5 Sumber Backlink Yang Bisa Dilakukan Blogger Pemula

Buat Anda yang sudah mengerti tentang link building, pasti Anda sudah tahu betapa pentingnya hal tersebut. Ya, membangun backlink yang berkualitas dapat membuat peringkat meroket di hasil penelusuran Google.

Tapi ada pertanyaan besar bagi pemula. “Bagaimana cara mendapatkannya?” Bagi Anda yang masih pemula, pasti sulit memahami bagaimana teknik membangun backlink, terlebih ada puluhan atau bahkan ratusan sumber backlink yang bisa digunakan. Untuk itu, Anda tidak perlu pusing karena pada postingan kali ini saya menerangkan sumber backlink untuk pemula.

Sumber backlink pemula

5 Sumber Backlink untuk Blogger Pemula

#1. Kolom komentar

Banyak yang mengatakan bahwa teknik link building dengan menggunakan komentar blog sudah tidak efektif lagi, padahal tidak demikian. Faktanya, banyak situs web yang berhasil ‘duduk manis’ di halaman pertama Google dengan memakai teknik tersebut. Selama penggunaannya tidak berlebihan, saya yakin cara membangun backlink menggunakan komentar blog masih berguna.

Seperti yang dikatakan Matt Cuts, salah seorang dari tim spam Google, “Tetapi jika Anda hanya melakukan komentar organik biasa dan tidak melakukannya sebagai “OK, saya harus meninggalkan ini banyak komentar sehari setiap hari karena itulah apa yang saya lakukan untuk membangun link ke situs saya,” Anda harus benar-benar baik-baik saja dan itu bukan jenis hal yang Anda harus khawatir tentang itu semua.”

#2. Media Sosial

Lagi-lagi banyak yang meragukan apakah media sosial masih efektif atau tidak. Salah satu permasalahannya adalah karena sosial media memberi tautan bersifat nofollow.

Google mengklaim bahwa salah satu penentu peringkat di Google adalah social signal atau yang artinya sinyal backlink dari sosial media. Jadi jangan takut menanamkan tautan situs web Anda di dalamnya.

Selain mendapatkan backlink, Anda juga berpotensi mendapatkan pengunjung tambahan. Menurut hasil riset, sekitar 20% pengunjung suatu situs web berasal dari media sosial. Itulah dahsyatnya media sosial… menanam backlink di media sosial tidak akan pernah rugi.

Berikut beberapa media sosial terpopuler yang bisa Anda gunakan sebagai lahan backlink situs web Anda:

  • Facebook.com
  • Twitter.com
  • Pinterest.com
  • Google+
  • Instagram.com (situs berbagi foto)
  • Linkedin.com
  • Tumblr.com

#3. Sosial Bookmarking

Situs sosial bookmark adalah situs untuk menyimpan dan mengelola daftar situs web yang disukainya. Kini kegunaan situs tersebut nyaris berpindah menjadi lahan tempat menaruh backlink bagi para blogger.

Untuk mendapatkan backlink dari situs ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu mendaftarkan diri Anda ke situs tersebut untuk membuat akun baru. Setelah itu, biasanya ada perintah untuk memverifikasi akun melalui email yang didaftarkan. Lalu barulah Anda bisa memulai mem-backlink situs Anda.

Kelebihan dari metode ini adalah kita berpeluang untuk mendapatkan rekomendasi lagi ketika ada orang yang melihat situs kita di sosial bookmark tersebut.

Berikut layanan sosial bookmark yang sering digunakan:

  • url.org
  • detikindo.com (lokal)
  • delicious.com
  • reddit.com
  • digg.com
  • bookmark4you.com

Sebetulnya ada cara yang lebih mudah lagi, yaitu dengan meng-install ekstensi browser AddThis. AddThis tersedia di platform Chrome, Internet Explorer, dan Firefox. Untuk mengunduhnya, silakan mengakses halaman ini.

#4. Situs document sharing

Sesuai namanya, situs document sharing adalah platform untuk menyimpan dan memublikasikan suatu dokumen/berkas. Nah, hal ini dapat kita manfaatkan untuk menanam backlink.

Caranya? Simak berikut.

1. Sediakan berkas berbentuk .PDF atau .docx, isi dengan konten berupa tulisan. Jangan lupa sisipkan tautan yang mengarah ke situs web Anda.

2. Upload berkas tersebut di berbagai situs yang menyediakan layanan document sharing. Contohnya Box.net, Issuu.com, Doocu.com, dan banyak lagi. Silakan googling sendiri.

#5. Web 2.0

Web 2.0 dikenal umum sebagai tempat untuk memublikasikan suatu postingan secara gratis. Selain itu, web 2.0 disukai karena kita dapat memperoleh backlink dari postingan yang kita publikasikan.

Berikut daftar web 2.0 yang bisa Anda gunakan:

  • Blogger.com
  • WordPress.com
  • Blog.com
  • Weebly.com
  • Kompasiana.com

Sampai di sini selesai sudah untuk postingan kali ini. Selamat bila Anda telah berhasil melakukan ke lima cara menggunakan sumber backlink di atas. Baca juga postingan saya mengenai Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas.

Jika Anda mengalami kesulitan atau ingin bertanya bisa menghubungi saya melalui:

Email: Ihsannurul@hotmail.com

Facebook: Ihsan Nurul Iman

Twitter: @Ihsansfd

13 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.