Di-tag: 

Topik ini mengandung 33 balasan, memiliki 11 suara, dan terakhir diperbarui oleh  rikixxx 1 tahun, 4 bulan yang lalu.

  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #20924
    Imam Munandar
    Imam Munandar
    Participant

    Selamat siang menuju sore juragan.
    Saya cuma mau tanya sama master2 disini, saya pemain baru, saya belum ngerti tentang SEO, saya baca artikel-artikel tentang SEO itu sendiri malah bikin saya pusing, lumayan ngerti tapi ujung-ujungnya saya pikir, apa buat kita nangkring d urutan pertama mesin pencari perlu menerapkan tekhnik SEO apa tidak, jadi blogger baru rugi dong kalau gitu meskipun tulisannya bagus tapi ga nangkring d urutan paling atas mesin pencari, cuma yang menguasai tekhnik aja yang bisa ditampilkan mesin pencari.
    tolong pencerahannya juragan.
    terima kasih

  • #20931
    Husni Cahya Gumilar
    Husni Cahya Gumilar
    Participant

    Ikut nimbrung mas.
    SEO tidak terbatas pada optimasi mesin pencari, tapi promosi dari mulut ke mulut juga bisa disebut SEO yaitu SEO off page atau SEO yang dilakukan di luar blog kita.

    Sekarang udah gk zaman mengulang-ngulang kata kunci, cukup 2% saja (maksimal) dari total kata dalam artikel. Selebihnya perkaya kata kunci dengan sinonim dari kata kunci itu sendiri.

    Konsep SEO modern itu : Banyak pembaca >> Posisi di SERP naik >> Banyak pembaca

    Jadi kalau mau posisi artikel nangkring di pejwan, buat saja artikel dengan kata kunci yang banyak dicari, judul menarik, konten unik dan original. Dengan sendirinya posisi artikel di SERP akan naik.

    Jadi mas tidak perlu takut atau merasa rugi. Menulis saja..

  • #20932
    Imam Munandar
    Imam Munandar
    Participant

    Nah itu saya sangat seyuju mas, tapi saya sering lihat artikel tips trik SEO, ampe 20 point, ini itu lah ampe ada coding2 ga jelas, nah mas saya juga mau nanya backlink sendiri itu yang tepatnya kaya apa, soalnya saya baca dari sono sini pada ga jelas.
    makasih loh mas jawabanya

  • #20942
    Husni Cahya Gumilar
    Husni Cahya Gumilar
    Participant

    Setahu saya, baclink artinya link balik yaitu link di website lain yang tertaut ke blog/web milik kita. Link yang bagus itu yang dibuat oleh pemilik blog. Misalnya begini:
    Blogsaya : husnicahyagumilar,com
    Blog mas: imam76,com

    Saya menulis artikel tentang ternak belut, dan saya mengambil inspirasi dari blog mas. Dalam artikel saya membuat tautan (link eksternal) yang mengarah ke blog mas, baik ke homepage maupun ke artikel ternak belut di blognya mas.

    Nah link tersebut merupakan backlink buat blog mas.

    Atau mas berkomentar di blog saya dan meninggalkan URL di kolom website (bukan dikolom komentar), itu juga merupakan backlink..

    Kembali ke awal, konten unik dan menarik akan mendapat backlink dengan sendirinya karena mungkin akan ada banyak blogger yang mengambil referensi dari tulisan kita dan memberi link ke blog kita dalam artikelnya.

    Maaf jika kurang baik penjelasannya.

  • #20943

    My
    Participant

    keren

  • #20944
    Imam Munandar
    Imam Munandar
    Participant

    oh gitu ya mas, iya ya ngerti mas. mksih banyak loh mas. saya dong pasang d blog nya mas hehehe

  • #20945

    Anton
    Participant

    Kalau promosi mulut ke mulut seharusnya tidak termasuk SEO karena SEO sendiri dibatasi yang membantu Mesin Pencari menemukan sebuah artikel. Jadi promosi dan menyebar link adalah bagian dari promosi dan bukan SEO.

    Kalau semua kegiatan off page dianggap SEO , lama kelamaan SEO = Blogging. Padahal SEO adalah salah satu dari bagian kegiatan blogging. Memang banyak blogger Indonesia agak rancu dengan istilah SEO Off Page. Kenyataannya itu bukan SEO tapi promosi.

    Pengalaman saya menunjukkan memakai tehnik SEO atau tidak dalam menulis hasilnya bervariasi. Sebelum blog yg sekarang, saya menulis di blogspot , ga tau blas tentang SEO dan menulis sesuka saya. Kemudian saya buka web baru TLD. Saya membuat tulisan baru dengan topik yg sama di blog baru.

    Hasilnya, beberapa tulisan di blog sebelumnya yg tidak memakai SEO, hingga saat ini masih berada di atas tulisan baru di domain TLD. Padahal tulisan yg baru sudah memakai tehnik SEO yg dibantu YOAST.

    Jadi, cenderung sekarang saya lebih suka menulis sesuai kemauan saja dan tidak terlalu memakai tehnik SEO. Hasilnya, walau tidak drastis, pengunjung terlihat naik perlahan dan banyak tulisan saya berada di page one SE Google (kalau menurut analytics 75% pengunjung saya berasal dari Search Engine, menurun dari 81% sebelumnya krn rupanya semakin banyak yg langsung mengetikkan nama web) .

    Terus terang saya jarang blogwalking dan juga hampir ga pernah cari backlink. Hanya menyebar link di acc Google Plus sendiri, dan hampir ga pernah nyebar ke komunitas-komunitas.

    Hasilnya, tetap saja cukup banyak tulisan saya bercokol di page one Google, bahkan untuk beberapa kata kunci yg cukup ketat persaingannya.

    Jadi kalau menurut saya mah, selama menulis sesuai tema, bahkan tanpa menekankan tehnik SEO / backlink dsb, pengunjung akan tetap datang. Kalau memang dianggap berkualitas, maka peluang untuk ke page one tetap mungkin.

    Itu berdasarkan pengalaman saya.

  • #20946
    Imam Munandar
    Imam Munandar
    Participant

    jadi gini pak intinya, kalau post kita pengen nongkrong di mesin pencari paling atas tidak melulu menggunakan tekhnik seo, seperti itu pak, apa gimana ?
    maklum pak, baru banget di dunia blogging

  • #20950
    Husni Cahya Gumilar
    Husni Cahya Gumilar
    Participant

    Maaf mas Imam, saya tambahkan.
    Saya hanya memaknai konsep ini: (1. Banyak pembaca >> 2. Pembaca suka (share artikel) >> 3. Posisi di SERP naik >> 4. Banyak pembaca)
    Promosi mulut ke mulut bukan blogging dan tidak berhubungan langsung dengan SE tapi bagian dari strategi untuk “memperbanyak jumlah pembaca”, sehingga dapat membantu share ke sosmed, membuat backlink di situsnya dan posisi artikel di SERP naik. Pada akhirnya dapat menempati pageone search engine. Mirip2 dengan iklan di TV lah,,SEO itu bukan ilmu pasti tapi strategi..
    Semakin banyak orang yang share artikel kita, maka semakin tinggi juga ranking halaman kita di google karena google akan memandang halaman tersebut sebagai halaman yang terpercaya.

    Semoga tidak semakin rancu dan membingungkan.

    Selanjutnya mas Imam bisa bertanya langsung pada MASTER Anton yang sudah banyak pengalamannya.

  • #20951
    Imam Munandar
    Imam Munandar
    Participant

    ok deh maksih banget para master, saya sudah lumayan bingung…
    saya hobi sih ngblog, tp percuma juga kan kalo ga banyak yang baca, bener ga mas hehehe

  • #20952
    Husni Cahya Gumilar
    Husni Cahya Gumilar
    Participant

    Boleh tahu blognya mas?

  • #20953
    Imam Munandar
    Imam Munandar
    Participant
  • #20955
    Husni Cahya Gumilar
    Husni Cahya Gumilar
    Participant

    Nah ini contoh backlink mas. hehe
    Cuma linknya spam..heu

  • #20956
    Imam Munandar
    Imam Munandar
    Participant

    oh jadi kita tinggal nyimpen link terus nyuruh orang klik gitu mas, kirain kaya gimana..
    ya udah mas jadi guru SEO saya saja, gmna ? hehehe

  • #20959
    Husni Cahya Gumilar
    Husni Cahya Gumilar
    Participant

    Seperti itu tapi bukan gitu juga kang..itu namanya SPAM. nyimpen linknya harus dalam tulisan yang relevan. Misalnya Kang Imam bikin artikel di blog ini yang berisi “Bosan Ngeblog”, lalu dalam artikel tersebut sisipkan link yang mengarah ke artikel “Bosan Jadi Blogger” di milariartos.blogcepot.

    Catatan saya, kang Imam penulis berbakat. Saya yang seharusnya berguru. Angkat saya jadi muridmu Sense! he

  • #20962
    Imam Munandar
    Imam Munandar
    Participant

    gubrag… malah balik ngledek si mas nya ini, jelas2 si mas nya ini yang lebih jago, saya mah tekhnik2 kaya gitu baru denger kemaren sore..

  • #20964
    Husni Cahya Gumilar
    Husni Cahya Gumilar
    Participant

    Eh bukan ngeledek… Justru sayamah baru denger sore ini. hehe
    Asli artikel-artikelnya keren kang..

  • #20967
    Imam Munandar
    Imam Munandar
    Participant

    ah masa sih kang, kalau ia keren jga pasti google adsense udah mampang d blog saya hehee
    milariartos.blogcepot mah jangan di bahas haha
    mas minta link blog nya mas, kali aja bisa belajar dari sana

  • #20970
    Husni Cahya Gumilar
    Husni Cahya Gumilar
    Participant

    hehe..mungkin ada faktor2 lain yang belum memenuhi keinginan si mbah. he
    husnicahyagumilar,com
    tipsngeblog,com
    zonalibur,com
    kita sama2 belajar…
    blog2cepotmah gk usah tahu. he

  • #20972
    Imam Munandar
    Imam Munandar
    Participant

    ok siap kang…
    maksih banget kang, dari tadi nemenin saya ngeluh hehe…
    sukses terus kang

  • #20973
    Husni Cahya Gumilar
    Husni Cahya Gumilar
    Participant

    siap, sama2..saya juga suka mengeluh, he
    milariartosna sing sukses!

  • #20974
    Imam Munandar
    Imam Munandar
    Participant

    siap kang, hahaha

  • #20975

    Indri Lidiawati
    Keymaster

    Untuk tampil di halaman pertama mesin pencari tidak harus menggunakan seo. Bahkan tanpa ilmu seo pun artikel kita bisa tampil di halaman pertama mesin pencari asalkan artikel kita unik dan berkualitas serta beruntung.

    SEO itu hanya berperan “membantu” alias “mengoptimalkan” artikel/ postingan/ blog saja agar tampil di halaman pertama google. Namun tidak ada jaminan bahwa SEO bisa mendapatkan artikel berada di peringkat paling atas di mesin pencari, karena mesin pencari juga memerangi trik-trik seo yang ia anggap melanggar.

    Semua hasil pencarian terserah algoritma mesin pencari bagaimana ia memilih beberapa dari ribuan artikel yang paling layak untuk ditampilkan kepada penggguna se-relevan mungkin dengan yg pengguna cari. Dan mesin pencari akan memenangkan artikel yang paling berkualitas, orisinil, dan bermanfaat bagi pembaca sebaik mungkin.

    Tunggu pencerahan tambahan dari master seo di bawah ini 😀

  • #20976
    Husni Cahya Gumilar
    Husni Cahya Gumilar
    Participant

    Catatan yang ketinggalan kang Imam, credit link templatenya knp dirubah?

  • #20994
    Imam Munandar
    Imam Munandar
    Participant

    mbak indri. lengkap banget mbak mksih, saya belajar ceo dr Kang Husni hehehe

    kang husni. oh itu ga boleh d rubah ya kang, ya udah saya rubah lagi mas., kirain boleh2 aja d rubah

  • #20995
    Husni Cahya Gumilar
    Husni Cahya Gumilar
    Participant

    Fitnah itu, saya yang belajar dari kang Imam.
    Ya begitulah, bikin template kan susah..Kitamah tinggal pake, biarin aja idetitas dan link pembuatnya tetap ada di situ. Kecuali kalau theme premium yang diizinkan..he

  • #20997
    Imam Munandar
    Imam Munandar
    Participant

    ok siap mas, maaf banget soalnya ga tau hehee
    pitnah mas kita kan orang sunda hehehe

  • #20998
    Husni Cahya Gumilar
    Husni Cahya Gumilar
    Participant

    Oh iya betul, orang Sunda gk bisa nyebut F ya. he
    Gk usah mintah maap, templatenya bukan punya saya. hehe

  • #21087

    masbedjo
    Participant

    saya member baru di sini.. salam kenal semuanya…
    mohon ijin menyimak..

  • #22823

    ziuma
    Participant

    saya ikutan nyimak mas bro dan mbak bro
    diskusinya rame

    • Balasan ini diubah 1 tahun, 8 bulan yang lalu oleh  ziuma.
  • #22839

    kangjum
    Participant

    SEO bagi saya bisa sangat rumit dan juga bisa sangat simpel, tergantung kita menyikapinya. Jika target kita berbeda satu dengan yang lain maka SEO sudah barang tentu juga beda. Tetapi dari semua teknik SEO terbaik yang pernah saya lakukan membuat saya menyimpulkan bahwa menulis untuk manusia adalah SEO terbaik. jadi bukan untuk mesin/target.

  • #26055
    mas pur
    mas pur
    Participant

    cuma bisa membaca dan menyerap…. 😀

  • #26056
    Dias
    Dias
    Participant

    SEO itu penting dan akan tetap penting. jadi harus dipelajari. Jika kita tak mau belajar SEO, kita sendirilah yang akan rugi. Sebuah artikel biasa dengan SEO yang baik, akan sangat mampu bersaing di SE daripada sebuah artikel berkualitas tanpa SEO.

    Yang perlu diingat, jangan lakukan SEO secara berlebihan. Saat dilakukan secara berlebihan, maka hal itu sudah bukan lagi dinamakan SEO yang didalamnya ada “Optimasi”, tapi menjadi suatu usaha untuk melakukan “manipulasi” SERPs.

    SEO yang berlebihan, atau saya lebih suka menyebutnya sebagai usaha me-manipulasi SE atau Blackhat SEO, akan dilawan dan dihukum SE dengan penggunaan Algortima-algoritma baru, yang salah satu tujuannya adalah memberantas segala tindakan atau usaha untuk me-manipulasi SERPs, sehingga SERPs tetap relevan dengan apa yang dicari pengguna.

    Jadi, sebagai Blogger, kita harus belajar, memahami dan menerapkan SEO dengan baik. Tanpa SEO, Anda bukanlah Blogger sejati, karena Blogger sejati akan berusaha sekuat tenaga agar tulisannya dibaca, didengar dan menjadi manfaat bagi banyak orang di dunia. SEO bisa membantu Anda mewujudkannya.

    SEO akan menjadi hal yang rumit, jika Anda menyikapinya secara rumit. Sebaliknya, SEO akan menjadi hal yang mudah, saat Anda menyikapinya dengan mudah, dinikmati sebagai bagian dari aktivitas Blogging, sebagaimana Anda menikmati Pisang Goreng dan secangkir kopi di pagi hari sambil menggerakkan jemari di atas Keyboard. Semoga bermanfaat 🙂

  • #26078

    rikixxx
    Participant

    kalau saya sih setiap update artikel pake kata kunci turunan (ubersuggest) Saya masukin semua di bagian telusur di artikel, dalam 3 harian sudah banyak sekali yang mengunjungi =D Share ke fanspage, medsos laen juga 🙂


Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.