VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Cara Belajar Memperbaiki Kekurangan Blog Menjadi Sempurna

Halo juragan… Ketika anda mengunjungi sebuah blog yang anda temukan di halaman pencarian, pasti blog tersebut akan memberikan kesan pertama kepada anda. Dan kesan pertama itu relatif, tergantung bagaimana anda menilainya. Namun ada 2 hal pokok dalam kesan pertama, yaitu senang dan tidak senang.

Entah anda senang atau tidak senang dengan blog itu, pasti anda akan meneruskannya dengan mencari informasi yang seperti anda lihat di mesin pencari tadi di blog itu.

Selanjutnya anda juga akan mendapat dua jawaban;
1. Menemukan informasi yang anda cari
2. Tidak menemukan informasi yang anda cari

Jika blog itu memberikan jawaban yang anda cari, maka anda akan melanjutkan membaca, menyimak dengan seksama, menavigasi artkel-artikel lainnya. Dan bahkan anda mem-bookmark-nya.

Tetapi jika blog tersebut tidak memberikan jawaban atas informasi yang anda cari, maka anda akan meng-klik tanda X di sudut kanan atas, atau klik tanda panah di sudut kiri atas. Atau dengan kata lain anda segera meninggalkan blog itu.


Tapi tunggu dulu;
Jangan buru-buru anda meninggalkan blog tersebut sebelum anda mendapatkan suatu manfaat dari blog tersebut. Yaitu manfaat lain yang sebelumnya tidak anda cari.

Tanyakan pada diri sendiri beberapa hal;
( i ) Apakah blog sedap dipandang?
( ii )Apakah bahasa serta penulisannya baik dan benar?
( iii ) Apakah blog itu menyediakan fasilitas menyenangkan bagi anda, seperti navigasi yg jelas dan lain-lain?
( iv ) Apakah anda suka dengan sesuatu yang ada di blog itu?

Selanjutnya sebuah inspirasi akan muncul di kepala, lalu terapkanlah di blog anda. Maka tanpa terasa blog kita akan semakin sempurna dan bisa memberikan sesuatu yang menyenangkan kepada para pembaca.

Dengan kata lain, belajarlah dari blog lain untuk menilai dan memperbaiki blog anda. Dan hindari sesuatu yang tidak anda sukai di blog lain berada di blog anda.

Semakin banyak belajar dari blog lain maka akan semakin bermanfaat blog kita bagi pembaca. Blog yang bermanfaat adalah blog yang memiliki konten yang bermanfaat bagi pembaca dan juga bagi anda. Jika hanya bermanfaat bagi diri anda sendiri namun tidak bermanfaat bagi orang lain, maka orang yang senang membacanya adalah anda sendiri 🙂

Dasar-dasar blog yang disukai pembaca adalah blog memiliki isi yang bermanfaat dan menyediakan navigasi yang mudah dan jelas, serta tampilan bacaannya tidak menyiksa mata pembaca.

Kekurangan di blog kita bisa kita ketahui dengan melihat kekurangan yang ada di blog lain. Karena dengan melihat sesuatu yang buruk di blog lain maka kita tidak akan menerapkan di blog kita.

Sebagai contoh, cobalah melihat blog anda pertama dulu ketika bisa membuat blog. Mungkin pada waktu itu blog anda terlihat menarik, baik tampilan maupun tulisannya. Tapi sekarang lihatlah blog anda pertama itu dengan kacamata anda sekarang. Pasti anda akan tersenyum geli, karena blog anda yang pertama tersebut ternyata hanya terlihat menarik bagi anda sendiri 🙂 Maka anda tidak akan berani menggunakan gaya lama lagi, kecuali gaya baru.

Semoga sekilas coretan ini bisa memberikan secuil manfaat bagi kita semua. 

53 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.