VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Cara Cepat dan Tepat Menghindari Dehidrasi Saat Berpuasa

Hai…hai…hai.. para juragan, masih kuat ya puasanya. Tinggal Beberapa hari aja heheh. Ok deh kali ini artikel terbaru dari juragancipir tentang Ramadhan. Pastinya menarik juga. Kita semua sudah mengetahui ya.. bagi umat muslim diwajibakan menjalankan ibadah puasa Ramadhan sebulan penuh.

Saat berpuasa terkadang merasa lemas dan bisa juga kekurangan cairan yang biasa disebut dehidrasi. Sebelum kita membahas cara menanggulanginya. Kita pelajari lebih lanjut ya mengapa seseorang bisa terkena dehidrasi. Simak juga Sakit Maag Ternyata Menjadi Ibadah Saat Puasa Ramadhan.

muslimah-minum-air

Seseorang bisa dihidrasi karena tubuh terjadi gangguan tentunya, yakni kehilangan cairan tubuh yang dibarengi dengan keseimbangan terganggu terutama zat elektrolit pada tubuh. Selain itu terjadi karena kekurangan zat natrium dan air. Kita juga mengetahui ya Dehidrasi dibagi menjadi 3 tingkatan. Jadi kita juga harus mengetahui kita pada saat dehidrasi pada tingkat yang mana.

  1. Dehidrasi Ringan (Penurunan cairan dalam tubuh sekitar 5% dari berat tubuh).
  2. Dehidrasi Sedang (Terjadi penurunan cairan tubuh sekitar 5-10% dari berat badan).
  3. Dehidrasi Berat (Hal ini terjadi jika cairan mengalami penurunan hingga 10%).

Nah kita sudah bisa mengira-ngira ya jika terjadi dehidrasi sebarapa lemas dan seberapa cairan yang hilang nantinya.

Dehidrasi pasti akan mengganggu aktivitas kita tentunya. Termasuk pada saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Berikut adalah cara mengantisispasi saat sahur dan berbuka tentunya sebagai berikut yang harus dilakukan:

1. Minum Air Putih yang cukup Waktu antara Sahur dan Berbuka

Penelitian yang ada, sangat menyarankan kita meminum air sekitar 8 gelas tiap harinya. Meskipun kita berpuasa ini juga berlaku. Maka hal yang harus disiasati dengan cara minum 2 gelas ketika berbuka, 4 gelas saat malam dan 2 gelas saat sahur.

Namun yang harus diperhatikan jangan sampai terlalu banyak minum saat berbuka. Biasanya kita menghajar semua minuman kayak esbuah, es cendol, kolak dan lain-lain. Pada hal tubuh juga punya takaran lo tentang cairan tadi. Namun bisa cukup menghilangkan rasa haus atau yang tadi sekitar dua gelas saat buka dan setelah makan berbuka puasa.

2. Hindari Jangan Terlalu Banyak Tidur saat Puasa

Ya.. aktivitas ini ternyata juga bisa mengakibatkan dehidrasi lo juragan… Banyak tidur, kok bisa ya..? Kalian mungkin pernah meraskan setelah bangun tidur yang cukup lama badan terasa lemas.

Semangat juga ikut hilang, karena tubuh saat kita tidur juga cairan berkurang ternyata. Ya.. karena saat kita tidur terjadi pembakaran juga terjadi. Dalam tubuh sedang mencerna makanan yang kita buat sahur atau berbuka puasa tadi. Simak juga Ternyata Insomnia Dapat Teratasi Dengan Cara Berdzikir.

3. Kita disarankan Mengindari Kafein dan Minum SODA saat Sahur

Bahwa jika kita minum minuman bersoda memang menyegarkan, benar bukan!. Tenaga yang tadinya sudah hilang terasa kemabali 100 persen. Nah yang perlu juragan tahu, efek dari minum soda banyak tadi kerongkongan akan terasa kering dan lidah akan terasa tidak enak. Tidak hanya itu, perut kita akan terasa tersisi penuh.

Ya tidak lain adalah udara tentunya. Maka disarankan perbanyak saja minum air putih itu lebih menyehatkan dibanding banyak minum minuman bersoda. Begitu juga halnya dengan minum kopi. Jika juragan ingin minuman hangat bisa minum teh hangat itu lebih sehat juga. Tapi janagn kebanyakan gula ya.. hati-hati dengan kadar gulanya bagi yang punya penyakit itu.

4. Mengurangi aktivitas yang tidak dibutuhkan atau sia-sia

Contohnya seperti apatuh…! Ya ada orang yang sanagt berniat sekali menurunkan berat badan disaat bulan puasa. Sehingga ia berolahraga dengan semangat saat siang hari. Alasannya untuk membakar lemak.

Namun tahukah efeknya nanti pasti bebrapa jam akan terasa lemas. Ya memang lemaknya terbakar namun jangan salah anda juga akan kehilangan cairan lebih cepat daripada biasanya. Pada akhirnya akan dehidrasi deh.

5. Mengonsumsi Buah yang Mengandung Banyak Air

Jika para juragan ingin terhidar dari dehidrasi sebaiknya juga mengonsumsi buah yang mengandung banyak air. Menikmati buah-buah segar sangat nikmat. Bisa kalian memakan buah melon, semangka, jeruk manis, pir dan lain sebagainya. Jangan sampai ngiler ya membaca yang ini. Selain kita bisa mencukupi kebutuhan air, kita juga memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh juga.

Semoga Ibadah Puasa Ramadhan kita ini bisa lancar. Tanpa harus dehidrasi meskipun sedang bekerja. Jadi, jaga kesehatan dengan hal yang sehat pula. Tetap semangat dan Terima Kasih. (By Pak TOP)

Jangan lupa simak juga 7 Tips Trik Menjadikan Kulit Anda Lebih Cerah dan Sehat Alami.

8 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.