VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Blogger Memang Gitu Orangnya

Blogger adalah sebutan bagi pemilik blog yang menjadi tempat untuk berbagi informasi, berbagi cerita, berbagi ilmu, berbagi pengalaman ataupun sebagai sumber penghasilan. Meskipun secara sekilas sebutan blogger identik dengan salah satu produk google, tapi secara umum sebutan blogger adalah untuk semua pemilik blog (Web-Blog) tidak peduli platform apa yang digunakan untuk membangun blognya.

blogger

Dewasa ini blogger dituntut untuk lebih mengembangkan kemampuannya yang terkadang terlihat sepele namun sangat penting untuk dikuasai. Sebagian blogger menghabiskan banyak waktu dan tenaganya melakukan beberapa rutinitas sederhana untuk pengembangan blognya. Berikut beberapa kegiatan rutin dan hal-hal yang terkait erat dengan seorang blogger yang mungkin sudah anda tahu.

Membaca

Blogger memiliki kemampuan membaca yang baik. Sebagai seorang blogger, membaca merupakan kegiatan yang wajib dilakukan setiap harinya. Membaca dan menyerap informasi yang ada dalam sebuah tulisan sangat penting untuk menambah wawasan bagi seorang blogger. Sumber bacaan bagi seorang blogger bermacam-macam, bisa dari media offline, online, koran, majalah, situs berita, blog besar maupun kecil bahkan bungkus kacang goreng yang berisi informasi produk (brosur) pun dibaca hingga tuntas.

Menulis

Menulis bagi seorang blogger merupakan lanjutan dari proses membaca. Menciptakan sebuah karya untuk ditampilkan kedalam blog kesayangan merupakan hal yang paling menyenangkan bagi seorang blogger. Tulisan dari berbagai sumber maupun inspirasi dari hasil brainstorming dengan google, yahoo, bing, ask dan lainnya haruslah unik dan tidak melanggar hak kekayaan intelektual milik orang lain.

Menulis, bukan berarti harus menggunakan pulpen dan kertas. Menulis bagi seorang blogger bisa menggunakan media apa saja. Jaman sudah semakin canggih kegiatan menulis sudah tidak lagi terpaku pada pensil, pulpen dan kertas. Bagi blogger, media menulis bisa berupa handphone, smartphone, tablet, laptop, ataupun pc. Mungkin sebagian blogger sudah lupa kapan terakhir kali mereka memegang pensil atau pulpen kecuali bagi blogger yang masih menempuh jenjang pendidikan.

Mendengar

Sebagian blogger merupakan pendengar yang baik. Bahkan Blogger mampu menyimak sebuah tontonan dari sisi yang berbeda dengan baik. Misalnya pada saat menyaksikan siaran langsung sepak bola, selain menangkap secara visual dan menyaksikan aksi klub idolanya bertanding, seorang blogger juga mendengarkan dengan seksama penyampaian dari komentator acara tersebut.

Bagi seorang blogger hal tersebut merupakan sumber tulisan yang potensial untuk mengisi blognya. Bayangkan, acara bola selama 45 menit dengan ocehan komentator tiada henti berpotensi menghasilkan artikel dengan panjang yang maksimal. Konon katanya Standarisasi untuk sebuah artikel yang rekomended agar SEO friendly adalah minimal terdiri dari 400 kata.

Jadi, anda dapat menemui seorang blogger jika membutuhkan teman curhat dan menyampaikan segala uneg-uneg, pasti mereka akan mendengarkan segala cerita keluh kesah anda dengan tenang, tapi jangan kaget jika setelahnya ia akan mengambil alat tulisnya untuk merangkum semua cerita dan kisah anda kemudian menjadikannya bahan artikel untuk blognya. Dan jika foto anda disematkan dalam tulisannya, anda pun berpotensi menjadi terkenal. Blogger memang gitu orangnya.

Imajinatif

Bagaimana mengembangkan sebuah kata, tema, judul, kalimat menjadi sebuah artikel yang terdiri dari beberapa paragraf, beberapa kalimat, beberapa keyword, sehingga ketika dipublish akan mudah ditemukan mesin pencari dan langsung nangkring dihalaman pertama pencarian berdasarkan kata kunci yang ditarget tanpa harus susah-susah mencari backlink dan nyepam kesana kemari.

Menyusun kalimat yang tertata rapi agar user friendly (ramah kepada pengunjung blog) sekaligus bot friendly (ramah terhadap robot pencari) tidaklah mudah. Dibutuhkan daya imajinasi yang tinggi untuk melakukannya.

Sebuah tulisan juga terkadang memerlukan gambar untuk memberikan informasi tambahan mengenai tulisan yang sedang dibuat. Untuk tulisan yang bersifat tutorial akan lebih mudah untuk mencari gambar yang relevan karena dapat memanfaatkan kamera handphone atau dengan cara screen capture pada handphone atau komputer, jika tutorial yang dibuat berkaitan dengan penggunaan komputer atau handphone.

Tapi untuk tulisan yang bersifat ungkapan isi hati, pendapat, atau hal lainnya haruslah mampu menampilkan gambar yang relevan agar pembaca dapat membayangkan dan mendapatkan gambaran tentang arah dari tulisan yang dibacanya.

Mencari gambar memang bukanlah hal sulit, karena banyak website penyedia gambar online yang membolehkan gambarnya digunakan secara gratis. Namun mencari gambar yang relevan dengan tulisan yang dibuat terkadang sedikit sulit. untuk itu pula-lah seorang blogger wajib memiliki daya imajinasi yang tinggi sehingga ketika sebuah tulisan membutuhkan gambar dan gambar yang sesuai dengan tulisan tidak ditemukan maka mampu menciptakan gambar baru untuk tulisannya.

Peka terhadap lingkungan sekitar

Sebagai blogger harus peka dengan lingkungan sekitar ataupun fenomena yang menjadi tren di masyarakat. Untuk menampilkan konten yang selalu up to date. Kejadian apa saja bisa menjadi inspirasi untuk tulisan di blog. Semut berbaris didinding pun bisa jadi bahan artikel yang dapat menembus halaman satu pencarian google.

Mungkin terlihat seperti Jurnalis media berita pada umumnya yang selalu berburu cerita baru setiap harinya. Tapi salah satu pertimbangan seorang blogger dalam menciptakan sebuah tulisan adalah bagaimana tulisan yang dibuatnya dapat bertahan lama, setidaknya bagaimana tulisan yang dibuatnya akan tetap relevan untuk 2-3 tahun kedepan atau bahkan lebih lama, yang dalam dunia blogging biasa juga disebut dengan artikel abadi atau secara teknis disebut juga Evergreen topics.

Tapi kenapa harus halaman satu pencarian google? Entahlah, bisa ada dihalaman satu halaman pencarian menghadirkan rasa yang berbeda bagi pemilik blog.

Uang

Blogger tidak selalu tentang uang. Memang sebuah blog dapat dimonetise untuk menghasilkan uang. Tapi bagi beberapa blogger, Uang bukanlah hal utama meskipun tidak dipungkiri juga bukanlah hal yang terakhir, apalagi bagi blogger yang membutuhkan biaya sewa hosting dan domain.

Bagi seorang blogger yang terpenting adalah bagaimana menyajikan informasi yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung blognya tanpa merugikan pihak lain. Yaa .. blogger memang gitu orangnya.

Bagaimana dengan anda? apakah anda sudah tertarik menjadi blogger atau sedang menggeluti dunia blogging?

Blogger memang gitu orangnya. Apa saja bisa menjadi bahan tulisan untuk blognya. Jangan kaget jika saat berkumpul dengan kawan anda yang seorang blogger, anda akan dijadikan bahan tulisannya karena anda unik. Seperti Ibu Sumiyem yang jadi populer karena foto cantiknya tampil menjadi penghias tulisan di salah satu artikel juragan cipir.

Demikian sedikit kisah mengenai blogger yang memang gitu orangnya. Semoga terhibur.

Penulis : Satriya

11 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.