VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Hidung Anda Sering Tersumbat dan Bersin-bersin, Mungkin Anda Mengalami Gangguan Polip Hidung ???

Apa yang terjadi ketika hidung anda bermasalah seperti  hidung tersumbat, keluar cairan terus menerus dari hidung yang tentunya sangat mengganggu aktivitas kita sehari – hari. Ada beberapa penyebab dan gejala dari gangguan hidung, salah satunya adalah Polip Hidung.

Anda mungkin asing mendengar istilah polip hidung. Polip Hidung adalah suatu jaringan yang berbentuk lunak, berwarna putih dan keabu – abuan yang bisa muncul dilubang atau rongga hidung.

hidung-tersumbat

Penyebab dari polip hidung sendiri akibat dari reaksi hipersensitif atau reaksi alergi pada lapisan hidung. Faktor pendukung yang mengakibatkan Polip hidung  bertambah parah adalah terpapar dengan alergi terus menerus mungkin alergi dingin atau debu, adanya sumbatan hidung oleh karena terjadinya kelainan bentuk hidung (septum deviasi).

Bagaimana polip hidung bisa terjadi ?

Polip hidung diyakini adanya lapisan atau mukosa yang mengalami pembengkakan kemudian terjadi keluarnya cairan intraseluler dan sel radang yang banyak sehingga cairan dan sel radang terdorong keluar pada rongga hidung sehingga mengakibatkan polip hidung.

Apa tanda dan gejala dari polip hidung? Polip hidung biasanya ditandai munculnya keluhan sumbatan hidung yang menetap dan semakin lama semakit bertambah berat dan akhirnya dapat menyebabkan sinsusitis atau peradangan pada hidung. Dikarenakan penyebabnya adalah alergi maka gejala utamanya adalah bersin dan iritasi pada hidung. Pada pemeriksaan klinis sendiri didapatkan massa atau jaringan yang tumbuh dalam rongga hidung berwarna putih keabuan atau bisa juga ditemukan kuning kemerahan, bila ditekan tidak terasa nyeri, tidak mudah berdarah dan lunak jika disentuh.

Bagaimana cara pengobatan dari polip hidung?

Penanganan pada gangguan polip hidung tergantung pada ringan atau beratnya gangguan yang dialami. Bila polip masih kecil maka penanganan atau pengobatannya dapat diobati dengan pemberian obat kortikosteroid sistemik oleh dokter (obat makan), deksametason biasanya diberikan selama 10 hari kemudian dosisnya diturunkan secara perlahan. Deksametason berguna untuk mengurangi radang yang disebabkan oleh alergi yang terjadi sehingga diharapkan keluhan dari polip hidung dapat berkurang atau bahkan hilang. Selain obat makan biasanya penanganannya diberikan injeksi kedalam polip yang tentunya harus semua dari therapi/petunjuk dokter (semua pengobatan harus dengan aturan dan petunjuk dari dokter). Apabila gejala dan keluhan masih tetap muncul / berulang – ulang maka perlu dirujuk untuk dilakukan tindakan pembedahan/operasi.

Semoga bermanfaat… Jangan lupa simak juga Ingin Tahu Apakah Anda Menderita Kencing Manis? Begini Pemeriksaannya.

5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.