VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

7 Tips Untuk Berbelanja Online Secara Aman

Hello, apa kamu termasuk orang yang senang berbelanja? Berbelanja memang sudah menjadi rutinitas yang sulit dipisahkan dari kehidupan keseharian kita saat ini. Banyak orang berbelanja karena memang butuh, tapi banyak juga yang berbelanja cuma untuk memuaskan hobby saja.

Cara berbelanja pun sudah beragam, mulai dari mendatangi toko atau pasar secara langsung, maupun yang cuma duduk didepan komputer dan berbelanja lewat toko online yang tersebar di Internet.

belanja-online

Bagi yang mendatangi langsung toko atau pasar dimana terdapat barang yang akan dibeli, mereka tidak perlu terlalu khawatir akan kualitas dan kondisi barang yang akan dibeli karena bisa melihat langsung. Sedangkan bagi yang berbelanja online, terkadang masih was-was karena belum tahu langsung bagaimana kondisi barang yang akan dibelinya. Tapi tak sedikit juga yang bermasa bodoh, lalu menyesal setelah membeli.

Nah, bagi yang hobby berbelanja secara online, anda harus bisa lebih berhati-hati nih. Soalnya, bukan cuma kondisi barang saja yang bisa tidak sesuai dengan harapan, tapi juga tingkat keamanan transaksi yang menghawatirkan ikut mengancam. Alih-alih berbelanja barang yang kita pengen, malah kartu kredit/atau rekening bank kita sudah bobol.

Oleh sebab itu, berikut ini saya bagikan 7 tips yang bisa anda gunakan agar hobby anda berbelanja online bisa lebih aman.

  1. Gunakan situs yang sudah familiar
    Usahakan untuk berbelanja online melalui toko online yang sudah terkenal dan bereputasi baik. Hindari mencari barang yang anda inginkan melalui search engine. Kenapa? Karena hasil pencarian di search engine bisa saja membawa anda ke situs berbahaya.
    Perhatikan juga penulisan alamat situs saat diketikkan pada browser. Jangan sampai anda pengen ketik Amazon.com tapi malah mengetik Amazpn.com. Hal seperti ini biasanya dimanfaatkan bagi para pelaku kejahatan cyber untuk mencuri info pribadi kita.
  2. Gunakan toko online yang menggunakan SSL (https://)
    Situs yang menginstal enkripsi SSL untuk domainnya biasanya lebih terpercaya dibandingkan dengan yang tidak ber SSL. Bagaimana membedakannya? Situs yang menggunakan SSL akan menampilkan “https://” dan logo gembok pada alamat url situsnya. Sedangkan yang tidak ber SSL hanya menggunakan “http://”.
  3. Jangan beritahukan semua info diri
    Jangan memberikan info diri terlalu lengkap pada toko online yang anda akses. Karena para orang-orang licik bisa saja memanfaatkan data-data tersebut untuk hal buruk. Misalnya mengkombinasikan tanggal lahir anda dengan data-data anda yang lain untuk mengetahui password yang sering anda gunakan.
  4. Selalu nyalakan antivirus
    Bagi anda yang hobby belanja online, memasang antivirus pada laptop atau gadget anda adalah hal yang sangat penting. Beberapa toko online biasanya berisi malware yang bisa merusak perangkat yang anda gunakan atau mencuri data pribadi anda. Dengan bantuan antivirus, resiko tersebut bisa diminimalisir.
  5. Gunakan password yang kuat
    Jika anda diharuskan untuk registrasi dalam proses berbelanja online, usahakan untuk menggunakan password yang benar-benar kuat dan susah ditebak. Hindari untuk menggunakan password yang sama dengan password yang bisa anda gunakan pada situs-situs lain. Karena jika password anda sama semua, maka semua akun anda akan beresiko terbobol.
  6. Jangan gunakan koneksi internet public
    Jika anda pengen berbelanja online, sebaiknya jangan gunakan koneksi internet publik seperti warkop dan warnet. Usahakan untuk mengakses melalui koneksi internet pribadi. Kalaupun terpaksa menggunakan koneksi publik, selalu ingat untuk log out dari akun anda setelah digunakan. Walaupun cuma sekedar cek email.
  7. Hati-hati dengan tawaran menggiurkan
    Selalu waspada dengan tawaran-tawaran diskon yang super murah. Biasanya hal seperti ini malah membawa kita ke kerugian. Istilahnya ya  “Knows what’s too good to be true“.

Oke itulah beberapa tips yang bisa anda perhatikan saat ingin berbelanja online. Semoga bermanfaat ya. Terima kasih. ^_^

Penulis : Razya

18 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.