VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Awas Bahaya! Ini Dia Pengaruh Buruk Stress Terhadap Otak Anda

Otak menjadi salah satu organ yang paling terpengaruh secara langsung karena stres yang secara terus menerus tengah kita hadapi. Berikut ini, pengaruh yang ditimbulkan akibat stres yang mempengaruhi otak :

1. Kemampuan Belajar Menurun

Saraf sel punca yang terletak di hipocampus, salah satu bagian otak yang penting untuk belajar beserta juga daya ingat, dibentuk oleh adanya neuron. Akan tetapi, di bawah stres kronik, sel punca ini sendiri menjadi dilapisi oleh mielin.

Kelebihan mielin ini bisa berakibat menjadi terganggunya komunikasi dan juga sambungan antar neuron. Hal ini tentu mampu mengganggu fungsi kerja dari otak.

Kondisi ini biasanya akan mudah ditemui pada orang yang mengalami gangguan kecemasan, gangguan stres pasca trauma, dan juga depresi.

2. Resiko Terjadinya Stroke

Tingkat stres yang tergolong tinggi juga mampu dalam meningkatkan resiko terjadinya stroke.

Selain dari adanya faktor resiko tradisional, seperti kadar dari kolesterol, merokok, dan juga tekanan darah, ternyata stres juga memiliki kontribusi besar pada kejadian stroke!

3. Depresi

Stres yang kronik mampu mencegah munculnya sel saraf baru yang terdapat pada hipocampus.

otak-stress

Dengan kondisi ini, nantinya bisa mengurangi kemampuan dari seseorang untuk bisa bangkit dari stres yang terjadi berikutnya, dan mampu menyebabkan gejala yang mirip depresi akan muncul.

4. Ukuran Otak Mengecil

Kecemasan yang biasanya dipicu oleh berbagai macam kejadian, seperti salah satu contohnya, hilang rumah, ditinggal meninggal oleh orang yang paling dicintai, bisa mengurangi area abu-abu yang ada pada bagian otak. Area otak ini menangani emosi dan kontrol diri manusia.

Justru itu, ada kabar baik jika adanya riset yang menunjukkan otak memiliki suatu kemampuan yang alami untuk bisa memulihkan diri dari stres. Apabila pemicu stres tersebut hilang, sel punca neural akan kembali memperoleh kemampuannya untuk bisa meregenerasi neuron pada level normal.

Para ahli itu sendiri juga percaya jika ada beberapa macam kegiatan yang mampu mengurangi kadar stres dan juga mampu dalam meminimalkan kerusakan saraf.

Misal, seperti olahraga, termasuk olahraga ringan, contohnya dengan jalan kaki saja itu sudah cukup untuk bisa kembali mengembalikan mood dan ampuh dalam menurunkan stres yang tengah diderita.

Sementara itu, ada juga cara yang lain di mana juga tak kalah ampuh untuk menangkalnya, yaitu dengan meditasi.

Praktik semenjak ribuan tahun silam ini memang sudah terbukti efektif dalam memberikan suatu ketenangan hati dan mampu untuk meredakan kecemasan yang timbul.

Baca juga Beberapa Penyebab Sepele Warna Gigi Putih Menjadi Kekuningan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.