VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Cara Mem-Back Up File Blog WordPress Self Hosting

Halo para sahabat setia blog juragan cipir… Back Up file blog wordpress adalah semua isi website di blog wordpress kita mulai dari isi postingan, isi laman, komentar pembaca, dan semua file yang tersimpan di website kita, termasuk teks, video, gambar, dll.

Yang dimaksud mem-back up file adalah kita mendownload semua isi website milik kita tersebut dalam format file xml, lalu kita menyimpannya di tempat penyimpanan file yang aman, misalnya di komputer, di flashdisc atau hard drive, USB data, dll.

 

Cara Mem-Back Up File Blog WordPress Self Hosting

 

Dengan kata lain, mem-back up file website adalah memindahkan semua isi website kita di internet ke dalam komputer. Atau juga kita juga bisa menyimpan file back up website milik kita tersebut di tempat-tempat penyimpanan file di internet seperti Google Drive agar file tidak bisa rusak.

Namun jika kita menyimpan file back up website milik kita tersebut di Google Drive, maka pastikan kita menyetel opsi berbagi ke setelan “pribadi” agar file back up kita tidak bisa di download oleh orang lain. Penjelasan selengkapnya tentang cara menyimpan file di google drive silakan teman-teman baca Cara Menyimpan File Data Dokumen Anda di Internet Agar Aman Tidak Rusak

.

Mengapa kita perlu mem-back up file website milik kita?

Karena untuk berjaga-jaga jika ada kesalahan teknis atau jika ada masalah apapun yang menimpa website kita, maka seluruh isi dari website kita tersebut tidak bisa hilang karena telah kita simpan sebagai file xml di komputer kita. Inilah yang dimaksud dengan mem-back up (mengamankan) file website secara manual.

Berapa kali dalam sebulan kita mem-back up file website?

Tergantung frekusensi update kita. Jika kita rutin update artikel setiap hari, saya sarankan anda memback up file website anda seminggu sekali, dan file back up yang lama silakan dihapus agar anda tidak bingung mengetahui mana file back up yang paling terakhir.

Cara mem-back up file yang akan saya sampaikan berikut ini adalah untuk mengamankan file di blog wordpress self hosting. Sedangkan untuk mengetahui bagaimana cara mem-back up file di blog blogger, silakan teman-teman baca Tips/Cara Eksport Blog, Import Blog dan Hapus Blog di Blogger.

Bagaimana cara mem-back up file di blog worpress?

Pertama, silakan anda login ke dasbor wp-admin blog wordpress anda, lalu klik Tools/Perkakas, lalu pastikan anda mencentang “Semua isi” atau “All contents“. Kemudian klik Unduh Berkas Ekspor atau Download Export File” dan tunggu sampai file selesai terdownload. Lihat gambar di bawah ini contohnya.

 

Cara Mem-Back Up File Blog WordPress Self Hosting

 

Catatan:

Jika anda masih pertama kali meng-ekspor/mem-back up file di blog wordpress anda, maka sebelum mengunduh file anda akan diharuskan menginstal plugin WordPress Importer yang nantinya akan tampil disitu ketika anda hendak melakukan back up file.

Setelah selesai memback up silakan di-uninstal lagi plugin wordpress importer-nya agar tidak memberatkan loading blog, dan berikutnya anda tidak perlu lagi menginstal plugin WordPress Importer ketika hendak melakukan back up lagi di kemudian hari karena plugin tersebut telah tersimpan di database di cpanel anda. Anda cukup klik Import saja maka file back up akan terunduh ke komputer anda.

Dan selanjutnya silakan simpan baik-baik file back up tersebut agar jangan sampai di gondol kucing atau tikus hehehe 😀

Sekian dulu info yang bisa saya bagikan ke teman-teman tentang cara mengamankan file website. Jangan lupa baca juga Keuntungan Menggunakan Blog WordPress Self Hosting.

21 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.