VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

8 Keuntungan Menarik Saat Memakai Platform Blog Berbayar

Saat berpikir membangun sebuah blog, pasti yang pertama kali terlintas di benak anda adalah membuat blog dengan platform gratis, performa terbaik, kaya fitur, cepat diakses, 100% milik sendiri dan mudah digunakan.

Tapi masalahnya, apakah yang anda inginkan ini memang benar-benar ada ? Oke, sekarang coba kita pahami lebih dalam lagi.

Webmaster-profesional

Memulai segala sesuatu dengan biaya sekecil mungkin bahkan gratis memang sah-sah saja. Tapi yang jadi pertanyaan, kalau memang membangun sebuah blog bisa benar-benar gratis, kenapa kebanyakan blog bahkan website populer justru buang-buang uang memakai platform berbayar ?

Nah dari sini bisa kita lihat bahwa ada sesuatu yang didapatkan ketika anda memakai platform blog berbayar yang sekaligus tidak dimiliki juga oleh yang gratisan. Dan tentang platform yang kita bahas saat ini lebih cenderung ke WordPress.org (self hosted + self domain).

Jika anda ingin tahu lebih lanjut tentang manfaat menggunakan platform berbayar seperti WordPress, simak beberapa keuntungan yang akan anda peroleh ini.

1. Terlihat Lebih Professional

Anda pasti tahu website populer di Indonesia seperti kategori portal berita, toko online dan sharing pengetahuan. Contohnya detik.com, kompas.com, lazada, hipwee.com dan masih banyak lagi

Dari sini bisa kita lihat bahwa mereka semua memakai domain pribadi dan hosting yang mencerminkan nama brand dan merk. Alasan dibalik kerelaan mereka mengeluaran biaya tentu supaya website terlihat proffessinonal

Terlebih lagi untuk anda yang membangun toko online. Ingat pengunjung website anda merupakan pelanggan potensial yang siap membeli produk yang dijual.

Bagaimana mereka akan percaya kalau anda memang benar-benar serius mengelola website, jika dari domain saja tidak mau mengeluarkan biaya ? Tentu mereka akan berpikir 2 kali untuk membeli produk anda.

Bagaimana untuk blog ? Pada dasarnya sama saja, sebenarnya pengunjung memang tidak terlalu mementingkan domain dan platform yang digunakan. Yang mereka butuhkan adalah konten yang berkualitas seperti yang mereka cari dari awal.

Tapi tentu akan lebih baik lagi jika anda memakai domain sendiri karena akan lebih mudah diingat dan pengunjung akan lebih mempercayai anda. Apalagi nama domain ini sesuai dengan niche blog.

Misalnya blog anda membahas tentang Panduan SEO, alamat domainnya bisa jadi belajarseo.com, tutorialseo.com dan masih banyak lagi. (alamat domain ini hanya digunakan sebagai contoh)

Dari penggunaan nama domain tersebut sudah membuktikan bahwa blog anda hanya berisikan konten tentang SEO mulai dari dasar-dasar sampai pengetahuan SEO tingkat lanjut.

Nanti kalau pengunjung ini butuh panduan SEO lagi, mereka akan lebih mudah mencari anda karena domain yang mudah diingat dan terlihat professional berisikan konten-konten yang sesuai seperti wujud penamaan domain tersebut.

2. 100% Milik Sendiri

Ini adalah salah satu alasan kenapa saya sangat mendukung untuk memakai platform WordPress karena blog anda benar-benar 100% milik sendiri.

Berbeda dengan Blogger, platform ini bukanlah milik anda sendiri melainkan milik Google (hosted). Dan pihak Google juga punya hak untuk menghapus blog anda jika tidak mematuhi kebijakan mereka, bahkan ada juga yang mengatakan bahwa blog bisa dihapus tanpa pemberitahuan apapun.

Kalau belum sempat membuat backup data, bagaimana nasib blog anda selanjutnya ?

Tapi lain lagi ceritanya jika memakai platform berbayar seperti WordPress, blog anda tidak mungkin dihapus oleh Google karena platform ini mewajibkan anda membeli domain dan hosting sendiri.

Dan karena memakai domain dan hosting inilah, jadinya blog 100% milik anda.

Semua perasaan takut blog dihapus secara sepihak oleh Google tidak akan membayangi lagi. Dan hasilnya anda bisa lebih fokus melakukan aktifitas blogging tanpa takut hal buruk terjadi di kemudian hari.

3. Memiliki Alamat Email Khusus

Anda pasti sudah pernah melihat email yang diikuti nama domain seperti ini admin@domain.com, support@domain.com, contact@domain.com, atau yang diikuti nama pribadi misalnya budi@domain.com, dan masih banyak lagi.

Email seperti ini juga memberikan kesan professionalitas di mata pengunjung, sekaligus meminimalisir pemalsuan kontak email. Alasannya karena orang yang bisa membuatnya hanya pemilik dari domain.com tersebut.

Tentu semua ini bisa anda dapatkan jika membeli domain dan hosting. Selain itu, email semacam ini juga sangat cocok digunakan untuk berkomunikasi dengan customer jika anda adalah pemilik toko online.

Daripada menggunakan platform email gratis dari GMail, Yahoo ataupun Mail.com, dengan membuat alamat email dari domain sendiri anda bisa membuat alamat email yang professional, terpercaya, jumlah alamat email tanpa batas dan bebas digunakan untuk berkomunikasi dengan siapapun.

4. Plugin Gratis untuk Mempermudah Aktifitas Blogging

WordPress dilengkapi berbagai macam tool yang disebut Plugin dan bisa anda download langsung secara gratis di direktori WordPress.org. Semua ini bisa anda nikmati dan sangat bermanfaat untuk produktifitas dalam kegiatan blogging.

Contoh paling sederhana, anda bisa membuat form kontak di WordPress dengan beberapa klik saja dan semua akan otomatis terhubung dengan alamat email anda.

Ada juga plugin untuk mengamankan WordPress dari hacker yang sangat bermanfaat untuk mencegah dari berbagai macam serangan yang bertujuan untuk merusak blog.

Platform berbayar khususnya WordPress benar-benar membuat hidup anda lebih mudah untuk memenuhi semua kebutuhan. Bahkan jika plugin tersebut masih belum bisa memberikan kepuasan, anda bebas meminta bantuan ke support developer plugin ini atau bila perlu membeli versi premium yang disediakan.

5. Optimasi SEO Lebih Mudah

Semua blog pasti ingin kontennya ramah untuk mesin pencari. Tapi sayangnya, banyak orang justru menyepelekan hal ini dengan alasan sulit dipelajari, tidak pasti dan berbagai macam alasan lainnya.

Tapi pada kenyataanya membuat artike yang SEO sangat mudah dilakukan apalagi jika memakai platform berbayar seperti WordPress. Anda akan dimudahkan dengan berbagai macam plugin SEO yang tersedia secara gratis pada direktori WordPress.org.

Dan salah satu plugin SEO yang paling banyak digunakan adalah Yoast SEO. Plugin ini memiliki fitur lengkap dan mempermudah anda untuk membuat blog lebih ramah untuk mesin pencari khususnya On Page SEO.

Tapi jangan lupa, semua itu harus diimbangi dengan konten yang berkualitas.

6. Support Berbagai Macam Metode Monetize

Banyak para blogger diluar sana yang memiliki motifasi sendiri untuk terjun dalam dunia blogging. Ada yang sekedar hobi, ingin mengisi waktu luang, senang berbagi pengetahuan atau bahkan ingin mencoba mencari pundi-pundi dollar dari blog.

Dan saya yakin, motifasi anda pasti lebih cenderung ke mencari pundi-pundi dollar dari blog 

Bicara tentang monetize, ada banyak sekali metode yang bisa anda pilih seperti PPC dari Google Adsense, Chitika, Infolinks, CPA dari Accesstrade dan masih banyak lagi. Untungnya secara umum WordPress lebih berpeluang diterima di semua metode monetize karena platform ini menggunakan domain dan hosting pribadi.

Hal ini karena banyak perusahaan yang memiliki persyaratan khusus supaya diterima jadi publisher mereka seperti wajib menggunakan domain serta hosting. Dan perusahaan yang menetapkan aturan seperti itu salah satunya adalah Buysellads dan Uptopromo.

7. Penghasilan Adsense Relatif Meningkat

Adsense adalah program PPC paling diminati oleh kalangan blogger di Indonesia. Karena memang terbukti nominal yang berani dibayar Adsense untuk klik 1 iklan PPC cukup tinggi dibandingkan yang lainnya.

Melihat keuntungan ini, tentu banyak blogger yang berlomba-lomba mencari tips untuk meningkatkan penghasilan Adsense mereka dari yang sekarang misal $100 supaya bisa naik bahkan 5x lipat.

Dan ada salah satu tips menarik yang patut anda coba, yaitu memakai platfom blog berbayar ternyata relatif bisa meningkatkan penghasilan Adsense.

Tapi tunggu dulu, anda jangan salah sangka. Penghasilan Adsense bukan meningkat karena sekedar memakai platform berbayar saja, tapi lebih ke arah kredibilitas dalam blogging dengan wujud memakai platform berbayar tersebut.

Disaat anda melakukan migrasi dari Blogger ke WordPress, justru mungkin beberapa hari atau minggu setelahnya penghasilan Adsense akan turun karena server hosting yang berbeda, theme ikut berbeda dan beberapa faktor lainnya. Tapi setelah satu bulan biasanya akan kembali normal dan terus meningkat.

Alasan penghasilan terus meningkat karena blog anda lebih SEO saat mengunakan WordPress, traffic bertambah dan pengunjung merasa sangat nyaman dengan fitur yang disediakan. Ditambah lagi tersedia plugin WordPress untuk menempatkan iklan Adsense di tempat yang strategis dan direkomendasikan oleh Adsense juga.

8. Support AMP (Accelerated Mobile Page)

AMP (Accelerated Mobile Page) adalah project open source yang dikembangkan oleh Google dengan tujuan untuk membuat halaman website lebih cepat diakses pada perangkat mobile.

Kelebihan dari AMP ini adalah saat membuka website yang didukung AMP akan dimuat 4X lebih cepat dan 10X lebih hemat data. Bahkan Google sendiri mengatakan bahwa mereka akan memberikan tempat khusus pada deretan atas “top stories” untuk website yang sudah memakai AMP.

Jika anda pengguna Blogger, sebenarnya AMP ini bisa diterapkan di blog anda tapi membutuhkan tambahan kode yang cukup rumit. Sedangkan untuk pengguna WordPress, anda bisa menerapkannya dengan mudah menggunakan bantuan beberapa plugin dan tidak perlu menuliskan kode apapun.

Saya secara pribadi sudah pernah melakukan percobaan serta membuat panduan mengaktifkan AMP pada WordPress  dan hasilnya sungguh luar biasa. Blog benar-benar 4X lebih cepat diakses dibandingkan biasanya.

Melihat kelebihan ini, anda sudah benar-benar diuntungkan jika memakai platform berbayar seperti WordPress.

Jadi tunggu apa lagi, bukankah akan lebih baik jika blog anda sangat cepat diakses pada perangkat mobile ?

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, bisa kita simpulkan banyak sekali manfaat yang diperoleh ketika memakai platform berbayar. Seperti kata pepeatah “ada harga, ada kualitas”.

Tapi apakah memakai platform gratis adalah pilihan yang buruk ? Tentu saja bukan, apabila masih pemula dalam dunia blogging memakai platform gratis adalah solusi yang bagus, bahkan saya juga menyukainya.

Tapi ketika blog sudah semakin besar, tentu harus diimbangi dengan kualitas yang baik dengan memakai platform berbayar. Contohnya seperti blog Juragancipir ini yang memakai platform WordPress self hosted.

Apalagi jika sejak awal memakai platform tersebut, pasti anda akan lebih mahir menggunakannya dan lebih cepat merasakan manfaat diatas.

Mengenai kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk memakai platform berbayar sebenarnya tidak teralu mahal, bahkan bisa dikatakan sangat murah. Untuk pembahasan selengkapnya anda bisa baca artikel beli domain dan hosting murah untuk website anda.

Sekian artikel yang bisa saya sampaikan semoga bisa memberikan manfaat untuk anda, dan memberikan motivasi untuk selalu meningkatkan kualitas dalam kegiatan blogging.

24 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *