VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Begini Cara Membuat Widget Recent Posts Untuk Kategori Tertentu di WordPress

Widget merupakan salah satu elemen dari navigasi situs, untuk blog biasanya widget di letakkan di sidebar. Salah satu widget penting yang harus ada di blog adalah widget recent posts atau posting artikel terbaru.

Kenapa harus pasang widget artikel terbaru? bukankah pengunjung bisa melihat daftar artikel terbaru di homepage blog? Jangan salah, sebagian besar pengunjung dari mesin pencari masuk ke blog melalui link artikel loh, bukan melalui homepage. Sehabis membaca artikel belum tentu mereka mau pergi ke homepage.

Widget recent posts per kategori artikel itu penting, terutama untuk blog yang bahas berbagai macam topik

Sebuah keasyikan tersendiri memang ketika membuat blog dengan banyak topik, karena nyaris tidak akan kehabisan artikel. Namun kenyataannya pengunjung tidak selalu suka dengan semua topik artikel yang di bahas di blog kamu.

Nah salah satu solusinya adalah dengan membuat widget artikel terbaru per kategori tertentu. Di WordPress.org sendiri ada berbagai macam plugin yang bisa di manfaatkan sesuai kebutuhan, jadi kita tidak usah pusing pikir script dan kode ini itu.

“Mikir trafik gak naik – naik aja pusing, ditambah pikir script ini dan itu , jadi simpel aja, ^_^ “

Cara membuat widget recent post untuk kategori tertentu di WordPress

Salah satu plugin yang paling di rekomendasikan adalah Category Posts Widget, berikut ini garis besar cara membuat widget recent post per kategori tertentu di WordPress.

  • install plugin disini, kemudian aktifkan
  • jika sudah langsung masuk ke Appearance – Widget
  • drag widget Category Post ke sidebar kamu dan sesuaikan sendiri pengaturan lainnya
recent-posts
widget recent post

Selanjutnya silahkan sesuaikan pengaturan sesuai selera, plugin ini simpel kok jadi gak banyak opsi – opsi yang tidak terlalu penting di dalamnya. Jika sudah selesai silahkan preview tampilan blog kamu, bagaimana lebih manis bukan?

Kamu bisa memilih meletakkan beberapa widget kategori, jika tak ingin tampilan laman blog memanjang kebawah maka cukup buat widget artikel terbaru untuk kategori andalan di blog kamu.

Sebenarnya memanjang kebawah pun tidak apa, asalkan blog kamu kaya akan konten menarik, jadi tidak usah terlalu takut loading blog akan berat karena homepage memuat banyak ringkasan artikel. Happy Blogging !

12 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.