VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Apakah Penempatan Iklan Saya Melanggar Kebijakan Program Adsense?

Halo juragan… Mengoptimalkan pendapatan adsense memang bukan pekerjaan mudah. Selain menuntut kerja keras, kita juga harus ekstra hati-hati agar akun adsense tidak dibanned. Oleh karena itu menurut saya tugas pertama kita dalam bermain adsense adalah memahami lebih jauh terhadap kebijakan program adsense, sedangkan pengoptimalan adalah nomor dua.

Postingan ini harusnya saya pastekan di kolom komentar untuk menjawab pertanyaan teman-teman blogger. Namun karena terlalu panjang maka saya posting di halaman ini. Dan ini merupakan jawaban untuk pertanyaan dari teman kita mas W Pramono yang bertanya melalui kolom komentar di salah satu postingan blog ini.

Pertanyaan orisinilnya adalah seperti di bawah ini:

salam juragan, mau mohon pencerahan
blog saya 1000 tayang adsense/hari, hanya kurang 2 % klik, dengan BPK kurang dari 0,1. Saya pasang 3 iklan standard, 2 di sedibar, 1 dlm atau dibawah posting, 3 iklan tautan 1 di header, 1 di sidebar, 1 dalam posting, 2 pencarian kustom 1 di atas posting 1 di bawahnya.
– sdh benarkah jumlah dan penempatan iklan saya
– sy pernah buat iklan khusus untuk ukuran dan warna, tapi tdk ngaruh apa2. Apakah ini yg dimaksud iklan khusus atau ada lainya ?
– stlh buat iklan khusus dan saluran khusus dibuat, apakah kode lsg dipasang atau ada proses lainnya ?
– dimana sy bisa lihat daftar iklan dg BPK kecil. dan jika sy filter adakah akibatnya ( iklan sepi misalnya )
– sy sebelumnya ditolak puluh kali ( hampir 60 ) di adsense hingga kode iklan yg sdh saya buat puluhan jumlahnya. bisakah dihilangkan yg tdk terpakai, jika tdk apakah pengaruhnya ?
– mungkin jika juragan berkenan bisa dilihat tataletak blog sy example.blogspot.com. Sdh pas kah ?
– THX banyak. sangat ditunggu pencerahannya

Saya (Juragan Cipir) akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut berdasarkan pengalaman saya sejauh ini selama berpartisipasi dalam program adsense. Saya melihat makna dari pertanyaan di atas adalah sebagai berikut:

W Pramono: Saya memiliki blog adsense dengan 1.000 tayangan iklan perhari namun hanya mendapat 2 klik dengan BPK sebesar $ 0,1 saja. Sementara iklan yang saya pasang adalah: 3 unit iklan konten (2 unit di sidebar dan 1 unit di area postingan), serta 2 unit mesin telusur yang saya tempatkan di atas dan bawah postingan.

Pertanyaan saya adalah:

I. Sudah benarkah jumlah iklan saya?

Benar! Batas maksimal iklan yang diijinkan oleh google untuk setiap tampilan halaman adalah:
– 3 unit adsense konten
– 3 unit link
– 2 mesin telusur ubahsuaian
Jika lebih dari itu berarti anda melanggar kebijakan program adsense dan akan tahu sendiri akibatnya di belakang hari.

II. Sudah benarkah penempatan iklan saya?

Penempatan iklan anda salah besar. Saya melihat ada 3 kesalahan dalam penempatan iklan anda:
– Penempatan anda melanggar kebijakan program adsense. Contohnya adalah seperti gambar di bawah ini.

Contoh 1
Jangan melakukan cara-cara yang tidak semestinya untuk menarik perhatian pengguna terhadap iklan, misalnya memasang animasi seperti di bawah ini maupun memberi label tidak jelas di atas iklan.

Contoh 2
Jangan menempatkan iklan yang mudah disalahpahami oleh pengguna sebagai bagian dari konten yang memicu timbulnya klik tidak tahu atau tidak sengaja. Jauhkan iklan dari link aktif yang sering di-klik oleh pengguna. Pengguna harus tahu bahwa yang diklik itu adalah iklan.

Contoh3
Jangan menempatkan iklan pada elemen navigasi atau daftar isi untuk mengharapkan klik tidak tahu atau tidak sengaja. Katakanlah iklan tetap iklan, jangan menyamarkan iklan seolah-olah itu bukan iklan atau menyamarkan navigasi seolah-olah seperti iklan.

( i ) Penempatan seperti di atas itu yang mengakibatkan BPK anda hanya $ 0,1 atau bahkan nol, dan tidak lama lagi akun adsense akan dibanned jika tidak segera diperbaiki. Sebaiknya silakan baca juga Kesalahan Paling Sering Dilakukan Publisher Adsense Penyebab Banned.

Resikonya adalah:
1. Akun adsense anda menunggu waktu untuk dibanned.
2. Anda terkena smart pricing karena terlalu banyak klik yang tidak memberikan keuntungan kepada pengiklan atau bahkan merugikan pengiklan.

Sebagai bukti smart pricing adalah BPK hanya $ 0,1  yang biasanya dikarenakan oleh penempatan iklan yang menyesatkan. Banyak pengguna yang meng-klik iklan karena tidak tahu atau tidak sengaja. Jika hal itu terjadi secara terus menerus maka akun adsense akan dibanned secepatnya.

Google tidak membayar anda hanya sekedar menghitung jumlah klik iklan saja, tetapi google juga memikirkan resiko terhadap pengiklan adwords apakah klik iklan tersebut merugikan pengiklan adwords atau tidak.

III. Saya pernah membuat iklan khusus untuk ukuran dan warna, apakah itu disebut iklan khusus?

Iya. Iklan khusus adalah unit iklan yang ukurannya kita tentukan sendiri dan tidak menggunakan format-format yang telah disediakan. Iklan khusus ini merupakan jenis format baru yang dibuat oleh google yang juga disebut “customized ad” atau “iklan disesuaikan”. Tapi jangan samakan iklan khusus dengan saluran khusus.

Sedangkan saluran khusus adalah pengelompokan unit iklan tertentu yang bertujuan untuk memonitor kinerja iklan dan juga bisa digunakan untuk menawarkan kepada pengiklan yang ingin menargetkan iklannya di blog kita. Saluran khusus ini juga disebut custom channel dan berisi unit iklan apapun yang didukung untuk saluran khusus. Saluran khusus tidak harus berisi iklan khusus atau customized ad.

IV. Setelah iklan khusus dan saluran khusus dibuat, apakah kode langsung dipasang atau ada proses lainnya?

Ini yang mungkin anda salah pahami. Membuat saluran khusus tidak harus menggunakan format iklan khusus, tetapi bisa menggunakan format unit iklan apa saja yang didukung untuk saluran khusus. Dan unit-unit iklan tersebut harus merupakan unit iklan tersendiri yang nantinya akan kita kelompokkan di dalam saluran khusus atau custom channel. Tujuannya agar kita mudah memonitor kinerja iklan serta untuk menawarkan kepada pengiklan yang ingin menargetkan iklannya di website kita.

Jika saluran khusus sudah dibuat maka iklan bisa langsung dipasang tanpa perlu proses lainnya. Namun iklan dan website tersebut jangan diutak-atik lagi seterusnya. Jika kita mengutak-atik iklan atau blog maka kita harus mengganti nama saluran khusus tersebut agar kita tidak kehilangan kemampuan membuat saluran khusus lagi di masa depan.

Selain itu, jika kita sering merubah iklan dan tampilan blog maka para pengiklan yang sudah menargetkan iklannya ke blog kita akan hilang semua dan kita memulai mencari lagi pengiklan baru.

Sebagai tambahan:
Menurut sistem google, jika kita melakukan perubahan sedikitpum pada iklan atau website maka akan memberikan dampak terhadap saluran khusus yang kita buat. Oleh karena itu sebagai langkah alternatif google menyarankan kita untuk merubah nama saluran khusus tersebut jika kita hendak melakukan perubahan pada iklan atau blog. Tetapi jika hal itu terlalu sering maka kita akan kehilangan tawaran dari pengiklan adwords, sehingga kita tidak bisa bekerjasama dengan pengiklan adwords melalui custom channel. Sebaiknya silakan baca juga Cara Menaikkan Earning Adsense Bekerjasama Dengan Pengiklan.

V. Bagaimana caranya saya bisa mengetahui iklan yang BPK-nya kecil dan apa resikonya jika iklan tersebut saya filter?

Tidak ada orang tahu berapa nilai klik masing-masing iklan, kecuali hanya google sendiri. Bahkan pengiklan adwords sendiri tidak tahu. Pengiklan adwords hanya bisa menawar harga klik maksimum dan mereka hanya melihat biaya klik yang berbeda-beda pada iklan miliknya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang menjadi rahasia google, salah satunya adalah cara google memberlakukan smart pricing terhadap setiap klik iklan yang dianggap tidak menguntungkan pengiklan adwords.

Google tidak seenaknya membebankan biaya kepada pengiklan adwords, tetapi juga melihat dampak baik buruknya setiap klik iklan. Apakah pengguna hanya mengklik iklan saja lalu pergi, apakah pengguna mengklik iklan lalu menavigasi situs pengiklan, apakah pengguna mengklik iklan lalu melakukan transaksi pembelian kepada pengiklan, dan sebagainya. Semua itu adalah beberapa faktor yang digunakan oleh google sebagai resep untuk menentukan BPK kepada pengiklan.

VI. Apakah kode iklan yang sudah terlanjur dibuat tidak bisa dihapus lagi, dan jika tidak bisa dihapus apa pengaruhnya?

Kode iklan yang sudah dibuat tidak bisa dihapus lagi dan pengaruhnya tidak ada. Kita hanya bisa merubah nama unit iklan tersebut dan juga bisa menyembunyikannya dari daftar iklan. Jika sewaktu-waktu kita membutuhkan iklan itu lagi maka kita bisa mengambilnya dengan mengklik “Filter Lanjutan” di pojok kanan atas akun adsense. Maka semua iklan dari tahun-tahun lalu yang sudah tidak terpakai akan tampil semua untuk anda gunakan lagi.

VII. Apakah juragan mau mereview situs saya sudah pas atau belum?

Mau, asalkan ntar malam saya dibelikan bakso urat sapi 😀

Informasi tambahan:

Dalam bermain adsense, banyak publisher yang beranggapan bahwa semakin banyak klik maka akan semakin banyak pula penghasilan kita.

NO!

Saya membantah hal itu. Jumlah klik yang banyak bukan jaminan kita sukses. Justru hal itu akan berbahaya bagi keselamatan akun kita jika kita tidak memahami bagaimana cara mendapatkan klik yang sehat.

Google tidak sebodoh apa yang kita kira. Cara-cara google mengelola program adsense tidak sesederhana yang kita kira. Semua hal-hal yang berpotensi menimbulkan resiko terhadap bangkrutnya pengiklan adwords telah diantisipasi oleh google jauh-jauh sebelumnya.

Sebagai kesimpulan: 
Jika kita ingin sukses di adsense jangka panjang, katakan iklan apa adanya. Tunjukkan dengan jelas kepada pengguna bahwa apa yang mereka lihat adalah iklan. Maka setiap klik yang terkumpul akan mengangkat anda ke kursi sukses yang sebenarnya.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Cara Meningkatkan Jumlah Klik Syah Iklan Adsense.

77 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.