VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Beberapa Penyebab Sepele Warna Gigi Putih Menjadi Kekuningan

Dengan selalu menyikat gigi setiap hari, menggunakan benang gigi, dan juga rutin dalam membersihkan karang gigi, merupakan salah satu cara dalam menjaga gigi sehingga tetap bersih nan sehat. Akan tetapi, apabila anda sering merasa warna gigi cemerlang yang kian memudar, maka anda tidak sendiri.

gigi-putih-kuning

Memang, ada beragam kemungkinan mengapa gigi yang mulanya berwarna putih ini berubah menjadi agak kekuningan, misal saja yang menjadi salah satu penyebabnya dikarenakan sering meminum teh dan juga meminum kopi. Pigmen warna yang kuat berasal dari minuman itu nantinya akan menempel pada bagian terluar gigi, yang dinamakan dengan enamel.

Tidak hanya meminum kopi dan teh saja, merokok juga menjadi salah satu penyebab gigi menjadi berubah warna. Ada 2 (dua) zat kimia yang terkandung di dalam rokok, yang mampu menghasilkan noda pada gigi, yaitu tar dan juga nikotin.

Secara alami, tar itu sendiri memiliki warna hitam, dan nikotin tidak memiliki warna. Walaupun tidak memiliki warna, nantinya zat ini apabila tercampur dengan oksigen, bisa berubah juga warnanya. Bahkan, hingga lama kelamaan kedua zat tersebut bisa mengubah warna semula gigi yang awalnya berwarna putih, secara perlahan akan mulai menguning.

Penyebab lain dari beberapa hal tadi adalah trauma yang terjadi pada mulut. Warna gigi itu sendiri juga bisa berubah karena adanya reaksi trauma dengan melapisi dentin dengan berbagai lapisan yang lebih gelap, di mana ada di bawah enamel.

Efek samping dari mengonsumsi obat-obatan, misal obat hipertensi, obat alergi, atau bahkan antipsikotik juga bisa mendorong warna gigi berubah menjadi lebih gelap. Dengan adanya kemoterapi beserta juga radiasi yang terjadi pada kepala dan juga leher juga nantinya akn menggelapkan warna pada gigi.

Sementara itu, bagi anak-anak yang pernah meminum antibiotik golongan tetracyline beserta docycycline juga biasanya nanti akan mengalami perubahan warna pada gigi, yang berubah menjadi keabuan, di saat mereka sudah mulai beranjak dewasa.

Bisa disimpulkan juga, jika sebenarnya, perubahan warna gigi yang memutih menjadi berubah menguning itu karena kebiasaan dari gaya hidup penderita yang tidak sehat, sehingga tubuh, dalam hal ini gigi, mulai merespon gaya hidup tersebut, yang akhirnya tidak baik bagi kesehatan anda di masa yang akan datang.

Baca juga Awas Bahaya! Ini Dia Pengaruh Buruk Stres Terhadap Otak Anda.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.