VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

5 Cara Ampuh Mengajari Anak Anda Bersopan Santun dan Tata Krama

Pasti anda para orang tua saat melihat buah hati anda ingin sekali memberikan semuanya yang terbaik termasuk mendidik anak yang patuh dan sopan. Pastinya hal demikian harus dilakukan dengan proses secara pelan-pelan tidak bisa langsung berubah 180 derajat.

Memiliki anak yang sopan memang sangat menyenangkan. Namun pada saat buah hati melakukan kesalahan jangan sampai para orang tua semerta-merta menyalahkan. Pada hal mereka pastinya memiliki alasan. Sehingga jika ada anak tidak bisa menerima perkataan yang dilontarkan orang tuanya, pastinya anak ada sedikit rasa kecewa bercampur marah.

Baca juga 4 Cara Yang Harus Kamu Ketahui Untuk Menghibur Anak Kamu Agar Senang.

anak-sopan-santun

Maka anak anakan sedikir respek buruk pada orang tua, baik itu tingkah laku ataupun sopan santunnya. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut adalah cara mendidik anak agar bisa memiliki sopan santun yang baik:

  1. Mengajari Anak Mengucap Salam Saat Bertemu Saudara Atau Orang

Mengucap salam bukan hal yang remeh. Padahan pada saat seorang anak mengucapkan salam kepada orang tua ataubahkan orang lain, maka secara tidak sadar para orang tua tekah mengajari mereka rasa hormat kepada setiap orang. Bahkan memiliki rasa kepedulian yang tinggi dengan mengucap salam yang isinya tidak lain adalah sebuah do’a yang baik tentunya.

  1. Mengajari Anak Makan Dengan Cara Yang Sopan

Pada saat anda sarapan ataupun makan malam bersama dengan anak, maka tugas anda adalah memberikan contoh yang baik pada saat akan, sedangn dan setelah makan. Untuk lebih lanjutnya bisa langsung dipraktikkan untuk melatih anak agar bisa bersikap sopan. Ketahui juga Cara Membiasakan Diri Memberi Makanan Sehat Pada Anak-anak Anda.

  1. Berbicara Dengan Lemah Lembut

Pada saat ini memang banyak sekali tantangan untuk bisa mendIdik buah hati sesuai dengan keinginana kita. Termasukuntuk memulainya dari sedak dini yakni memberi contoh yang baik kepdanya dengan berbicar lemah lembut. Meskipun orang tuanya tegas (bukan jahat), namun dengan cara yang lemah lembut pada saat memberi nasihat kepada nya.

  1. Memberikan Pengertian Kata-Kata Pantas

Pada saat anak sudah bisa mereson dengan baik maka anakpun bisa dimulai mengajarkan mereka berbicara sesuai porsinya dan pantas. Jangan sampai buah hati anda mengeluarkan kata-kata jelek untuk temannya. Sebab hal tersebut tidak terkontrol yang sifatnya lebih bebas di luar rumah.

Namun tugas sebagai oarang tua untuk mendidik anaknya. Jadi ajari mereka kata-kata sopan mulai dari hal yang sederhana, seperti monggo, silahkan duduk, ada yang bisa saya bantu! Dan lain sebagainya.

  1. Mengajak Kepada Perbuatan Kebaikan

Mengajak setiap orang berbuat baik merupakan sebuah printah dari Yang Maha Kuasa Allah SWT. Namun terkadang kita lebih mementingkan diri sendiri. Meskipun kita belum bisa maksimal dalam beribadah, namun dengan kesempatan emas ini anda bisa mengajarkan buah hati anda untuk melakukan  berbuatan yang baik sesuai perintah dan hal yang dilarang Allah SWT.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Sekian dan Terima Kasih. Jangan lupa baca juga 4 Cara Memahami Perilaku Dan Keinginan Anak Yang Tidak Tampak. [By Pak TOP]

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *