VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Cara Mengelola Blog Dalam Jumlah Banyak Untuk Optimasi Adsense

Halo juragan… Memiliki blog banyak adalah salah satu teknik mengoptimalkan pendapatan adsense. Namun jika kita salah dalam pengelolaan maka akan membuat blog-blog tersebut terbengkalai. Saat ini saya memiliki setidaknya 35 blog yang ada iklan adsensenya, dan jumlah itu akan terus bertambah.

Dan kesemua blog tersebut masing-masing menyetorkan uang setiap hari meskipun sedikit. Tetapi sedikit demi sedikit jika ada banyak blog maka cepat terkumpul, dan itulah yang bisa membuat kita bisa payout setiap bulan.

Mengapa saya memutuskan memiliki banyak blog? Silakan teman-teman simak ulasan saya dalam sejarah bermain adsense.

1. Pada awal tahun 2010 saya hanya memiliki satu blog bahasa inggris, karena bahasa indonesia belum didukung adsense pada waktu itu. Beberapa hari sekali saya menulis artikel, maklum saya tidak bisa berbahasa inggris sehingga tidak bisa update normal setiap hari. Setelah satu tahun bersusah payah mengelola blog, maka trafikpun mulai tinggi dan akhirnya menjelang payout.

Namun payout belum  kesampaian ternyata blog saya keburu dibanned karena mencampur bahasa yang tidak didukung, yaitu bahasa indonesia. Awalnya saya hanya ikut-ikutan teman menulis bahasa indonesia tetapi akhirnya keenakan. Teman-teman banyak yang beruntung tidak dibanned karena beberapa bulan kemudian bahasa indonesia telah didukung adsense. Kerja keras saya selama setahun musnah tanpa bekas. Jadi selama ngeblog setahun (2010-2011) saya belum pernah payout.

2. Tahun 2011 saya memulai lagi membuat blog baru. Seperti sebelumnya, saya mulai menulis artikel bahasa inggris satu persatu. Agar earningnya meningkat maka saya belajar SEO onpage dan offpage untuk menaikkan trafik.

Hasilnya? Trafik saya benar-benar naik setelah saya kelola selama setahun. Tapi ketika menjelang payout ternyata blog saya dibanned lagi karena melanggar pedoman mutu webmaster. Akhirnya kerja keras saya selama setahun (2011-2012) musnah tanpa bekas lagi.

3. Pada tahun 2012 saya berhenti ngeblog selama setahun karena saya putus asa. Namun sebelum menutup komputer, saya membuat blog Juragan Cipir ini untuk menyimpan unit iklan adsense agar akun saya tidak dinonaktifkan. Karena akun yang tidak aktif akan didisabled oleh google. Saya bermaksud suatu saat nanti akan memulai adsense lagi jika sudah tiba saatnya.

4. Pada tahun 2013 saya mulai menulis lagi di blog Juragan Cipir ini. Namun kali ini saya tidak akan menggantungkan nasib hanya pada satu blog saja. Saya langsung membuat 14 blog sebagai cadangan agar jika sewaktu-waktu ada blog yang dibanned lagi saya masih memiliki banyak blog yang menghasilkan. Kesemuanya blog tersebut memiliki artikel tetapi hanya sediki saja, jadi saya tidak langsung memasang iklan adsense di atasnya.

Kemudian saya menambahi artikel setiap blog hingga mencapai sekitar 200 artikel, lalu saya pasangi iklan GA di dalamnya. Setelah itu saya mengisi blog satunya lagi dengan sekitar 200 artikel juga, lalu saya pasangi iklan GA lagi. Sampai akhirnya saya memiliki 35 blog yang masing-masing bertrafik yang lumayan untuk sekedar sarapan pagi.

(Baca juga: Perbedaan Blog Banyak Dan Blog Sedikit Untuk Adsense)

* Namun saya lebih sering berlabuh di blog ini. Beberapa hari kemarin saya mulai mengisi blog satunya lagi dan saat ini mulai ada sekitar hampir 100 artikel dengan niche tertentu di blog tersebut. Jika sudah ada 200 artikel nanti akan saya pasangi iklan lagi, lalu saya tinggalkan untuk mengisi blog satunya lagi. Mungkin akhir bulan ini saya sudah memiliki persediaan lebih banyak blog aktif dan kesemuanya bekerja untuk saya hehehe ๐Ÿ˜€ (sekedar motivasi).

* Dengan kata lain adalah saya ternak blog untuk dipakai sendiri. Dan blog juragan cipir ini merupakan blog kesayangan saya yang paling sering saya singgahi.  Terkadang saya melepas iklan di blog ini selama berhari-hari, tetapi earning adsense tetap jalan terus. Karena saya telah menanam telur di blog-blog saya yang lainnya.

* Saya bisa menulis cepat karena saya tidak terlalu pusing-pusing memikirkan kualitas artikel untuk blog ternak saya. Mereka hanya blog pendukung saja. Isinya adalah kegiatan saya sehari-hari saja yang penting saya bisa cepat memiliki artikel banyak. Dan pada kenyataannya ternyata tulisan sejelek apapun jika orisinil maka pasti ada saja yang baca. Bahkan, 35 blog dengan artikel asal-asalan tersebut sanggup mengalahkan CTR di blog juragan cipir ini dan mereka setor setidaknya 2000 klik dalam sebulan.

Kesimpulan:

1. Jangan menyimpan telur dalam satu sarang. Karena jika sarang tersebut jatuh maka telur-telurnya akan pecah semua.

2. Jangan hanya memasang guci di satu pancuran. Jika anda memasang guci di banyak pancuran, maka guci anda akan cepat penuh dengan air.

3. Jangan mengandalkan satu blog jika bermain adsense, karena jika dibanned kita masih memiliki blog-blog lainnya. Selain itu, blog yang banyak akan lebih cepat mengumpulkan uang karena masing-masing blog memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Jika blog yang satu earningnya sedikit, maka blog lainnya memiliki earning yang melimpah dari biasanya. Kita akan tahu perbedaan kinerja blog jika kita telah memiliki setidaknya 5 buah blog. Masing-masing blog terkadang pintar dan terkadang bodoh.

^^ Dengan cerita di atas semoga teman-teman bisa menentukan langkah terbaik dalam mengais pundi-pundi dollar melalui adsense. Oleh karena itu silakan teman-teman baca juga postingan saya satunya tentang Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense Dengan Ektensifkasi Blog.

50 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *