VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Blog Terkena Deindex Ternyata Bisa Menyebabkan Sakit Gigi

Halo juragan… Deindex adalah disisihkannya artikel dari hasil penelusuran google. Bukan berarti artikel tidak diindeks oleh google. Artikel tetap terindeks oleh google namun tidak ditampilkan pada hasil penelusuran, melainkan dimasukkan ke dalam “hasil penelusuran yang disisihkan” di halaman paling akhir. Tidak mungkin pengguna akan membuka hasil penelusuran yang disisihkan tersebut. Dalam satu blog, tidak semua artikel kita disisihkan dari hasil penelusuran pada saat terkena deindex. Namun artikel yang selamat akan turun peringkatnya dan akan terusir dari halaman pertama google.

Penyebab deindex adalah ditemukannya pelanggaran webmaster google oleh si robot dan deindex itu memang ada. Saya baru sekali ini merasakan dahsyatnya blog terkena deindex selama menjadi blogger. Ternyata berbeda dengan trafik turun. Deindex bukan trafik turun, tetapi trafik hilang. Dari 10 ribu pageview perhari bisa menjadi seratus pageview perhari dalam 48 jam. Rasanya blog seperti kiamat.

* Blog ini saya ketahui terkena deindex atau tendangan algoritma google akibat terlalu banyak memasang link iklan mandiri yang didukung oleh hosting kuat. Akibatnya blog ini tidak mampu karena backlinknya tersedot habis dan akhirnya trafik langsung anjlok alias turun drastis selama beberapa hari kemarin. Dan bertianya saya posting di Trafik Blog Anda Turun Tiba-tiba? Begini Cara Mengatasinya.

Pada awalnya blog ini memiliki peningkatan trafik yang signifikan setelah saya mengganti template blog ini dengan template responsive valid HTML5 Kompi Males buatan mas +Adhy Suryadi . Trafik yang tadinya hanya 5.000 pageview perhari mendadak naik menjadi 10.000 pageview perhari hanya dalam sebulan.

Saking senangnya saya langsung memasang link iklan sebanyak 4 buah dan semua iklan tampil di setiap halaman. Namun sayang, memasang link dofollow milik situs lain yang terlalu banyak ternyata bisa menumbangkan blog kita sendiri jika blog kita tidak didukung oleh backlink yang kuat. Setelah sekitar 3 hari saya memasang iklan mandiri di blog ini ternyata trafik turun drastis. Dari 10.000 pageview turun menjadi 9.000 ribu pageview, dan kemudian langsung anjlok menjadi sekitar 1000 pageview perhari, lalu turun lagi menjadi 100 (seratus) pageview. Lihat gambar dibawah ini.

Apa hubungannya dengan sakit gigi? 
Ternyata segala sesuatu yang terjadi pada blog atau website bisa berimbas pada si empunya blog. Trafik blog hilang mendadak tanpa diduga tersebut langsung membuat saya sakit gigi. Saya selama 3 hari tidak bisa update artikel dan membalas komentar maupun berkunjung balik ke blog teman-teman. Karena selama 3 hari gigi saya rasanya cenut-cenut seperti ditarik-tarik pakai tang besi, terus ditambah lagi sakit kepala yang rasanya kepala seperti mengeluarkan suhu. Mungkin pada saat itu algoritma google juga menyusup ke si empunya blog, hehehe ๐Ÿ˜€

Setelah 3 hari saya browsing di webmaster central untuk mengatasi blog terkena deindex, akhirnya saya nemu juga solusinya. Mulai hari ini trafik kembali merangkak naik dengan ditandai laporan pengunjung online di histats dan google analytucs mulai membaik. Namun belum normal seperti semula.

* Saya mengatasinya dengan memperbaiki blog di 3 tempat, yaitu di blogger, di webmaster tools dan di google analytics.

Di blogger saya mengurangi link iklan mandiri (iklan adsense juga ikut dicopot agar tidak dibanned), lalu mempublish ulang semua artikel di blog agar kembali segar. Karena banyak artikel disisihkan dari hasil penelusuran oleh google ketika saya periksa di mesin pencari.

Di webmaster tools saya mem-fetching url utama, rss feed dan rss comments, lalu saya juga men-submit ulang sitemap. Selain itu saya juga melakukan penghapusan url 404.

Di google analytics saya memeriksa laman landas. Lalu saya mengedit ulang artikel berkualitas yang tidak bisa lampil di laman landas, serta mengedit ulang artikel populer yang terlempar dari laman landas.

* Hasilnya? Alhamdulillah, pengunjung online di histats maupun di google analytics mulai terlihat berdatangan dari mesin pencari dan silih berganti, bahkan tengah malam banyak terlihat pengunjung online. Padahal kemarinnya di siang bolong seringkali tidak ada pengunjung online sama sekali, kecuali hanya sesekali saja ada beberapa pengunjung dari google plus. Dan pada saat saya menulis artikel ini jam 01.00 malam menjelang pagi (dini hari), terlihat ada peningkatan pengunjung online di histats maupun google analytics. Terima kasih ya Allah, ternyata kerja keras saya selama 3 hari Engkau berikan hasil juga.

Sitelink kembali muncul, namun beberapa jam kemudian hilang lagi. tapi itu tidak masalah karena google masih menata ulang setelah blog ini saya fetching di webmaster tools.

Bagaimana rasanya orang yang blognya terkena deindeks?
Tidak berbeda jauh dengan blog yang dibanned oleh google adsense. Kecewa, sedih, gelisah, jengkel, marah, gondok, semuanya bercampur menjadi satu. Bagaimana tidak, trafik yang kita dapat dengan susah payah siang malam sampai makan dan tidur tidak teratur, ternyata hilang dalam sekejap. Dan untuk memulihkan lagi seperti semula perlu waktu tidak sebentar serta harus ditebus dengan sakit gigi juga.

Tapi akhirnya sekarang trafik mulai menanjak lagi dan semoga tidak terlalu lama bisa pulih seperti sediakala. Mungkin sebagian orang tidak tahu bahwa blog yang terkena deindex terkadang bisa menyebabkan pemilik blog sakit gigi, tapi saya tahu karena saya telah mengalaminya. Bersamaan dengan naiknya trafik blog ini maka sakit gigi saya juga mulai berkurang. Ternyata penyebab sakit gigi saya karena blog ini terkena deindex. Itu saja. Karena seumur hidup saya belum pernah tahu yang rasanya sakit gigi.

Sekian dulu informasi yang bisa saya sampaikan buat teman-teman dan semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Trafik Blog Tiba-tiba Turun, Ada Apa Gerangan?

77 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *