VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Astaga! Blog Cara Ririn DiHapus Google

Halo juragan… Hari ini saya sedang bersedih, karena tidak bisa berkunjung lagi ke salah satu blog sahabat kita, yaitu Cara Ririn yang beralamat di http://cara-ririn.blogspot.com/. Cara Ririn adalah sebuah blog sederhana berplatform blogger dengan niche tips tricks blogger yang terkenal karena blog ini memiliki pengaruh kuat yang bisa memotivasi dan menginspirasi serta memberikan semangat ngeblog bagi blogger-blogger lain yang telah mengenalnya.Saya mendengar berita ini agak terlambat beberapa jam, karena seperti biasanya koneksi internet saya lemot akibat kuota habis ketika memasuki pertengahan bulan, sehingga saya kesulitan blogwalking ke teman-teman, dan saya mohon maaf.

Ketika saya mencoba blogwalking rurtin ke para sahabat seperti biasanya, saya meng-klik postingan teman-teman followers yang saya follow di dasbor satu persatu dari atas. Dan setelah meng-klik blognya mbak Ririn saya menemukan halaman dihapus seperti dibawah ini.

Blog telah dihapus
Maaf, blog di cara-ririn.blogspot.com telah dihapus. Alamat ini tidak tersedia untuk blog baru.
Apa harusnya blog Anda ada di sini? Bacalah: ‘Saya tidak bisa menemukan blog saya di Web, jadi ada di mana?

Saya hampir tidak percaya apa yang saya lihat. Lalu saya mengunjungi profil google plus sang admin blog mbak +Wahyu Eka Prasetiyarini atau yang biasa disebut mbak Ririn untuk meminta konfirmasi apakah benar blog itu telah dihapus. Jika benar, siapa yang menghapus? Dihapus sendiri ataukah dihapus oleh pihak google.

Dan ternyata benar! Blognya mbak Ririn telah dihapus oleh pihak google berdasarkan komentar keterangan mbak Ririn di halaman status google+ miliknya.

+Muhammad Luthfi mbak apakah blog mbak di hapus oleh google? saya kaget hingga langsung buat artikel http://game-begog.blogspot.com/2013/12/heboh-blog-cara-ririn-di-hapus_17.html

+Wahyu Eka Prasetiyarini ea nih di hapus. Nggak tahu kenapa kok tiba-tiba di hapus getu. Katanya, blog saya di anggap spam getu sama sistem Blogger. Hmm 🙂
+Muhammad Luthfi mbak ririn jangan sedih :'( saya akan ikut nge bantu cari solusinya di google. Semangat ya mbak ririn :'( pasti mbak lagi engga enak hati ya sekarang?

Terhapusnya blog Cara Ririn membuat heboh komunitas blogwalking SEO Prenjak mbak Ririn. Ketika saya searching di Google search dan juga di Google+ untuk mencari tahu informasi lebih lanjut tentang seputar terhapusnya blog insipator ini, ternyata sudah ada beberapa teman-teman blogger telah memposting kejadian ini. Saya melihat blognya mbak Ririn di halaman pencarian, tetapi tentu saja tetap tidak bisa diakses lagi dan gambar profil cantik sang webmaster ramah itu sudah tidak ditampilkan.

Admin Cara Ririn juga mengomentari beritanya

Berikut ini screenshot komentar mbak Ririn yang saya crop dari postingan teman-teman blogger yang telah memposting berita ini lebih awal.

Ini di postingannya mas +Muhammad Luthfi

Wah ada-ada aja mas lutfi ini malah di buat posting wkwkkwk 😀
Kalau saya melihat, blog saya di hapus karena saya terlalu sering menggunakan OpenID akhir-ahir ini untuk berkomentar di blog teman-teman. Sehingga di anggap spam oleh sistem Blogger, yang pada gilirannya blog saya di hapus.
Semoga saja bisa pulih lagi blog nya. Kalau nggak pulih ya mungkin mau berhenti ngeblog dulu untuk menenangkan fikiran 🙂
cemungudh cemungudh ^^

Dan yang ini di postingannya blogger pak guru mas +Uda Awak

wah mas uda malah ikut-ikutan membuat posting juga nich hehehe 😀
jadi terharu saya mas 🙂
terimakasih banyak ya atas support dan do’a nya. Semoga bisa dijadikan pelajaran yang berharga untuk kita semua 🙂

Ternyata saya telah ketinggalan informasi gara-gara koneksi internet saya seperti orang kleleken korek api.

Saya termenung-menung cukup lama melihat blog Cara Ririn hilang begitu cepat. Semua sahabat blogger Cara Ririn merasa ikut kehilangan. Saya memandangi blognya mbak Ririn di halaman pencarian dan hampir tidak percaya kalau blog yang telah memberikan saya banyak inspirasi dan motivasi itu kini tinggal kenangan. Saya sangat terharu ketika teringat awal 2013 menemukan blog ini di google search, dimana saya sangat terkesima dan ingin sekali mereview blog ini namun sayangnya gak diijinkan oleh mbak adminnya karena takut blognya menjadi terkenal.


Sejarah singkat blog Cara Ririn

Blog Cara Ririn dilaunching sekitar awal 2013. Menjelang pertengahan 2013 saya menemukan blog Cara Ririn tanpa sengaja di google search dengan postingan yang berjudul “Kisah Sukses Publisher Adsense Asal Kudus Jawa Tengah”.

Saya tidak langsung berkomentar di blog itu, namun hanya baca-baca postingan sambil mengamati secara diam-diam. Blog itu saya bookmark karena saya ingin tahu lebih jauh barangkali ada trik tersembunyi di dalam SEO Onpage maupun Offpage, karena begitu mudahnya Cara Ririn tampil di halaman pertama google. Sebulan kemudian saya mulai berkomentar di blog itu.

Backlink saya periksa menunjukkan angka nol dan angka alexa Cara Ririn sekitar diatas 700 ribuan  pada waktu itu, sementara umur blog masih sangat muda yang kurang dari setahun. Sedangkan angka alexa blog saya sendiri sekitar 500 ribuan dan lebih langsing.

Namun, sebulan kemudian ternyata tiba-tiba alexa Cara Ririn terjun bebas dari 700 ribu menjadi 500 ribu hanya dalam beberapa hari saja dan menyamai alexa blog saya. Tidak lama lagi, angka alexa blog saya ketinggalan jauh. Cara Ririn terakhir kali tercatat di alexa rank memasuki angka 35 ribu untuk rank global.

Sebuah blog yang jujur dalam SEO. Cara Ririn terekam di Traffic Graphs Alexa hanya dalam waktu kurang dari setahun sejak website sederhana itu diluncurkan. Ini merupakan sebuah prestasi luar biasa pesat yang melebihi website besar, dimana website besar memerlukan waktu setidaknya 2 tahun untuk bisa terlihat di Daily Traffic Rank di Alexa.

Top komentator

Satu hal yang membuat saya maupun para sahabat blogger bersimpati kepada blog Cara Ririn. Yaitu sang admin blog ini sangatlah ramah. Mbak Ririn suka berkomentar balik ke siapa saja tanpa pandang bulu. Bahkan, saya sering melihat komentarnya mbak Ririn menumpuk sampai 5-6 komentar di satu postingan di blog milik teman. Di setiap blog teman, mbak Ririn pasti duduk di paling atas Top Komentator. Mungkin pantas dijuluki si ratu komentar. Tentu saja blognya Cara Ririn sendiri dibanjiri ratusan komentar sampai-sampai si empunya blog kuwalahan dan gak mampu lagi menjawabnya satu persatu.

Penyebab blog dihapus Google

Blog dengan platform blogger akan dihapus oleh google jika melanggar salah satu isi dari kebijakan blogger (Blogger Policy). Seperti yang dijelaskan oleh google dibawah ini;

Jika blog anda dinonaktifkan, itu akan terdaftar pada dashboard anda, tetapi anda tidak akan dapat meng-klik untuk mengaksesnya. Jika hal ini terjadi, akan ada masa tenggang di mana anda dapat meminta agar hal itu dikaji dan dipulihkan. Penonaktifan ini merupakan hasil dari sistem klasifikasi otomatis kami menandai sebagai spam. Karena sistem ini otomatis, maka tentu akan ada saja beberapa kesalahan teknis, meskipun kami terus bekerja untuk meningkatkan algoritma kami untuk menghindari ini. Jika blog anda bukan merupakan blog spam, maka itu adalah salah satu kesalahan teknis, dan kami mohon maaf.

Seperti kasus yang pernah saya alami juga. Beberapa bulan lalu salah satu blog saya terkunci secara otomatis oleh sistem blogger. Saya diberi tenggang waktu 20 hari untuk mengajukan banding. Jika tidak, maka blog saya akan dihapus. Namun saya tidak melakukan banding karena blog itu hanyalah blog percobaan saja, dan akhirnya dihapus sampai sekarang.

Penyebabnya adalah karena saya memposting artikel secara bertubi-tubi dalam waktu singkat. Saya berlangganan artikel gratis berbahasa inggris di internet, lalu saya update 100 artikel hanya dalam sehari. Sekali publish 30 artikel sekaligus. Namun, pada hari ke-3 blog saya langsung terkunci secara otomatis ketika blog saya baru terisi 300 artikel bahasa inggris. Akhirnya saya ngacir lagi.

Apa penyebab blog Cara Ririn dihapus?

Inilah pertanyaan yang membuat penasaran kita sekarang. Apakah blog Cara Ririn melanggar kebijakan blogger? Menurut saya, kemungkinan itu hanya kecil sekali. Karena Cara Ririn sejauh yang saya ketahui tidak pernah melakukan tindakan spam, dan ngeblog dilakukan secara wajar serta alami tanpa ada manipulasi SEO atau webspam apapun. Karena saya juga mengamati perkembangan blog itu baik secara kasat mata maupun dalam segi SEO.

Sementara itu mbak Ririn sendiri menduga karena mungkin kesalahan penggunaan Open ID dalam berkomentar;

” Kalau saya melihat, blog saya di hapus karena saya terlalu sering menggunakan OpenID akhir-ahir ini untuk berkomentar di blog teman-teman. Sehingga di anggap spam oleh sistem Blogger, yang pada gilirannya blog saya di hapus.”

Tapi jika Open ID melanggar, mengapa google menyediakan Open ID di fitur komentar blogger?

Beberapa blogger lain juga ada yang menduga mungkin Open ID penyebabnya, dan ada juga yang menduga karena di blog Cara Ririn terlalu banyak iklan banner. Tapi kenapa banyak blog-blog lain yang dipenuhi iklan banner serta iklan melayang yang sangat mengganggu sekali, tetapi kok tidak dihapus oleh google. Bahkan banyak sekali autoblog yang secara terang-terangan melanggar kebijakan blogger dan juga melanggar hak kekayaan intelektual orang lain tetapi blognya tidak dihapus oleh google.
Sementara saya juga sering melihat blog dengan subdomain blogspot terinfeksi mallware dan trojan, tetapi kok juga tidak dihapus oleh google.
Inilah yang membuat kita punya harapan bahwa blog Cara Ririn mungkin akan diaktifkan lagi oleh google, jika mbak Ririn segera mengajukan banding ke google. Dan tentunya mbak Ririn sudah mengajukan banding ke google dan tidak akan tinggal diam begitu saja blognya dihapus tanpa alasan yang jelas.
Jika tidak diaktifkan lagi oleh google, mbak Ririn ingin berhenti dari kegiatan ngeblog untuk menenangkan pikiran. Tentunya hal ini akan membuat kita merasa kehilangan salah seorang seorang teman blogger yang sangat ramah. Seperti kata mbak Ririn;

” Semoga saja bisa pulih lagi blog nya. Kalau nggak pulih ya mungkin mau berhenti ngeblog dulu untuk menenangkan fikiran 🙂
cemungudh cemungudh ^^ “.

Semoga saja http://cara-ririn.blogspot.com segera diaktifkan lagi oleh google, dan kejadian ini semoga hanyalah sebuah kesalahan teknis saja yang terjadi di blogger. Amin.
261 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.