VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

6 Hal Yang Mempengaruhi Harga Jual Blog / Website

Mungkin teman-teman pernah berpikir untuk menjual atau membeli sebuah blog atau website. Nah, untuk membeli atau menjual blog, maka kita harus tahu beberapa hal penting yang bisa menyebabkan harga blog tersebut laku mahal atau murah.

Tidak berbeda halnya dengan anda membeli suatu barang nyata seperti handphone, laptop/PC, mobil, sepeda motor, dan sebagainya, spesifikasi dan kondisi suatu barang sangat menentukan harga jual suatu barang. Silakan baca juga Daftar Harga Jual Beli Blog / Website di Blogger 2014.

jual blog, bisnis online, cari uang, internet marketing, website bisnis

Berikut ini enam spesifikasi penting yang perlu teman-teman perhatikan jika anda seorang pemula yang ingin menjual atau membeli sebuah blog:

Peringkat dan Kegunaan:

1. PageRank

Pertama kali pembeli akan melihat pagerank blog yang hendak diperjualbelikan. Pagerank (peringkat halaman web) akan menjadi satu pertimbangan penting bagi pembeli, karena pagerank merupakan bukti dari banyaknya nutrisi backlink dari website lain. Semakin tinggi pagerank suatu blog maka akan semakin mahal harga blog tersebut.

2. Alexa Rank

Alexa rank (peringkat trafik berdasarkan alexa) merupakan hal yang tak kalah penting yang cukup mempengaruhi mahal tidaknya sebuah blog, karena alexa rank merupakan pedoman umum untuk mengetahui kelancaran trafik dari sebuah blog. Semakin langsing/ramping/sedikit “angka” alexa rank suatu blog maka akan semakin mahal harga jual blog tersebut. Pelajari juga Cara Merampingkan Angka Alexa Rank Blog Anda Paling Cepat.

3. Support Adsense

Ini merupakan hal sangat penting karena suatu blog harus bisa menghasilkan uang (buat apa membeli blog yang tidak bisa menghasilkan uang). Apapun tujuan pembeli, mereka pasti akan memilih blog yang support adsense (mematuhi kebijakan program adsense), karena mereka sewaktu-waktu bisa saja ingin memasang iklan adsense di atasnya. Blog yang support adsense ditandai dengan artikel-artikelnya yang orisinil dan mematuhi kebijakan program adsense, serta belum pernah dibanned atau tidak berstatus dibanned (Anda bisa memeriksanya di Banned Checker). Ketahui juga Penyebab Blog/Website Atau Situs DiBanned Google Adsense.

Sebagai catatan: Semakin tinggi uang yang bisa dihasilkan oleh suatu blog maka akan semakin mahal pula harga jual blog tersebut. Janganlah anda membeli blog dengan harga tinggi jika blog tersebut tidak bisa menghasilkan uang, kecuali jika hanya untuk hobby saja.

Kualitas dan Kondisi Fisik

1. Jumlah Artikel

Artikel merupakan aset utama atau “isi” dari sebuah blog, karenanya jumlah artikel sangat mempengaruhi harga jual blog. Semakin banyak artikel yang dimiliki oleh sebuah blog maka akan semakin besar aset yang terkandung di dalam blog tersebut. Oleh karena itu semakin banyak jumlah artikel yang dimiliki suatu blog maka akan semakin mahal harga jual blog tersebut.

2. Kualitas Artikel

Kualitas artikel sangat mempengaruhi harga jual sebuah blog. Seperti halnya ketika anda membeli suatu artikel dari penulis online, maka panjang artikel (jumlah words serta gambar) akan menentukan harga artikel tersebut. Selain itu, penerapan SEO OnPage yang bagus serta tampilan bacaan yang rapi akan meningkatkan harga jual dari blog tersebut. Pahami juga Seperti Apa Ciri-ciri Artikel Berkualitas Menurut Google?

3. Desain Website

Tampilan blog/website juga cukup mempengaruhi harga jual sebuah blog. Seperti halnya anda membeli template/theme premium atau template gratis, pasti keduanya memiliki perbedaan dalam nilai maupun dalam kegunaan. Template premium pasti memiliki yang fitur lebih banyak serta terkesan lebih profesional, sedangkan template gratis hanya memiliki fitur terbatas serta harus memberikan backlink berupa link credit di footer dan terkesan kurang profesional. Lihat juga Desain Web Terkini Paling Cocok Untuk Publisher Adsense.

Selain itu, tampilan website yang indah dan sedap dipandang pasti lebih menarik minat pembeli daripada tampilan website yang kusam serta membosankan. Oleh karena itu semakin bagus desain suatu website maka akan membuat harga jual website tersebut semakin tinggi.

( i ) Penjelasan di atas hanyalah pedoman secara umum saja, sehingga tentunya masih ada lagi faktor-faktor lain yang bisa mempengaruhi harga jual blog atau website. Namun enam hal di atas merupakan pedoman yang paling sering digunakan sebagai tolok ukur oleh para pembeli maupun penjual blog/website.

^^ Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman, terima kasih telah membaca dan jangan lupa baca juga Berapa Umur Blog Mulai Tampil Normal di Google?

9 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.