VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Belajar Bersama Ternyata Lebih Efektif Daripada Belajar Sendirian

Biasanya, belajar bersama ini akan dilakukan oleh seseorang, di saat dirinya ingin mengetahui tentang suatu hal lebih dalam lagi, melalui bantuan dari orang lain.

Telah diungkapkan oleh peneliti jika hal yang satu ini memang benar jika belajar bersama akan lebih mengasyikkan. Tidak hanya itu saja, para peneliti mencoba untuk melakukan penelitian apakah belajar bersama juga akan mengasyikkan apabila dengan orang baru, atau orang asing.

belajar-bersama

Baca juga 5 Cara Jitu Mengatasi Anak Yang Sedang Mogok Sekolah.

Seorang Psikolog yang bernama Catherin Crompton, yang berasal dari University of Edinburgh yang ada di Skotlandia, telah membeberkan jawabannya, dengan melakukan eksperimen terhadap sebanyak 48 (empat puluh delapan) pasangan belajar yang saling kenal atau bahkan tidak saling kenal sama sekali, akan mendapatkan nilai sama, apabila diminta untuk mencoba dalam mempelajari dan mendalami suatu hal.

Tes ini sendiri telah dilakukan secara berulang kali, dengan pelajaran yang berbeda, tidak sama, dan hasilnya menunjukkan konsisten, stabil.

Pada studi yang sebelumnya, menunjukkan jika pada umumnya, orang-orang akan menyelesaikan tugas mereka dengan sangat baik apabila bisa dikerjakan secara bersama-sama, dibandingkan dengan hanya seorang diri saja.

Hal ini telah dibuktikan jika ternyata, orang yang lebih tua juga bisa belajar dengan lebih baik di saat ada rekan-rekannya. Akan tetapi, pada hasil studi yang telah diberikan ini lebih fokus pada orang-orang yang sebelumnya sudah dikenal.

Sebenarnya, belajar dengan siapapun tidak menjadi masalah. Mengapa?

Karena yang sebelumnya, bisa lebih mengenal dengan baik satu sama lain, dan apabila sudah saling mengenal, nantinya akan lebih akrab lagi, dan bisa memahami situasi dan kondisi belajar yang sedang berlangsung. Siapapun teman di saat belajar bersama, ingat tujuan dari belajar bersama, bisa menjadi sarana pendukung yang lebih baik.

Bahkan, jika belajar dengan baik, tidak hanya memunculkan kemampuan berpikir dan konsentrasi yang jauh lebih baik saja, namun juga bisa menjadikan orang tersebut memiliki emosional yang sangat bagus.

Kita tahu jika dengan belajar bersama, akan muncul beragam argumen yang tidak kita pikirkan sebelumnya, dan inilah waktunya kecerdasan emosional Anda diuji. Jangan lupa baca juga Penting Gak Sih? Mengantarkan Anak Di Hari Pertama Sekolah.

5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *