VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Cara Menjadi Orang Tua Yang Bijak Bagi Para Juara (anak)

Hai..hai..hai bagaimana kabarnya? pastinya baik-baik saja kan. Di sini juragan cipir akan berbagi artikel lagi nih. Pastinya artikelnya sangat menarik deh. Jadi jangan bosan-bosan ya untuk membaca lagi. Kali ini juragan cipir akan membagikan sebuah tips bagi orang tua ataupun calon orang tua. Bagaimana sih caranya agar kita bisa menjadi orang tua yang bijak dan disukai anak-anak kita.

mendidik-anak

Bapak Ibu yang Budiman, menjadi orang tua merupakan sebuah amanah yang datang dari Tuhan. Kita diberi Anugrah dengan datangnya anak. Ada beberapa orang sulit untuk mengatur tingkah laku anaknya. Bahkan sebagai orang tua ,biasanya menyalahkan anak jika berbuat salah.

Padahal jika kita ingin merenungkan kesalahan tersebut disebabkan oleh apa? Mengapa ia bisa melakukan hal tersebut?.  Nah semoga artikel berikut ini bisa menjadi salah satu cara untuk bisa menyelesaikan permasalahan tersebut. Berikut adalah caranya:

1. Menjadi Orang Tua Yang Lembut Tetapi Tegas

Kita sebagai orangtua tidak perlu bersikap galak terhadap anak kita.  Mengapa demikian? Apakah jika kita menemui anak kita berbuat salah kita mendiamkan saja Apakah begitu?. Apakah jika anak kita berbuat salah langsung memarahi bahkan sampai main fisik?

Tentu saja tidak Ayah bunda. Maksudnya bukan berarti bersikap lembut tersebut kita membiarkan dan memberi kebebasan semua yang dilakukan oleh anak kita. Namun kita harus memberikan sikap yang terbaik kepada anak kita dan sebaik mungkin yang bisa kita lakukan tanpa harus menyakiti perasaan anak kita.

Sebelum itu kita harus memberikan arahan bisa berupa hal-hal yang memang tidak harus dilakukan oleh anak kita dan hal-hal yang boleh dilakukan oleh anak kita.  Contohnya anak kita sih boleh bermain akan tetapi ada batasan waktunya. Pada saat dia keluar rumah Bisa meminta izin terlebih dahulu.

Namun jika anak kita berbuat sesuatu yang tidak seharusnya diperbuat maka kita pun bisa mengingatkan dengan cara yang baik. Itulah yang dimaksud dengan bersikap lembut tetapi tegas. Sebenarnya kita lah yang menjadi bahan percontohan atau cerminan dari mereka.

2. Memberikan Kepercayaan Kepada Anak

Kita tidak harus memberi tekanan dan juga memberikan berbagai dan banyak sekali aturan-aturan yang membuat anak kita merasa tertekan dan tidak betah di rumah. Jadi anak pun bisa memperoleh haknya sebagai anak yang tidak lain adalah kasih sayang kedua orang tua. Anda bisa memberikan kepercayaan kepada anak.

Maksudnya jika anak tersebut sejak dari kecil patuh terhadap orang tua maka anda tidak perlu gelisah, sebab pastinya mereka akan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Jadi segala sesuatu yang dilakukannya pasti akan berpedoman pada hal tersebut. Jadi Percayalah apa yang diperbuat oleh anak kalian. Memberikan kesempatan kepada anak untuk mengemukakan pendapatnya.

3. Berikan Kasih Sayang Tanpa Harus Memberi Syarat Kepadanya

Jadi anda tidak perlu memanjakan anak anda. Biasanya ada beberapa orang tua yang memberikan syarat tertentu jika iya melakukan perbuatan sesuatu. Seorang anak berbuat baik karena iming-iming hadiah dari orang tua.

Meskipun sesekali itu baik untuk melatih mereka berbuat baik namun jika hal tersebut dilakukan secara terus-menerus itu menjadi tidak baik juga.  Sebab mereka melakukannya agar mendapatkan imbalan.

4. Memberikan Kejutan Kepada Anak

Anak sangat suka dengan Pemberian hadiah terutama dari orang tuanya. Jadi sesekali berilah kejutan kepada mereka biasanya mereka akan merasa senang dan tambah sayang kepada kita. Ini beda dengan yang nomor 2. Hal ini bisa dilakukan dengan spontanitas.

5. Memberikan Senyum Dan Selamat

Ayahanda dan Bunda yang baik. Berilah senyum yang paling manis kepada anak anda di setiap pagi saat akan makan bahkan di setiap saat jika engkau bertemu dengan mereka. Selain itu  jangan lupa berikanlah semangat dan juga selamat kepada mereka terhadap usaha keras mereka. Berbagai usaha yang dilakukan baik sebagai anak sebagai pelajar dan tentunya sebagai Karunia Tuhan yang terbaik bagi kita.

Bagaimana perasaannya sekarang?, meskipun ini artikelnya tidak panjang namun hal ini sangat memungkinkan terjadi pada diri kita ataupun orang disekitar kita tentang sikap orang tua  terhadap anaknya. Jadi jangan bosan-bosan ya menjadi orang tua yang bijak lembut tegas dan menjadi orangtua yang terbaik untuk anak-anak kita.

Demikian artikel dari juragan cipir semoga bermanfaat Sekian dan terima kasih. Jangan lupa ketahui juga Cara Jitu Mengatasi Rasa Sedih dan Gelisah.

(By Pak TOP)

18 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *