VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Apa Saja Tanda dan Gejala dan Penyebab dari Hipertensi?

Seiring bertambahnya usia maka resiko untuk terkena Hipertensi / Tekanan darah tinggi juga semakin besar oleh karena itu agar kita lebih memahami tentang penyakit hipertensi pembahasan kali ini saya akan menulis apa itu hipertensi, apa saja tanda dan gejala yang dirasakan, dan bagaimana pencegahan dan penangannya.

hipertensi

Sebagian besar dari masyarakat Indonesia mungkin sudah banyak yang mengetahui apa itu hipertensi. Secara teori pengertian dari Hipertensi adalah Tekanan darah yang melebih dari batas normal, yaitu nilai tekanan darah sistolik ≥ 140 mmHg dan tekanan darah diastolik ≥ 90 mmHg. Contoh tekanan darah dikatakan normal  apabila tekanan darahnya berada antara 110/70, 120/80 dan 130/90 mmHg. jadi jika tekanan darah anda berada pada nilai tersebut maka masih dalam batas normal.

Penyebab hipertensi diyakini oleh beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu genetik atau keturunan, lingkungan, adanya gangguan pada susunan saraf simpatis sistem renin-angiotensin sistem ini yang mempengaruhi dari nilai tekanan darah, adanya peningkatan Natrium dan Kalsium dalam darah sehingga menyebabkan naiknya tekanan darah, dan faktor – faktor yang meningkatkan resiko seperti obesitas / kegemukan, kebiasaan minum alkohol, dan perilaku merokok serta ditambah lagi seringnya mengkonsumsi makanan cepat saji, dan jarang berolahraga.

Nah dari penyebab hipertensi yang telah disebutkan dapat kita simpulkan bahwa gaya hidup yang kurang baiklah faktor utama yang menyebabkan terjadinya seseorang menderita hipertensi.

Perilaku yang tidak sehat tersebut jika dibiarkan maka lama kelamaan akan mengalami hipertensi. Seseorang yang belum mengetahui bahwa dirinya menderita hipertensi / tekanan darah tinggi maka akan cuek atau mengabaikan saja yang penting sehat tidak ada keluhan, namun apabila kita telah merasakan keluhan dari akibat perilaku kita tadi maka barulah kita mulai mencari tahu kenapa yah badan terasa kurang nyaman atau merasa kurang sehat.

Tekanan darah biasanya ditandai dengan gejala yang khas yaitu sakit kepala, telinga terasa berdengung, terasa berat pada bagian tengkuk, susah untuk tidur karena merasakan sakit kepala, kadang-kadang mata berkunang – kunang dan pusing.

Sebelum mendiagnosa seseorang menderita hipertensi biasanya pengukuran tekanan darah tidak cukup dilakukan satu kali saja, namun harus secara berulang – ulang. Apabila hasil tekanan darah tetap menunjukkan nilai melebihi batas normal tekanan darah maka barulah diterapi dan diberikan pengobatan oleh dokter. Seseorang yang telah dinyatakan oleh dokter menderita hipertensi maka suka dan tidak suka harus rutin mengkonsumsi obat antihipertensi guna menjaga nilai normal tekanan darahnya.

Terkontrolnya nilai tekanan darah anda maka resiko terjadinya komplikasi seperti stroke akan jauh lebih kecil. Selain mengkonsumsi obat Untuk mencegah naiknya tekanan darah yang paling penting adalah merubah dan menjaga pola hidup sehat yang teratur (tidak merokok/tidak minum alkohol), menjaga asupan makan yang sehat/seimbang agar tidak berlebihan, serta rajin berolahraga.

Semoga bermanfaat… Jangan lupa ketahui juga Hidung Anda Sering Tersumbat dan Bersin-bersin, Mungkin Anda Mengalami Gangguan Polip Hidung ???

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.