VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

10 Kebiasaan Hantu Genderuwo Yang Perlu Kamu Tahu

Halo teman-teman sahabat blog Juragan Cipir…  Genderuwo adalah makhluk halus alias hantu dalam mitologi jawa yang dipercaya yang suka usil terhadap manusia. Di beberapa daerah di jawa hantu ini memiliki sebutan bermacam-macam, misalnya: gondoruwo, gendruwo, gandarwa, gandaruwa, dan ada juga yang menyebutnya gendruwes (mbahnya genderuwo).

Gondoruwo digambarkan seperti manusia gorila dengan tubuh tinggi besar serta berbulu lebat dan hanya berjenis kelamin pria. Sedangkan genderuwo perempuan disebut wewe gombel.

hantu genderuwo

Genderuwo dipercaya berasal dari arwah manusia yang matinya tidak sempurna, misalnya orang yang matinya kecelakaan tanpa prosesi pemakaman yang benar. Selain itu, para koruptor dan orang-orang yang suka memeras serta orang-orang yang jahat semasa hidupnya juga dipercaya bisa menjadi genderuwo jika telah meninggal kelak.

Karena masa hidupnya suka usil, maka setelah matipun orang-orang tersebut juga suka usil dalam wujud makhluk genderuwo.

Nah, apa saja keusilan hantu genderuwo? Berikut ini akan saya jelaskan berdasarkan ceritera kakek dan nenek di daerah jawa.

1. Genderuwo suka menggondol manusia

Jika ada anak kecil atau orang dewasa yang marah atau gelisah pada senja hari, maka bisa jadi genderuwo akan menggondolnya dan di bawa ke atas rumpun bambu. Makanya anda jangan suka marah atau gelisah pada senja hari. Jadi kalau anda ingin marah sebaiknya pada siang hari saja atau pagi hari juga boleh.

2. Genderuwo suka mengencingi orang lewat

Jika anda berjalan pada malam hari dan melintas di bawah pohon besar, bisa jadi anda akan mendapatkan semprotan air berbau pesing dari atas. Dan tentunya itu buka air hujan, tapi air kencing genderuwo yang biasanya suka menunggu pohon besar di pinggir jalan. Tapi jangan khawatir, anda bisa sedia payung jika hendak melintas di bawah pohon besar agar tidak terkena air kencing genderuwo.

3. Genderuwo suka mengganggu istri orang

Jika anda seorang wanita yang rumahnya dipinggir desa dan anda sering ditinggal suami pergi pada malam hari, hati hati jangan sampai anda dikerjai oleh genderuwo. Genderuwo biasanya suka meyamar sebagai suami anda dan mengajak anda bermain batminton di depan TV. Glodak, glodak, krusek, gitu suara batmintonnya kira-kira.

4. Genderuwo suka makan ketan

Jika ada anak kecil atau orang dewasa yang digondol genderuwo, biasanya warga mencarinya beramai-ramai sambil memukul-mukul peralatan dapur serta berteriak memanggil si anak yang digondol, sambil mengatakan bahwa ibu si anak memasak ketan di rumah.

Mendengar ada suara yang mengatakan ada orang memasak ketan, maka genderuwo segera melepas anak yang digondol untuk cepat-cepat merebut ketan yang dimasak oleh si ibunya anak yang digondol. Akhirnya si anak dapat terlihat oleh warga yang mencarinya.

5.Genderuwo suka sate gagak

Beberapa orang yang suka “nepi” untuk meminta n0mor t0*g3l biasanya membakar daging burung gagak di kuburan atau tempat yang diduga ada genderuwonya. Setelah mencium bau sate gagak yang gurih maka genderuwo akan muncul untuk meminta jatah sate. Maka orang yang memanggilnya akan memberikan sate gagak tersebut dengan syarat genderuwo harus memberikan n0m0r ji*tu.

6. Genderuwo suka jenang (kue dodol khas jawa)

Jika anda membakar sate gagak malam-malam, terkadang genderuwo akan meminta sate anda dan menukarnya dengan kue jenang. Jika anda sepakat, maka sate gagak akan dimakan oleh genderuwo dan anda akan diberinya satu baskom besar kue jenang yang bisa anda makan. Tapi biasanya pada pagi harinya orang yang makan jenang bawaan genderuwo akan muntah-muntah karena sebenarnya yang mereka makan semalam adalah bukan kue jenang, tapi kotoran sapi alias “tlethong”. Haduh… kapokmu kapan !

7. Genderuwo suka menunggu tawon gung

Jika anda menjumpai seonggok lebah hutan yang biasa disebut “tawon gung”, maka bisa jadi genderuwo yang mbaurekso alias menggembala tawon tersebut. Hati-hati anda jangan sembarangan mengunduh tawon gung di hutan daripada malamnya anda didatangi oleh hantu genderuwo yang tinngi besar dan seram.

8. Genderuwo suka menunggu pohon besar

Jika ada pohon besar seperti beringin, nangka, saman, jati, dan sebagainya, anda jangan sembarangan kencing di bawah pohon tersebut. Jika pohon tersebut ada genderuwonya, bisa jadi anda setiba dirumah tidak bisa kencing dan merasakan sakit luar biasa pada bagian kandung kemih. Sebaiknya anda jangan kencing sembarangan jika sedang berada di tempat-tempat yang tidak anda kenali.

9. Genderuwo bisa mendem gadung

Para petani jaman dulu biasanya membakar gadung (sejenis umbi beracun memabukkan) dan ditaruh di bawah gubug tempat ia tidur di ladang malam hari. Jika ada genderuwo yang ingin menggondol pak tani, maka urung karena genderuwo mencium bau gadung bakar yang gurih. Lantas genderuwo memakan gadung bakar tersebut dan akhirnya mabuk gadung alias mendem.

10. Genderuwo bisa memindah orang tidur

Jika ada anak tidur di langgar, mushola atau masjid, sementara ia tidak mencuci kakinya lebih dulu, maka bisa jadi genderuwo akan memindahnya ke tepi sumur. Ketika ia bangun maka akan mendapati dirinya tidur di ubin di samping sumur. Genderuwo bermaksud agar si anak tersebut mandi dulu di sumur jika ingin tidur di dalam masjid.

Namun ada beberapa orang yang mengatakan bahwa itu bukan ulah genderuwo, tapi ulah jin muslim yang tidak menyukai anak tidur di masjid dalam keadaan kotor. Terserah anda mau percaya yang mana.

^^ Jangan lupa baca juga Hantu Penunggu Kapal Perang USS Arizona di Pearl Harbor.

26 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *