki konten asli dan situs mana yang menjiplak konten asli tersebut. Bagi situs yang menjiplak suatu konten kemudian menyebar ulang, maka situs tersebut akan diberi sangsi oleh search engine mulai diturunkan peringkatnya di halaman hasil pencarian search engine atau bahkan disingkirkan dari daftar index search engine.

Search engine dapat melakukan pekerjaan penyaringan konten yang sama dengan baik. Oleh karena itu anda harus berhati-hati terhadap konten di blog anda. Jika ada dua atau lebih halaman yang mempunyai konten yang indentik, maka anda perlu mengubah beberapa bagian dari konten tersebut agar tidak sama persis. Atau juga dapat dengan menambahkan kutipan asli konten dengan disertai sumber referensi tentunya.

Apabila ada dua blog yang menampilkan konten yang sama, maka google akan memutuskan konten mana yang memperoleh peringkat lebih tinggi bedasarkan dua faktor. Faktor-faktor tersebut adalah otoritas antara halaman blog yang mempunyai konten yang sama dan blog mana yang pertama kali menulis suatu konten dan kemudian ada blog lain yang menjiplak konten anda tersebut serta memberikan link ke blog anda. Maka google akan menganggap blog anda sebagai pemilik asli dari konten tersebut.

Selain itu banyak orang yang salah sangka bahwa penggunaan judul (title) konten yang sama dengan judul pada blog lain dapat menyebabkan duplikasi konten. Tentu saja pandangan ini keliru, search engine sekelas google mampu membedakan konten secara menyeluruh. Ingat, judul yang sama belum tentu isinya juga sama. Oleh karena itu anda tak perlu khawatir mengenai hal tersebut.

Untuk mencegah adanya sangsi konten dari search engine, berikut tips-tips yang dapat anda lakukan:

1. Pastikan konten anda merupakan konten yang unik untuk masing-masing halaman. Untuk memastikan sebuah konten apakah unik atau tidak dapat dilakukan dengan bantuan tool bernama Copyscape yang dapat anda akses di www.copyscape.com. Copyscape adalah suatu website yang mempunyai kemampuan untuk mendeteksi duplikat konten, serta mencari salinan konten yang sama dari berbagai situs yang ada. Selain untuk mendeteksi duplikat konten, anda juga dapat mencegah konten anda dijiplak oleh orang lain dengan cara menyisipkan banner copyscape di blog anda.

2. Pastikan panjang konten halaman anda minimal antara 250 hingga 350 kata. Panjang konten yang terdiri kurang dari 250 kata mempunyai peluang besar terhadap kemiripan konten dengan blog lain. Oleh karena itu sebaiknya dalam menulis konten hendaknya lebih dari 250 kata untuk mengurangi kemungkinan kemiripan konten. Ingat, topik yang anda bahas di blog anda boleh sama dengan blog lain, akan tetapi isi kontennya harus anda sajikan dalam bahasa anda sendiri sehingga tampil beda.

3. Mengurangi jumlah halaman blog yang memiliki kemiripan.
Apabila di dalam blog yang anda buat mempunyai banyak halaman yang mengandung konten-konten yang hampir sama, maka akan lebih baik apabila anda mempertimbangkan untuk menjadikan halaman tersebut menjadi satu halaman.

Misal anda memiliki blog tentang travel yang mempunyai dua halaman yang berbeda tentang dua kota tujuan travel, maka akan lebih baik bila anda menggabungkan dua halaman tersebut menjadi satu halaman yang membahas tentang dua kota tujuan travel tersebut, atau bahkan anda dapat menambahkan informasi yang lebih banyak untuk mengurangi kemiripan antara dua halaman tersebut.

Jangan lupa simak juga Konten / Isi Dari Website Untuk Seo di Blog Kita.

Penulis : Bernos Sidayan

11146203_793254904096486_4675230430327824590_naku

13 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *