VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

4 Plugin WordPress Yang Wajib DiPasang di Blog Adsense

Halo juragan… Pada dasarnya, semakin banyak kita menginstal plugin pada blog wordpress kita maka akan berpengaruh terhadap loading blog, karena plugin itu memberatkan loading blog. Namun meskipun demikian, ada beberapa plugin yang menurut saya wajib terinstal di website kita.

Ada 4 plugin yang pasti saya instal di blog wordpress saya yang digunakan untuk mengoptimalkan adsense. Blog yang digunakan untuk adsense tidak boleh menginstal sembarang plugin, karena ada beberapa plugin yang melanggar pedoman webmaster google, dan biasanya itu adalah plugin-plugin yang digunakan untuk SEO.

Tetapi bukan berarti plugin SEO selalu melanggar, namun semua itu tergantung bagaimana cara kita menggunakan plugin SEO tersebut. Ada beberapa plugin SEO yang bisa menghasilkan duplikat title alias duplikat judul di mesin pencari. Nah, plugin seperti itu bisa melanggar pedoman webmaster google jika kita tidak bisa membuat title duplikat yang benar-benar relevan dengan judul aslinya.

Berikut ini 4 plugin utama yang harus anda instal di blog adsense anda:

1. Akismet

Plugin ini sangat penting karena berfungsi untuk mencegah komentar spam yang dilakukan oleh robot. Plugin akismet secara default sudah terinstal di blog wordpress kita, hanya saja kita perlu mengaktifkannya dengan API Key. Dan untuk mendapatkan API Key secara gratis anda harus membuat akun di wordpress.com dulu, kemudian membuat “Personal Free Account”, lalu menyetel harga menjadi Nol. Sehingga anda akan mendapatkan API Key secara gratis tanpa bayar.

2. FD Feedburner Plugin

Plugin ini sangat penting karena berfungsi untuk mencegah serangan AutoBlog yang ingin mencuri content anda secara otomatis, atau disebut Auto-Generated Content. Agar anda bisa memanfaatkan plugin ini, anda harus mengarahkan feed dari blog wordpress anda ke feedburner dengan menggunakan FD Feedburner Plugin, lalu di akun feedburner anda membuat “Summary Feeds” atau “Umpan Pendek” agar si pencuri konten tidak bisa memboyong artikel anda setiap kali anda update artikel baru.

Untuk membuat Summari Feeds silakan baca Cara Mencegah/Mengatasi Pencurian Artikel Oleh AutoBlog.

3. Google XML Sitemaps

Plugin ini sangat penting karena berfungsi untuk mengirimkan peta situs ke 4 mesin pencari utama seperti Google, Bing, Yahoo dan Ask.com. Selain itu, plugin ini akan menyerahkan artikel anda ke mesin pencari utama setiap kali kita update artikel baru.

Plugin “Google XML Sitemaps” secara otomatis menghasilkan “Sitemap XML Khusus” yang akan membantu crawler (robot mesin pencari dan perayap adsense) untuk melihat struktur website anda beserta isi konten secara lengkap, sehingga iklan adsense bisa tampil relevan dan artikel kita mudah ditemukan oleh pengguna di mesin pencari. Baca selengkapnya tentang Cara Membuat Sitemap WordPress Dengan Plugin Google XML Sitemaps.

4. Quick Adsense

Plugin ini sangat penting untuk pengoptimalan adsense, terutama untuk menaikkan CTR (jumlah klik iklan) secara syah. Karena plugin ini memiliki opsi penempatan iklan yang bermacam-macam variasi sehingga bisa sesuai dengan tata letak situs anda.

Atau anda bisa juga menggunakan plugin adsense lain, misalnya “Google Publisher Plugin”. Namun untuk menggunakan Google Publisher Plugin anda harus terlebih dulu mengaitkannya dengan akun adsense anda.

( i ) Tetapi jika theme wordpress anda yang sudah dilengkapi dengan fitur untuk penempatan iklan adsense, maka plugin ini tidak perlu di instal.

^_^ Empat plugin di atas adalah Plugin Utama atau Plugin Pokok bagi blog wordpress yang digunakan untuk optimasi adsense. Sedangkan plugin-plugin lainnya menurut saya adalah opsional, karena tergantung kebutuhan masing-masing situs, terutama disebabkan karena perbedaan Theme WordPress yang kita gunakan maupun plugin untuk kegunaan lainnya.

^^ Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Cara Mendatangkan Uang Adsense Jurus Three in One (Newbie Tricks).

19 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.