VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Cara Mengasyikan Belajar Bahasa Pemrograman

Halo juragan, bagi yang sedang mencari tempat atau lebih tepatnya situs buat belajar bahasa pemrograman ada referensi nih. Kunjungi situs ini Code Academy. Mungkin baru kali ini saya menemukan situs tempat belajar bahasa pemrograman yang saya anggap akan cocok untuk siapapun termasuk bagi para pemula seperti saya. Judul artikel ini bukan sekedar omong kosong, silahkan coba belajar di situs tersebut dan rasakan apakah mengasyikan atau tidak. Jika tidak berarti Anda kurang berminat dan tidak usah dilanjutkan 😀

Beberapa hal yang saya anggap membuat pembelajaran menjadi mengasyikan adalah :

  • Menggunakan metode interaktif, di situs tersebut Anda tidak akan belajar hanya dengan membaca, tapi langsung praktek!
  • Banyak meteri yang tersedia, mulai dari HTML, CSS, PHP, MySQL, Javascript, JQuery, Ruby sampai Python pun Ada. Python adalah bahasa pemrograman powerfull yang saat ini digunakan oleh Google untuk merancang YouTube dan contoh situs lain yang menggunakan Python adalah dropbox.
  • Metode pembelajaran efektif, jika Anda bersungguh-sungguh ingin bisa, full 1 hari saya yakin Anda bisa menguasai materi HTML dan CSS.
  • Progress, setiap kali Anda menyelesaikan materi dari situs tersebut maka itu akan terekam di progress pembelajaran Anda melalui halaman profil dan Anda akan mendapatkan poin, ya tidak berbeda jauh dengan sekolah. Guru memberi kita tugas, jika kita kerjakan dengan benar maka kita akan mendapat nilai/point.

Apakah Saya Perlu Belajar Yang Beginian?

Tergantung, perlu atau tidaknya ya Anda sendiri yang harus menjawab tapi menurut saya jika memang Anda serius di dunia blogging minimal Anda perlu menguasai HTML dan CSS. PHP bisa dikesampingkan jika memang Anda menggunakan CMS seperti wordpress dan blogger (meskipun sebetulnya perlu juga). HTML dan CSS akan berguna jika Anda senang merubah tampilan website dan segala macam yang berhubungan dengan design website. HTML juga akan mengajari kita mengenai struktur kode dari sebuah website yang umumnya terdiri dari 2 elemen dasar yaitu <head> dan <body>.

Agar lebih mengasyikan lagi, belajarlah ketika ada waktu luang. Berapa jam Anda menghabiskan waktu di depan komputer? Berapa jam Anda menghabiskan waktu untuk membuat postingan di blog? Jika ada waktu sisa tidak ada salahnya digunakan untuk belajar di Code Academy. Dalam kurun waktu 1 bulan jika memang Anda rutin dan bersungguh-sungguh setidaknya Anda bisa menguasai lebih dari 5 materi bahasa pemrograman, kan lumayan :D!

Dari Mana Saya Harus Mulai?

Saya sarankan Anda mulai belajar HTML dan CSS dulu. Di Code Academy, HTML dan CSS menjadi materi yang satu paket sedangkan PHP dan lain-lain terpisah. HTML adalah sekumpulan perintah-perintah dasar yang akan diinterpretasikan oleh browser yang kita gunakan. Halaman situs juragancipir ini contohnya, terdiri dari kode HTML yang selanjutnya di visualisasikan oleh browser menjadi seperti apa yang kita lihat sekarang ini sedangkan CSS menjadi satu bagian tak terpisahkan dari HTML. CSS mengatur seperti apa seharusnya kode HTML itu ditampilkan oleh browser yang secara umum meliputi design apakah itu warna, jenis huruf, ukuran huruf dll.

Setelah itu Anda bisa lanjut mempelajari PHP. PHP merupakan sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengolah data dari server untuk ditampilkan di website. Ketika HTML dan PHP digunakan secara bersama-sama maka hampir tidak ada yang tidak bisa Anda lakukan dalam hal membuat website. Facebook contohnya, Secara sederhana Facebook = HTML + PHP + MySQL (untuk urusan databse nya).  Sekian info dan sharing dari saya, semoga bermanfaat.

Jangan lupa simak juga Cara Mudah Editing File WordPress.

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *