VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Apakah Situs Download Melanggar Kebijakan Program Adsense?

Halo juragan… Kali ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan teman-teman yang menanyakan apakah website/blog yang berisi informasi download bisa dibanned oleh google adsense. Sebenarnya asal-usul pertanyaan semacam ini berasal sebuah rumor yang beredar di kalangan blogger sendiri yang pada akhirnya menjadi sebuah ketetapan alias vonis bahwa situs download pasti dibanned. Begitu para blogger menyatakan.

Dan jika anda adalah seorang publisher yang takut akun adsensenya dibanned, berarti anda adalah ciri-ciri seorang publisher yang mematuhi kebijakan program adsense.

Namun padahal sebenarnya google tidak pernah mengatakan bahwa situs download dilarang, kecuali situs download yang melanggar kebijakan program. Diantaranya adalah situs download yang melanggar hak cipta orang lain. Dan itu berarti bukan situs downloadnya yang menjadi penyebab banned, tetapi pelanggaran hak cipta itulah yang menyebabkan situs download dibanned.

Kebijakan program adsense selalu berubah setiap saat. Hal-hal yang dulunya tidak melanggar namun sekarang bisa saja melanggar. Situs download yang dulunya “tidak disarankan” oleh google namun kini telah dihapus dari kebijakan program adsense. Artinya, google tetap membolehkan situs download asalkan tidak melanggar hak cipta orang lain dan penempatan “tautan download” dilakukan dengan baik dan benar.

Berdasarkan keterangan resmi kebijakan program adsense, tertulis larangan-larangan terhadap pelanggaran hak cipta yang melibatkan situs download seperti di bawah ini:

Apakah menyediakan unduhan atau nomor seri perangkat lunak dianggap sebagai pelanggaran hak cipta?

Jika perangkat lunak yang Anda sediakan adalah perangkat lunak hasil oprekan yang tidak diotorisasi oleh pemilik perangkat lunak, hal tersebut akan dianggap sebagai pelanggaran materi hak cipta. Memberikan nomor seri tanpa izin pemilik juga merupakan salah satu cara untuk mengoprek perangkat lunak.

Ini berarti kita tidak boleh membuat situs download yang mengambil produk milik orang lain atau berisi “produk tiruan tidak resmi” untuk didownload, kecuali kita memiliki ijin yang syah dari pemilik produk tersebut. Hal itu mencakup, namun tidak terbatas pada: menempatkan iklan adsense pada konten yang berisi produk bajakan dan membagikan nomor seri apapun yang berfungsi untuk membajak/membobol produk berhak cipta.

Berikutnya lagi, penempatan tautan “Download” yang melanggar kebijakan program adsense. Misalnya, tautan download yang terkesan mengelabuhi, membingungkan, menyamarkan seolah-olah iklan adalah tautan download.

Dapatkah saya menempatkan iklan di bawah tombol “tautan unduhan”?

Menempatkan iklan di sekeliling tombol “unduh” dapat menyesatkan pengguna yang berpikir bahwa iklan tersebut adalah tautan unduhan. Jadi, selalu jauhkan iklan dari tautan “unduhan” dan buat tombol “unduh” terlihat dengan jelas.

Ini berarti anda harus menjauhkan tautan download dari iklan adsense. Dan langkah terbaik adalah menempatkan tautan download di bagian atas layar yang mudah dilihat oleh pengguna ketika mereka pertama kali membuka blog anda. Dan tentu saja jangan memasang iklan adsense persis di bagian bawah tautan download meskipun ada jarak aman.

Bukan hanya itu! Bahkan anda menautkan link yang mengarah ke konten berhak cipta saja juga dilarang oleh kebijakan program adsense karena hal itu bisa termasuk pelanggaran hak cipta. Seperti keterangan resmi google yang tertulis di kebijakan program adsense berikut ini:

Apakah menautkan materi hak cipta juga melanggar hak cipta?

Ya. Penayang tidak boleh menempatkan iklan pada konten yang izin pendistribusian atau monetisasinya tidak mereka miliki. Selain itu, situs tidak harus menjadi host konten mereka sendiri, cukup dengan menautkan ke sumber yang jelas-jelas melanggar kebijakan materi berhak cipta kami.

Ini juga bisa berarti anda tidak boleh menautkan link yang mengarah ke situs yang berisi produk atau merk dagang berhak cipta, kecuali anda mengantongi ijin yang syah dari pemilik hak cipta. Dan ini adalah pelanggaran yang paling sering terjadi di kalangan situs download yang menyebabkan akun adsense dibanned, atau pada kondisi tertentu anda hanya diberi peringatan saja di akun adsense pada tab “status”. Saya pernah mengalami beberapa studi kasus, salah satunya adalah di bawah ini.

Studi kasus:

Saya pernah membuat situs download antivirus yang mengarahkan link ke konten berhak cipta dengan asumsi ingin membantu situs pemilik hak cipta tersebut agar banyak pengguna yang mendownload antivirus mereka.

Tapi apa hasilnya? Hari pertama dan kedua link arahan dari website saya bisa mengarah dengan baik ke situs pemilik hak cipta tersebut. Tapi beberapa hari kemudian link yang mengarah dari website saya ditolak mentah-mentah oleh situs pemilik hak cipta, dan ada peringatan dari website tersebut bahwa trafik yang berasal dari blog saya dinyatakan tidak syah.

Kontan saja saya langsung menghapus blog saya tersebut yang beriri 300 artikel download sebelum akun adsense saya dibanned. Saya berpikir buat apa memiliki situs bertrafik tinggi dan menghasilkan banyak earning jika besoknya dibanned. Untuk memahami penyebab banned yang paling sering sebaiknya anda juga membaca Kesalahan Paling Sering Dilakukan Publisher Adsense Penyebab Banned.

Seperti apa situs download yang aman dari banned?

1. Misalnya, anda pandai membuat template, kemudian anda membagikan template karya anda untuk didownload oleh pengguna. Ini adalah contoh situs download yang syah dan tidak melanggar hak cipta menurut kebijakan program adsense. Karena file yang di download adalah karya anda sendiri, bukan karya orang lain.

2. Anda mendapatkan ijin yang memadai dari pemilik situs download. Sebagai contoh, saya mendapat ijin dari sebuah website pemilik antivirus yang saya gunakan ini untuk membagikan antivirus kepada para pengguna lain. Saya diberi sebuah link referal yang hanya diperuntukkan bagi saya. Nah, jika saya menautkan link referal tersebut di website saya sebagai link download, maka itu adalah link yang syah.

( i ) Tapi jika anda mengarahkan link unduhan ke website lain yang anda tidak mengantongi ijin dari mereka, maka akun adsense anda akan dibanned karena melanggar hak cipta. Dan biasanya banned tersebut tidak langsung dijatuhkan saat itu, tetapi menungggu beberapa bulan kemudian sejak anda menautkan link download yang merujuk ke website berhak cipta.

Mengapa ada situs download yang mengarahkan link ke situs berhak cipta tapi kok aman-aman saja, apakah saya bisa menirukannya?

Tanyakan pada diri sendiri, apakah anda mengantongi ijin yang syah dari pemilik hak cipta tersebut. Jika anda mengantongi ijin yang syah, silakan ditirukan. Tapi jika anda tidak mengantongi ijin, jangan menirukan situs tersebut karena hal itu sama dengan anda menunggu giliran untuk dibanned.

Kesimpulan:

Membuat situs download tidak dilarang oleh kebijakan program adsense asalkan barang yang di download adalah ciptaan anda sendiri, atau barang yang didownload adalah ciptaan orang lain tetapi anda memiliki “Hak Kekayaan Intelektual” untuk menggunakannya secara komersial (dengan kata lain, anda harus memiliki ijin syah dari pemilik hak cipta).

( ! ) Namun perlu kita pahami, seperti apa kriteria “ijin yang memadai” untuk penggunaan hak cipta tersebut. Mengingat semua kebijakan program adsense itu dijalankan oleh sistem otomatis, maka semua ijin penggunaan materi berhak cipta harus sesuai dengan aturan undang-undang “Digital Millenium Copyright Act” atau DMCA. Salah satunya adalah memasang link referal beraliran lisensi berdasarkan “jenis lisensi” ditentukan oleh pemilik hak cipta.

Salah satu contoh link lisensi konten bebas hak cipta untuk umum:
<a href=”http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/” rel=”licence>Creative Commons International Licence</a>, atau anda juga bisa memasang bentuk lisensi lain seperti logo dan sejenisnya yang bisa diterima oleh DMCA. Namun jika anda memposting konten berhak cipta dan telah mendapat ijin dari pemilik hak cipta secara khusus, pastikan anda memasang lisensi berdasarkan jenis lisensi yang diberikan kepada anda.

^^ Sekian dulu informasi yang bisa saya bagikan kepada teman-teman hari ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Apakah Website Toko Online Bisa Digunakan Untuk Adsense?

70 Comments
  1. almaftuchin

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *