VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

4 Alat Memonitor Blog Yang Wajib Anda Perhatikan Untuk Optimasi

Halo juragan… Mengelola blog agar mendapat peringkat atas di mesin pencari perlu memperhatikan beberapa hal. Ada beberapa alat monitor yang jarang kita perhatikan, padahal sebenarnya alat itu sangat penting mengetahui perkembangan blog yang kita optimalkan.

Berikut ini beberapa alat pendukung optimasi blog yang perlu anda perhatikan agar anda bisa mengoptimalkan blog dengan mudah.

1. Statistik di dasbor blogger
Di statistik di blogger itu ada laporan sederhana tentang jejak pengunjung blog. Misalnya, postingan yang mereka baca, situs referal yang membuat mereka menemukan blog anda, kata kunci yang mereka gunakan di mesin pencari, dan sebagainya. Dibawah ini adalah conth kata kunci yang digunakan pengunjung sehingga mereka menemukan blog ini.

Nah, tugas kita adalah membuat postingan yang tidak terlalu jauh dengan kata kunci-kata kunci yang sering ditulis pengguna di mesin pencari tersebut. Artikel anda dijamin seo friendly karena yang membuat kata kunci adalah pengguna, bukan anda.

Periksalah itu setiap hari agar anda bisa melihat mana artikel yang paling efektif mendapatkan trafik dan kata kunci apa saja yang membuat pengunjung bisa menemukan blog anda. Dan hal-hal lain yang bisa anda temukan disitu yang pada akhirnya bermanfaat bagi optimasi blog.

2. Webmaster Tools
Webmaster tools adalah alat optimasi blog nomor satu di google. Apa yang anda lihat di webmaster tools, seperti itulah googlebot melihat blog anda. Jika di webmater tools terdapat banyak error berarti google tidak bisa melihat halaman blog anda dengan baik. Maka postingan anda di hasil penelusuran akan digantikan dengan blog lain yang lebih terlihat oleh googlebot.

Nah, tugas kita adalah memperbaiki error di webmaster tools agar blog kita terindeks dengan sempurna sehingga mendapat peringkat yang baik di mesin pencari atau hasil penelusuran google. Jika anda bisa memperbaiki semua kesalahan blog di webmaster tools, berarti anda adalah pakar SEO yang hebat. Tidak banyak orang yang bisa memperbaiki error yang terjadi di webmaster tools.

3. Google Analytics
Google analytics adalah alat analisis paling lengkap yang bisa digunakan untuk memonitor blog anda. Mulai dari user online, perilaku pengguna, alur pengunjung, demografi, laman landas, dan apa saja yang ada di blog anda akan tercatat di google analytics.

Nah, tugas anda adalah melihat konten mana yang banyak dikunjungi. Lalu cari tahu mengapa konten tersebut banyak dikunjungi. Selanjutnya buatlah konten semacam itu agar semua konten anda nantinya banyak pengunjungnya semua.

Anda memasang kode pelacakan analytics di blog anda sama dengan membuat blog anda akrab dengan google. Jika ada pengunjung melakukan penelusuran di mesin pencari maka blog anda yang akan pertama kali ditampilkan, karena google sudah akrab alias hafal banget dengan blog anda.

4. Histats
Ini adalah alat eksternal tetapi penting untuk memantau pengunjung online, bagaimana mereka bisa menemukan blog anda. Di kontrol panel histats anda bisa melihat kata kunci yang digunakan oleh pengguna untuk memanggil blog anda, mesin pencari yang mereka gunakan, perangkat (komputer + ponsel) yang mereka gunakan, halaman-halaman yang dibuka-buka oleh pengunjung, dan apa saja yang terkait dengan aktivitas pengunjung terhadap blog anda.

Nah, tugas anda adalah membuat konten-konten tertentu yang paling mirip dengan kata kunci yang ditulis pengunjung di histats. Maka niscaya postingan anda akan laris manis di mesin pencari, karena anda bisa membuat judul postingan yang mirip dengan kata kunci yang ditulis pengunjung seperti yang anda lihat di kontrol panel histats blog anda.

Sekian dulu informasi yang bisa saya bagikan dan semoga bermanfaat.

53 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *