VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Hati-Hati, Berikut Ini Adalah 8 Penyebab Penyakit Gondok Yang Penting Untuk Anda Ketahui

Ada yang belum tahu apa itu penyakit gondok? Penyakit gondok adalah suatu penyakit yang ditandai adanya pembengkakan pada leher, atau dalam istilah medis dikenal dengan penyakit kelenjar tiroid.

Kelenjar tiroid sendiri merupakan kelenjar yang terletak di bawahnya pangkal tenggorokan serta berbentuk mirip kupu-kupu. Kegunaan dari kelenjar ini adalah untuk memproduksi hormon tiroid yang mana fungsinya mengatur metabolisme dalam tubuh. Sudah ada gambaran kan mengenai penyakit ini?

Baca juga Asam Lambung Anda Meningkat? Atasi Dengan Cara Mudah Dan Alami Berikut Ini.

penyakit-gondok

Pastinya pembaca semua tidak ingin kan terjangkit penyakit tersebut. Oleh sebab itu yuk sekarang kita cari tahu apa penyebabnya.

Penyebab penyakit gondok atau kelenjar tiroid

1. Penyebab yang sering terjadi adalah karena menurunnya kinerja kelenjar tiroid itu sendiri, dimana kelenjar tersebut memproduksi hormon (hipotiroid) dalam jumlah yang rendah.

2. Penyebab kedua adalah kebalikannya di atas, yaitu kelenjar tirod memproduksi hormon dalam jumlah yang berlebihan. Atau dalam istilah medis disebut hipertiroid

3. Kekurangan zat iodin atau yodium. Kekurangan zat yodium dapat menyebabkan yang kinerja kelenjar tiroid menurun atau abnormal.

4. Perokok berat. Inflamasi zat tertentu yang mempengaruhi tubuh dalam memanfaatkan iodin (yodium), seperti merokok yang mengandung senyawa tiosianat dari hasil pembakaran tembakau saat merokok mengakibatkan tubuh kurang maksimal dalam memanfaatkan iodin atau zat yodium.

5. Pada saat terjadinya perubahan hormon, misalnya saat hamil, memasuki masa pubertas atau saat mengalami menopause

6. Faktor keturunan. Bila Anda punya riwayat keluarga yang menderita penyakit ini, sebaiknya Anda waspada, dan segera konsultasikan ke dokter Anda untuk tindakan terbaik yang harus dilakukan.

7. Terinfeksi bakteri atau virus tertentu, sehingga menyebabkan penderita mengalami demam dan terasa nyeri pada leher.

8. Mengkonsumsi obat-obatan jenis tertentu dalam jumlah berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama. Sebaiknya konsultasi dengan dokter saat menerima resep obat, tanyakan berbagai efek yang ditimbulkan serta ceritakan riwayat penyakit Anda.

Demikian diatas adalah beberapa penyebab dari penyakit gondok. Dengan mengetahui ini saya harap para pembaca semua bisa mengantisipasi agar penyakit ini tidak menjangkiti Anda. Ok, sekian dulu. Terimakasih dan semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Hati-Hati Mengkonsumsi Makanan Ini Karena Bisa Menyebabkan Tulang Anda Keropos.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.